Persepsi Masyarakat Terhadap Kinerja Pegawai Kantor Kelurahan Rabadompu Barat Kota Bima
Abstract
Kelurahan Rabadompu Barat kota bima belum optimal dalam melaksanakan pelayanan admimistrasi kependudukan ditandai banyaknya problem yang dihadapi masyarakat bila berurusan dengan birokrat dalam pengurusan segala bentuk syarat-syarat yang menyangkut dengan kependudukan seperti: Surat Keterangan Domisili, Surat Keterangan Usaha, Surat Pindah, Surat Keterangan Tidak Mampu, dan lain sebagainya. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Persepsi Masyarakat Terhadap kinerja pegawai dalam Pelayanan Administrasi Kependudukan. Dari penelitian ini dilakukan untuk menjadi suatu bahan masukan bagi Pemerintah Kelurahan Rabadompu Barat kota bima. dengan menggunakan penelitian deskriptif atau studi eksplorasi, karena bertujuan menggambarkan keadaan atau fenomena yang terjadi di lapangan, dengan teknik pengumpulan data yang dilakukan menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, dan koesioner, analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik statistik deskriptif dengan teknik presentase. untuk mengidentifikasi jawaban-jawaban responden, Tabulasi hasil jawaban responden. Hasil penelitian Persepsi masyarakat terhadap kinerja pegawai yang ada di Kelurahan Rabadompu Barat kota bima mendapat penilaian yang cukup, kinerja lurah dan aparatnya dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat dalam bentuk kepengurusan surat-surat pengantar, dan surat keterangan domisili, surat keterangan tidak mampu, mendapat tanggapan yang positif dari masyarakat, walaupun masih ada beberapa warga yang mengeluhkan kualitas layanan, terutama apabila lurah sedang tidak berada di kantor, karena surat-surat tersebut belum bisa ditandatangani.
References
Anwar, Prabu Mangkunegara. 2009. Evaluasi Kinerja Sumber Daya Manusia. Bandung: Penerbit Refika Aditama.
Kerlinger. 2006. Asas–Asas Penelitian Behaviour. Edisi 3, Cetakan 7. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Marliani. 2010. Kebijakan Publik. Jakarta: Toto.
Matsumoto, David. 2008. Psikologi Pengantar Lintas Budaya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Miftah, thoha. 2007. Perilaku Organisasi (konsep dasar dan aplikasi). Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Moeheriono. 2012. Indikator Kinerja Utama (IKU): Perencanaan, Aplikasi dan Pengembangan. Jakarta: PT Grafindo Persada Sari.
Setyosari, Punaji. 2010. Metode Penelitian dan Pengembangan. Jakarta: Kencana.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Administratif. Bandung: Alfabeta.
Walgito, Bimo. 2010. Psikologi Sosial. Yogyakarta: Andi Offset.
DOI: https://doi.org/10.24967/jmms.v4i2.625
Article Metrics
Abstract view : 1239 times
PDF (Bahasa Indonesia) : 752 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Abstract
Kelurahan Rabadompu Barat kota bima belum optimal dalam melaksanakan pelayanan admimistrasi kependudukan ditandai banyaknya problem yang dihadapi masyarakat bila berurusan dengan birokrat dalam pengurusan segala bentuk syarat-syarat yang menyangkut dengan kependudukan seperti: Surat Keterangan Domisili, Surat Keterangan Usaha, Surat Pindah, Surat Keterangan Tidak Mampu, dan lain sebagainya. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Persepsi Masyarakat Terhadap kinerja pegawai dalam Pelayanan Administrasi Kependudukan. Dari penelitian ini dilakukan untuk menjadi suatu bahan masukan bagi Pemerintah Kelurahan Rabadompu Barat kota bima. dengan menggunakan penelitian deskriptif atau studi eksplorasi, karena bertujuan menggambarkan keadaan atau fenomena yang terjadi di lapangan, dengan teknik pengumpulan data yang dilakukan menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, dan koesioner, analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik statistik deskriptif dengan teknik presentase. untuk mengidentifikasi jawaban-jawaban responden, Tabulasi hasil jawaban responden. Hasil penelitian Persepsi masyarakat terhadap kinerja pegawai yang ada di Kelurahan Rabadompu Barat kota bima mendapat penilaian yang cukup, kinerja lurah dan aparatnya dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat dalam bentuk kepengurusan surat-surat pengantar, dan surat keterangan domisili, surat keterangan tidak mampu, mendapat tanggapan yang positif dari masyarakat, walaupun masih ada beberapa warga yang mengeluhkan kualitas layanan, terutama apabila lurah sedang tidak berada di kantor, karena surat-surat tersebut belum bisa ditandatangani.
References
Anwar, Prabu Mangkunegara. 2009. Evaluasi Kinerja Sumber Daya Manusia. Bandung: Penerbit Refika Aditama.
Kerlinger. 2006. Asas–Asas Penelitian Behaviour. Edisi 3, Cetakan 7. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Marliani. 2010. Kebijakan Publik. Jakarta: Toto.
Matsumoto, David. 2008. Psikologi Pengantar Lintas Budaya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Miftah, thoha. 2007. Perilaku Organisasi (konsep dasar dan aplikasi). Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Moeheriono. 2012. Indikator Kinerja Utama (IKU): Perencanaan, Aplikasi dan Pengembangan. Jakarta: PT Grafindo Persada Sari.
Setyosari, Punaji. 2010. Metode Penelitian dan Pengembangan. Jakarta: Kencana.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Administratif. Bandung: Alfabeta.
Walgito, Bimo. 2010. Psikologi Sosial. Yogyakarta: Andi Offset.

Jurnal Manajemen Mandiri Saburai (JMMS) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
