Analisis Strategi Pemasaran Pasta Gigi Ciptadent Pada PT. Unilever Indonesia Cabang Lampung di Bandar Lampung
Abstract
Perseroan Terbatas PT Unilever Indonesia Cabang Bandar Lampung adalah perusahaan yang bergerak di bidang industri memproduksi barang-barang antara lain: sabun, pasta gigi Ciptadent dan lain-lain yang sejenis yang beralamat di Jalan KH. Ahmad Dahlan No.204 Bandar Lampung. Adapun permasalahan yang dirumuskan adalah Apakah Turunnya Nilai Penjualan disebabkan kurang baiknya strategi pemasaran yang diterapkan oleh PT. Unilever Indonesia Cabang Bandar Lampung?. Tujuan diadakannya penelitian ini adalah untuk memperoleh data secara kualitatif maupun kuantitatif berkaitan dengan permasalahan yang ada pada PT. Unilever Indonesia Cabang Bandar Lampung. Berdasarkan analisis kualitatif, biaya promosi terhadap nilai penjualan mencapai 1 ini berarti bahwa biaya promosi terhadap nilai penjualan, apabila biaya promosi naik, maka nilai penjualan akan naik, demikian pula halnya dengan biaya distribusi. Dari perhitungan koefisien penentu (KP) biaya promosi terhadap nilai penjualan diperoleh angka 112,35 persen dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yaitu 2,36 persen Sedangkan koefisien penentu biaya distribusi terhadap nilai penjualan pasta gigi Ciptadent pada PT. Unilever Indonesia Cabang Bandar Lampung sebesar 231,04 persen dan sisanya diperoleh oleh faktor lain.
References
Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Assury, Sofyan, S.E.M.BA. 2006. Manajemen Pemasaran, Dasar, Konsep, dan Strategi. Jakarta: Rajawali Perst.
Gordon E. Paul dan P. Guitiman Joseph. 2000. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Kotler, Philip, 2000. Manajemen Pemasaran, Analisis, Perencanaan, dan Pengendalian. Jakarta : Erlangga.
Kartini, Kartono. 2008. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Nitisemito, Alex. S. 2000. Mengatasi Turunnya Omset Penjualan, Jakarta: Erlangga.
Stanton, Wiliam J, 2009. Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Saladin H. Djaslim, S.E. 2006. Unsur-unsur Inti Pemasaran dan Manajemen Pemasaran. Bandung: Mandar Maju.
Swasta, DH. Basu dan Irawan. 2007. Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Liberty.
Swasta, DH. Basu dan Irawan. 2007. Azas-Azas Marketing. Yogyakarta: Liberty.
DOI: https://doi.org/10.24967/jmms.v4i1.600
Article Metrics
Abstract view : 2844 times
PDF (Bahasa Indonesia) : 3381 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Abstract
Perseroan Terbatas PT Unilever Indonesia Cabang Bandar Lampung adalah perusahaan yang bergerak di bidang industri memproduksi barang-barang antara lain: sabun, pasta gigi Ciptadent dan lain-lain yang sejenis yang beralamat di Jalan KH. Ahmad Dahlan No.204 Bandar Lampung. Adapun permasalahan yang dirumuskan adalah Apakah Turunnya Nilai Penjualan disebabkan kurang baiknya strategi pemasaran yang diterapkan oleh PT. Unilever Indonesia Cabang Bandar Lampung?. Tujuan diadakannya penelitian ini adalah untuk memperoleh data secara kualitatif maupun kuantitatif berkaitan dengan permasalahan yang ada pada PT. Unilever Indonesia Cabang Bandar Lampung. Berdasarkan analisis kualitatif, biaya promosi terhadap nilai penjualan mencapai 1 ini berarti bahwa biaya promosi terhadap nilai penjualan, apabila biaya promosi naik, maka nilai penjualan akan naik, demikian pula halnya dengan biaya distribusi. Dari perhitungan koefisien penentu (KP) biaya promosi terhadap nilai penjualan diperoleh angka 112,35 persen dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yaitu 2,36 persen Sedangkan koefisien penentu biaya distribusi terhadap nilai penjualan pasta gigi Ciptadent pada PT. Unilever Indonesia Cabang Bandar Lampung sebesar 231,04 persen dan sisanya diperoleh oleh faktor lain.
References
Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Assury, Sofyan, S.E.M.BA. 2006. Manajemen Pemasaran, Dasar, Konsep, dan Strategi. Jakarta: Rajawali Perst.
Gordon E. Paul dan P. Guitiman Joseph. 2000. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Kotler, Philip, 2000. Manajemen Pemasaran, Analisis, Perencanaan, dan Pengendalian. Jakarta : Erlangga.
Kartini, Kartono. 2008. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Nitisemito, Alex. S. 2000. Mengatasi Turunnya Omset Penjualan, Jakarta: Erlangga.
Stanton, Wiliam J, 2009. Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Saladin H. Djaslim, S.E. 2006. Unsur-unsur Inti Pemasaran dan Manajemen Pemasaran. Bandung: Mandar Maju.
Swasta, DH. Basu dan Irawan. 2007. Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Liberty.
Swasta, DH. Basu dan Irawan. 2007. Azas-Azas Marketing. Yogyakarta: Liberty.

Jurnal Manajemen Mandiri Saburai (JMMS) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
