PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA BISNIS JASA TRANSPORTASI GOJEK DI BANDAR LAMPUNG
Abstract
Jasa transportasi yang memiliki pelayanan yang cepat dari segi komunikasi untuk pemesanan, sehingga masyarakat lebih memilih jasa tersebut karena cukup mudah dan cepat. Untuk mendapatkan loyalitas para pelanggan perusahaan harus memiliki strategi pemasaran yang baik dan tepat agar mempengaruhi loyalitas pelanggannya. Faktor-faktor yang mempengaruhi loyalitas pelanggan dalam menggunakan jasa transportasi, diantaranya adalah kualitas pelayanan yang diberikan, kepuasan yang didapatkan dan dirasakan oleh pelanggan, nilai yang difikirkan pelanggan. Hasil penelitian didapatkan bahwa berdasarkan hasil Uji t didapat nilai t hitung sebesar 20,177 dan setelah dibandingkan dengan t tabel pada taraf signifikan 95 persen yaitu 2,66 maka thitung adalah sebesar 20,177 lebih dari t tabel sebesar 2,66. Jadi variabel kualitas pelayanan berpengaruh terhadap variabel kepuasan konsumen. Kemudian pada persamaan regresi antara variabel kualitas pelayanan terhadap variabel kepuasan konsumen dapat dinyatakan bahwa setiap penambahan tanggapan responden mengenai kualitas pelayanan, maka dapat diikuti oleh kepuasan kosnumen sebesar 99,0 persen atau setiap terjadi peningkatan nilai pada variabel kualitas pelayanan sebesar satu point, maka kepuasan konsumen akan meningkat sebesar 0,990 point.
References
Adam, M. 2015. Manajemen Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.
Alma, Buchari. 2011. Manajemen Pemasaran Dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.
Assauri, S. 2015. Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Aswawi, N. dan Masyhuri. 2009. Metodologi Riset Manajemen Pemasaran. UIN-Malang: UIN-Malang Press.
Bungin, Burhan. 2008. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Kencana.
Ginting, Nembah F. H. 2011. Manajemen Pemasaran, Bandung: Yrama Widya.
Hafidhudin, D. 2003. Manajemen Syariah Dalam Praktik, Jakarta: Gema Insani Press.
Hasan, Ali. 2013. Marketing dan Kasus-Kasus Pilihan, Jogjakarta: Cups Publishing.
DOI: https://doi.org/10.24967/jmms.v3i04.589
Article Metrics
Abstract view : 1284 times
PDF (Bahasa Indonesia) : 779 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Abstract
References
Adam, M. 2015. Manajemen Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.
Alma, Buchari. 2011. Manajemen Pemasaran Dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.
Assauri, S. 2015. Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Aswawi, N. dan Masyhuri. 2009. Metodologi Riset Manajemen Pemasaran. UIN-Malang: UIN-Malang Press.
Bungin, Burhan. 2008. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Kencana.
Ginting, Nembah F. H. 2011. Manajemen Pemasaran, Bandung: Yrama Widya.
Hafidhudin, D. 2003. Manajemen Syariah Dalam Praktik, Jakarta: Gema Insani Press.
Hasan, Ali. 2013. Marketing dan Kasus-Kasus Pilihan, Jogjakarta: Cups Publishing.

Jurnal Manajemen Mandiri Saburai (JMMS) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
