Hubungan Kualitas Pelayanan Petugas Perpustakaan Terhadap Kinerja Pegawai Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Kabupaten Pesawaran

Yeni Maya Sari, Nuraeini Nuraeini, Maria Elina

Abstract


Permasalahan dalam penelitian ini adalah Pelayanan petugas perpustakaan masih kurang optimal dan kinerja pegawai dalam menjalankan tugas pelayanan kurang maksimal Tujuan penelitian untuk mengetahui   hubungan kualitas pelayanan petugas perpustakaan terhadap kinerja pegawai dinas perpustakaan dan kearsipan kabupaten Pesawaran. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dan kuantitatif yaitu penelirian yang bermaksud  menjelaskan kedudukan variabel-variabel  yang diteliti dan  pengaruhnya antar satu variabel dengan variabel yang lain. Berdasarkan hasil penelitian menuujukan hubungan antara kualitas pelayanan dengan kinerja pegawai Dinas Perpustakaan dan kearsipan Kabupaten Pesawaran positif karena rhitung adalah sebesar 0,446 maka rhit  lebih besar dari nol, Berarti semakin tinggi kualitas pelayanan   maka semakin tinggi pula kinerja pegawai Dinas Perpustakaan  dan  kearsipan  Kabupaten Pesawaran  dan  derajat  keeratan hubungan antara kualitas pelayanan dan kinerja dinas perpustakaan dan kearsipan berderajat sedang karena harga rhit  = 0.446  maka rhit  dalam kriteria uji  terletak pada interval taraf sedang.


References


Hasibuan, Malayu S.P. 2006. Manajemen. Jakarta: Bumi Aksara.

Priyatno, Dwi. 2008. Mandiri Belajar SPSS. Yogyakarta: MediaKom.

Satibi, Iwan. 2012, Manajemen Publik dalam perspektif teoritik dan empiric. Bandung: Unpas Press.

Sedermayanti. 2009. Sumber Daya Manusia dan Produktivitas Kerja. Bandung: Mandar Maju.

Sugiono. 2007. Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta.

. 2014. Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta.

Tjiptono, Fandy. 2006. Manajemen Jasa. Yogyakarta: Andi Offset.

. 2007, Strategi Pemasaran, Edisi Pertama. Yogyakarta: Andi Ofset.




DOI: https://doi.org/10.24967/jmms.v3i02.573

Article Metrics

Abstract view : 1133 times
PDF (Bahasa Indonesia) : 536 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
Jurnal Manajemen Mandiri Saburai (JMMS) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License