PENGARUH TUNJANGAN SERTIFIKASI TERHADAP KINERJA GURU SEKOLAH DASAR (SD) NEGERI KOTA BANDAR LAMPUNG

Sodirin Sodirin, Herman Erawan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sertifikasi guru terhadap kinerja guru. Penelitian dilakukan pada guru-guru di Sekolah Dasar di Kota Bandar Lampung dimana responden dilakukan terhadap guru guru yang sudah lulus atau guru guru yang sudah mendapatkan sertifikasi. Melalui sertifikasi yang sudah didapatkan, diharapkan guru mampu  memberikan pengaruh terhadap kinerja responden yang semakin baik sehingga menghasilkan tenaga pendidik yang profesional. Jenis penelitian adalah eksplanatory dengan pendekatan secara kuantitatif. Sampel dalam penelitian sejumlah 67 responden. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner, wawancara dan dekomentasi, sedangkan uji pengaruh dilakukan dengan menggunakan regresi linier sederhana.  Hasil perhitungan korelasi antar variabel menunjukan bahwa adanya hubungan  yang signifikan antara tujangan sertifikasi guru dengan kinerja guru. Secara keseluruhan hubungan antara dua variabel tersebut adalah positif, hal ini  menunjukkan bahwa semakin tinggi nilai sertifikasi guru maka semakin tinggi pula kinerja guru. Besarnya korelasi antara variabel sertifikasi guru dengan variabel kinerja guru adalah 0.449. Besarnya pengaruh antara variabel sertifikasi guru dengan variabel kinerja guru adalah 44.9% . Maka dapat diketahui bahwa terdapat pengaruh antara sertifikasi guru terhadap kinerja guru.

References


Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R&D. Bandung : CV.Alpha Beta.

Sulistyani, AT. 2003. Manajemen Personalia. Yogyakarta: Graha Ilmu.

West, Richard. 2002. Pengantar Teori Komunikasi: Analisis dan Aplikasi. Jakarta: Salemba Empat.




DOI: https://doi.org/10.24967/jmms.v1i04.523

Article Metrics

Abstract view : 1131 times
PDF (Bahasa Indonesia) : 518 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
Jurnal Manajemen Mandiri Saburai (JMMS) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License