Analisis Tingkat Loyalitas Pelanggan Pada Layanan Jasa Pendampingan Digital Marketing Aurora Studio
Abstract
Loyalitas merupakan situasi di mana konsumen berfikir positif tentang suatu produk atau jasa yang disertai dengan pola pembelian kembali yang konsisten. Loyalitas merupakan dampak dari kepuasan konsumen. Kepuasan konsumen adalah penilaian mengenai ciri atau keistimewaan produk atau jasa, atau produk itu sendiri, yang menyediakan tingkat kesenangan konsumen terkait dengan pemenuhan kebutuhan konsumsi konsumen. Setiap perusahaan wajib hukumnya untuk menciptakan atau mempertahankan loyalitas konsumen. Loyalitas konsumen dikatakan adalah akibat baik dari kepuasan konsumen. Dimana kepuasan konsumen adalah hasil dari kualitas produk, kualaitas layanan, dan strategi pemasaran yang berkelanjutan. Sehingga berbagai upaya akan dilakukan perusahaan untuk menciptakan kepuasan dan loyalitas pelanggan. Begitu juga yang dilakukan oleh perusahaan Aurora studio. Aurora studio merupak perusahaan jasa pendampingan digital marketing yang berlokasi di Denpasar. Penelitian yang dilakukan adalah untuk mengetahui tingkat loyalitas pelanggan pada layanan jasa pendampingan digital marketing. Metode yang digunakan adalah metode tabulasi dengan menyebarkan 30 kuesioner yang berisi mengenai pertanyaan-pertanyaan terkait tingkat loyalitas pelanggan pada layanan jasa pendampingan digital marketing. Hasil dalam penelitian ini adalah tingkat loyalitan pelanggan pada layanan jasa pendampingan digital marketing di Aurora Studio dapat diketahui bahwa pertanyaan 1, 1, pertanyaan 2, dan pertanyaan 3 yang kesemuanya masuk dalam kriteria rentang nilai 126 kurang dari atau sama dengan n, tetapi kurang dari 150 yang artinya adalah sangat loyal. Kemudian untuk hasil terkecil ada pada pertanyaan 4 dengan nilai 120 yang termasuk dalam katagori loyal. Setelah dicari skala rentang kesimpulan didapat hasil 672, jika dimasukan kedalam rentang nilai kesimpulan maka masuk dalam kategori 630 kurang dari atau sama dengan n, tetapi kurang dari 750 yang dapat diartikan dengan sangat loyal. Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa tingkat loyalitas pelanggan pada layanan jasa pendampingan digital marketing di Aurora Studio adalah sangat loyal.
Keywords
Loyalitas Konsumen, Kepuasan Konsumen, Strategi Marketing
References
Bakobat1, H., Wullur2, M., & Sumarauw3, J. S. B. (2021). Analisis Penerapan Manajemen Mutu Terpadu Di Rumah Sakit Budi Mulia Bitung. Journal of Nursing Management, 9(4), 622–631. https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/emba/article/view/36492 Bulan, T. P. L. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Loyalitas Konsumen padaPT. Tiki Jalur Ekakurir Agen Kota Langsa. Jurnal Manajemen Dan Keuangan, 5(2), 592–602. Dewa, C. B., & Safitri, L. A. (2020). Analisa Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pelanggan terhadap Loyalitas Pelanggan OVO pada Masa Physical Distancing. ASSET: Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 3(1). https://doi.org/10.24269/asset.v3i1.2652 Lesmana, A. Y., Barusman, A. R. P., & Virgawenda, T. M. (2020). Pengaruh Penetapan Harga dan Kualitas Layanan Terhadap Intention To Purchase. Jurnal Ilmiah ESAI, 14(2), 87–95. https://doi.org/10.25181/esai.v14i2.2387 Rodríguez, Velastequí, M. (2019). EVALUASI PERDA KABUPATEN KEDIRI NO.2 TAHUN 2015 TENTANG ORGANISASI DAN TATA KERJA BADAN PENANGGULANGAN BENCANA DAERAH (STUDI PADA BPBD KABUPATEN KEDIRI). 2, 1–23. Suwasana, G. (2014). Fenomena Teknologi Informasi Perpustakaan dan Dampaknya Terhadap Entri Data Bibliografis. Jurnal Perpustakaan UNILIB, 5(2). Tanjung, M. R. (2020). Manajemen sumberdaya manusia stratejik. In UR Press Pekanbaru. Wibowo, F., Khasanah, A. U., & Putra, F. I. F. S. (2022). Analisis Dampak Kehadiran Pasar Modern terhadap Kinerja Pemasaran Pasar Tradisional Berbasis Perspektif Pedagang dan Konsumen di Kabupaten Wonogiri. Benefit: Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 7(1), 53–65. https://doi.org/10.23917/benefit.v7i1.16057 Widjoyo, S. (2014). Pengaruh Kualitas Layanan dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan dan Loyalitas Konsumen Restoran Happy Garden Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran, 2(1), 1–9.
DOI: https://doi.org/10.24967/jmms.v8i4.3851
Article Metrics
Abstract view : 560 times
PDF : 262 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Abstract
Keywords
References
Bakobat1, H., Wullur2, M., & Sumarauw3, J. S. B. (2021). Analisis Penerapan Manajemen Mutu Terpadu Di Rumah Sakit Budi Mulia Bitung. Journal of Nursing Management, 9(4), 622–631. https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/emba/article/view/36492 Bulan, T. P. L. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Loyalitas Konsumen padaPT. Tiki Jalur Ekakurir Agen Kota Langsa. Jurnal Manajemen Dan Keuangan, 5(2), 592–602. Dewa, C. B., & Safitri, L. A. (2020). Analisa Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pelanggan terhadap Loyalitas Pelanggan OVO pada Masa Physical Distancing. ASSET: Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 3(1). https://doi.org/10.24269/asset.v3i1.2652 Lesmana, A. Y., Barusman, A. R. P., & Virgawenda, T. M. (2020). Pengaruh Penetapan Harga dan Kualitas Layanan Terhadap Intention To Purchase. Jurnal Ilmiah ESAI, 14(2), 87–95. https://doi.org/10.25181/esai.v14i2.2387 Rodríguez, Velastequí, M. (2019). EVALUASI PERDA KABUPATEN KEDIRI NO.2 TAHUN 2015 TENTANG ORGANISASI DAN TATA KERJA BADAN PENANGGULANGAN BENCANA DAERAH (STUDI PADA BPBD KABUPATEN KEDIRI). 2, 1–23. Suwasana, G. (2014). Fenomena Teknologi Informasi Perpustakaan dan Dampaknya Terhadap Entri Data Bibliografis. Jurnal Perpustakaan UNILIB, 5(2). Tanjung, M. R. (2020). Manajemen sumberdaya manusia stratejik. In UR Press Pekanbaru. Wibowo, F., Khasanah, A. U., & Putra, F. I. F. S. (2022). Analisis Dampak Kehadiran Pasar Modern terhadap Kinerja Pemasaran Pasar Tradisional Berbasis Perspektif Pedagang dan Konsumen di Kabupaten Wonogiri. Benefit: Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 7(1), 53–65. https://doi.org/10.23917/benefit.v7i1.16057 Widjoyo, S. (2014). Pengaruh Kualitas Layanan dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan dan Loyalitas Konsumen Restoran Happy Garden Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran, 2(1), 1–9.

Jurnal Manajemen Mandiri Saburai (JMMS) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
