Pengaruh Digital Marketing Terhadap Peningkatan Penjualan Pada Blehong Durian Cabang Imam Bonjol Di Bandar Lampung
Abstract
Digital marketing merupakan salah satu strategi pemasaran yang menggunakan internet dan teknologi informasi untuk memperluas fungsi pemasaran. Digital marketing dapat membantu pemasar menjalin hubungan dengan pelanggan untuk meningkatkan penjualan. Seperti UMKM Blehong Durian yang menerapkan digital marketing menjual dan mempromosikan produknya melalui Instagram, Facebook, dan Tiktok. Berdasarkan uraian tersebut, tujuan penelitian ini adalah membahas Pengaruh Digital Marketing Terhadap Peningkatan Penjualan Pada Blehong Durian Cabang Imam Bonjol di Bandar Lampung. Penelitian ini berjenis kuantitatif deskriptif. Dalam penelitian ini, terdapat 482 populasi orang selama kurun waktu 1 minggu di bulan Februari 2024 konsumen Blehong Durian di Cabang Imam Bonjol Bandar Lampung. Metode yang digunakan dalam penelitian untuk pengambilan sampel ini adalah nonprobability sampling sehingga didapat jumlah responden sebanyak 83 orang. Metode analisis yang digunakan analisis regresi linier sederhana dan koefisien determinan. Berdasarkan hasil uji analisis didapat bahwa Digital Marketing berpengaruh terhadap peningkatan penjualan Blehong Durian Cabang Imam Bonjol.
Keywords
Digital Marketing; Durian; Peningkatan Penjualan; UMKM
References
Asysyifaa, W. O. N., Putera, A., & Putri, T. N. (2024). Analisis penerapan digital marketing dalam meningkatkan penjualan. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 16(2), 38–47.
Digdowiseiso, K., & Ria, R. (2023). Pengenalan Digital Marketing Bagi Pelaku UMKM Di Kelurahan Jatisampurna Kota Bekasi. Jurnal Abdimas Bina Bangsa, 4(1), 608–620.
Fachreza, K. A., Harvian, M., Zahra, N., Islam, M. I., Daffa, M., & Wardiyah, M. L. (2024). Analisis Komparatif Antara Probability Dan Nonprobability Dalam Penelitian Pemasaran. Jurnal Pajak Dan Analisis Ekonomi Syariah, 1(3), 108–120.
Handayani, L. S., & Hidayat, R. (2022). Pengaruh kualitas produk, harga, dan digital marketing terhadap kepuasan pelanggan produk MS Glow Beauty. Ikraith-Ekonomika, 5(2), 135–145.
Nasution, E. Y., Hariani, P., Hasibuan, L. S., & Pradita, W. (2020). Perkembangan transaksi bisnis e-commerce terhadap pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Jesya (Jurnal Ekonomi Dan Ekonomi Syariah), 3(2), 506–519.
Nisa, A., & Misidawati, D. N. (2024). Pemanfaatan Digital Marketing Dalam Meningkatkan Penjualan Produk UMKM Di Indonesia. Sahmiyya: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 184–190.
Parebong, A. B. (2024). Literature review: Strategi digital marketing dalam meningkatkan penjualan UMKM. Jurnal Interdisipliner Indonesia, 1(01), 17–24.
Putri, P. M., & Marlien, R. A. (2022). Pengaruh digital marketing terhadap keputusan pembelian online. Jesya (Jurnal Ekonomi Dan Ekonomi Syariah), 5(1), 25–36.
Safitri, N. E., Wahana, A. N. P. D., Mulyani, I. D., & Riono, S. B. (2023). Pengaruh Inovasi Produk dan Digital Marketing terhadap Volume Penjualan UMKM Mitra Mandiri Brebes. JECMER: Journal of Economic, Management and Enterpreneurship Research, 1(3), 68–78.
Saputra, G. W., & Ardani, I. G. A. K. S. (2020). Pengaruh digital marketing, word of mouth, dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian. E-Jurnal Manajemen, 9(7), 2596–2620.
Suryani, R., Lustono, L., Maesaroh, S., & Saputra, A. W. (2023). Edukasi Digital Marketing Untuk Pelaku UMKM Desa Sambong. Fokus Abdimas, 1(2), 85–90.
DOI: https://doi.org/10.24967/jmms.v8i4.3832
Article Metrics
Abstract view : 545 times
PDF (Bahasa Indonesia) : 259 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Abstract
Keywords
References
Asysyifaa, W. O. N., Putera, A., & Putri, T. N. (2024). Analisis penerapan digital marketing dalam meningkatkan penjualan. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 16(2), 38–47.
Digdowiseiso, K., & Ria, R. (2023). Pengenalan Digital Marketing Bagi Pelaku UMKM Di Kelurahan Jatisampurna Kota Bekasi. Jurnal Abdimas Bina Bangsa, 4(1), 608–620.
Fachreza, K. A., Harvian, M., Zahra, N., Islam, M. I., Daffa, M., & Wardiyah, M. L. (2024). Analisis Komparatif Antara Probability Dan Nonprobability Dalam Penelitian Pemasaran. Jurnal Pajak Dan Analisis Ekonomi Syariah, 1(3), 108–120.
Handayani, L. S., & Hidayat, R. (2022). Pengaruh kualitas produk, harga, dan digital marketing terhadap kepuasan pelanggan produk MS Glow Beauty. Ikraith-Ekonomika, 5(2), 135–145.
Nasution, E. Y., Hariani, P., Hasibuan, L. S., & Pradita, W. (2020). Perkembangan transaksi bisnis e-commerce terhadap pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Jesya (Jurnal Ekonomi Dan Ekonomi Syariah), 3(2), 506–519.
Nisa, A., & Misidawati, D. N. (2024). Pemanfaatan Digital Marketing Dalam Meningkatkan Penjualan Produk UMKM Di Indonesia. Sahmiyya: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 184–190.
Parebong, A. B. (2024). Literature review: Strategi digital marketing dalam meningkatkan penjualan UMKM. Jurnal Interdisipliner Indonesia, 1(01), 17–24.
Putri, P. M., & Marlien, R. A. (2022). Pengaruh digital marketing terhadap keputusan pembelian online. Jesya (Jurnal Ekonomi Dan Ekonomi Syariah), 5(1), 25–36.
Safitri, N. E., Wahana, A. N. P. D., Mulyani, I. D., & Riono, S. B. (2023). Pengaruh Inovasi Produk dan Digital Marketing terhadap Volume Penjualan UMKM Mitra Mandiri Brebes. JECMER: Journal of Economic, Management and Enterpreneurship Research, 1(3), 68–78.
Saputra, G. W., & Ardani, I. G. A. K. S. (2020). Pengaruh digital marketing, word of mouth, dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian. E-Jurnal Manajemen, 9(7), 2596–2620.
Suryani, R., Lustono, L., Maesaroh, S., & Saputra, A. W. (2023). Edukasi Digital Marketing Untuk Pelaku UMKM Desa Sambong. Fokus Abdimas, 1(2), 85–90.

Jurnal Manajemen Mandiri Saburai (JMMS) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
