Analisis Digital Marketing Dalam Meningkatkan Penjualan UMKM Di Kabupaten Pringsewu (Studi Kasus Basreng Jeletet)
Abstract
Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) mempunyai peranan penting dalam pertumbuhan ekonomi dan industri suatu negara dikarenakan selain menjadi peluang terciptanya lapangan kerja sehingga terjadi implikasi berupa mengurangi angka pengangguran, kontribusi UMKM pada bidang usaha di seluruh dunia mencapai 80 persen. UMKM dituntut untuk selalu meningkatkan daya saingnya agar dapat terus berjalan dan berkembang. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi sebagai inovasi untuk kegiatan usahanya. Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah menyatakan bahwa dari 56 juta UMKM baru 3,75 juta saja atau sekitar 8 persen yang sudah memanfaatkan digital marketing dalam menunjang kegiatan bisnisnya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui analisis digital marketing dalam meningkatkan penjualan umkm di kabupaten pringsewu (studi kasus basreng jeletet). Analisis data yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif (analisis data variabel tunggal). Setelah data terkumpul, data tersebut dikelompokkan secara numerik, diolah secara numerik menggunakan tabel frekuensi, dan dilengkapi deskripsi sebagai informasi tambahan terkait tantangan yang dihadapi UMKM Basreng Jeletet di Kabupaten Pringsewu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaku UMKM tertarik untuk menggunakan pemasaran digital dan media sosial, namun terdapat sejumlah kendala. Seperti, kurangnya pemahaman tentang pentingnya pemasaran digital, kurangnya pengetahuan tentang teknologi informasi dan komunikasi, cara yang baik untuk menggunakan dan menggunakan jejaring sosial, ketidaksabaran untuk mencapai hasil, dan kurangnya pemahaman untuk membuat “postingan†yang menarik.
Keywords
UMKM; Digital Marketing; Media Sosial
References
Abdurrahman, G., Oktavianto, H., Habibie, E. Y., & Hadiyatullah, A. W. (2020). Pelatihan Digital Marketing Pada UMKM Sebagai Penunjang Kegiatan Promosi Dan Pemasaran. Jurnal Pengabdian Masyarakat Manage, 1(2), 88–92. https://doi.org/10.32528/jpmm.v1i2.3981
Adinda, E. O. T., Primandhana, W. P., & Sishadiyati, S. (2023). Pemanfaatan Media Digital dalam Meningkatkan Pemasaran dan Pertumbuhan UMKM Desa Karangan Kabupaten Jombang. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(21), 304–313.
Fadilla, D. O., & Kusumasari, I. R. (2023). Pemanfaatan Digital Marketing Dalam Meningkatkan Pengembangan UMKM di Desa Kebondalem, Kecamatan Bareng, Kabupaten Jombang. Madani: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(6).
Fahdia, M. R., Kurniawati, I., Amsury, F., & Saputra, I. (2022). Pelatihan Digital Marketing Untuk Meningkatkan Penjualan Bagi UMKM Tajur Halang Makmur. Abdiformatika: Jurnal Pengabdian Masyarakat Informatika, 2(1), 34–39.
Farida, L. (2022). Pemanfaatan Platform E-Commerce Melalui Marketplace Shopee Sebagai Upaya Peningkatan Penjualan Dan Mempertahankan Bisnis Di Masa Pandemi (Studi Pada UMKM Sektor Fashion Di Malang). Jurnal Manajemen, 12(2).
Godwin, G., Junaedi, S. R. P., Hardini, M., & Purnama, S. (2024). Inovasi Bisnis Digital untuk Mendorong Pertumbuhan UMKM melalui Teknologi dan Adaptasi Digital. ADI Bisnis Digital Interdisiplin Jurnal, 5(2), 41–47.
Hartono, R., & Yudianto, A. (2024). Pemanfaatan Aplikasi Whatsapp Business Sebagai Media Promosi Usaha Mama Naura Shop Desa Teluk Mesjid Kecamatan Danau Panggang Kabupaten Hulu Sungai Utara. Jurnal Administrasi Bisnis, 1(1), 77–81.
Oktaviani, Q., Diana, F., Tiara, E., Setyadi, H., Roziq, M. W. A., & Riofita, H. (2024). Peran E-Commerce Dalam Pemasaran Produk UMKM. WANARGI: Jurnal Manajemen Dan Akuntansi, 1(2), 16–21.
Permatasari, D., Yogapratama, F., Kurniafitra, I. I., & Islamiah, W. (2022). Pelatihan Digital Marketing Sebagai Upaya Pengembangan Strategi Pemasaran Produk Umkm Batik Di Kelurahan Gedog Kota Blitar. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 60–72.
Purwasih, T. R., & Yogatama, A. N. (2023). Analisis Pemanfaatan Facebook Sebagai Media Promosi (Studi Pada Freyo Strike Kota Malang). MDP Student Conference, 2(2), 521–529.
Rizqi, M. A., & Himawan, A. F. I. (2022). Tranformasi Digital Dan Peningkatan Kapasitas Ukm di Majelis Ekonomi Dan Kewirausahan Muhammadiyah. DedikasiMU: Journal of Community Service, 4(1), 14–26.
Sadewa, G. P. (2022). Pengantar Digital Branding. In Pelatihan Digitalisasi Desa Wisata dan UMKM Dinas Pariwisata Kab Lumajang.
Safitri, C., Astuti, S., & Fitriana, O. (2024). Pelatihan digital of thing (dibot) dalam mengoptimalkan kinerja umkm: analisis penerapan teknologi digital untuk meningkatkan daya saing. Jurnal Abdimas Indonesia, 4(1), 76–86.
Setyawan, N. A., Pratiwi, M. I., Wiedayanti, D. F., & Eviyanti, N. (2023). Mentoring Perolehan Nib Dan Implementasi Digital Marketing Komunitas Umkm Kelurahan Mangunharjo. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(4), 8667–8673.
Sholeh, M., & Pranoto, A. (2023). Pemanfaatan digital marketing bagi para pelaku UMKM di Kecamatan Sedayu Bantul sebagai upaya untuk mempromosikan produk. Budimas: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1).
Solihin, O. (2023). Transformasi budaya digital: Interaksi komunikasi Interpersonal Penjual dan pembeli. Media Bahasa, Sastra, Dan Budaya Wahana, 29(1), 1–8.
Wardani, N. M. R. S. D., Sunarsa, I. W., & Seniartha, I. W. (2024). Strategi Promosi Melalui Media Sosial Instagram Di Langgeng Florist Bali. Journal of Hospitality Accommodation Management (JHAM), 3(2), 127–136.
Wardhani, A. K., & Romas, A. N. (2021). Analysis of Digital Marketing Strategies in the Covid-19 Pandemic. EXERO: Journal of Research in Business and Economics, 4(1), 29–53.
Yansahrita, Y., Fauzi, F., & Irviani, R. (2023). Digital Marketing: Sebagai Strategi Pemasaran Produk Home Industry di Wilayah Oku Timur. ECo-Buss, 6(1), 410–417.
Yuliyanti, S. D., & Wulandari, I. (2023). Pendampingan Digitalisasi Marketing Sebagai Media Pemasaran Pada Pelaku Umkm Di Kelurahan Tambak Kabupaten Klaten. Al-IjtimÄ: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 151–161.
DOI: https://doi.org/10.24967/jmms.v8i4.3818
Article Metrics
Abstract view : 572 times
PDF (Bahasa Indonesia) : 303 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Abstract
Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) mempunyai peranan penting dalam pertumbuhan ekonomi dan industri suatu negara dikarenakan selain menjadi peluang terciptanya lapangan kerja sehingga terjadi implikasi berupa mengurangi angka pengangguran, kontribusi UMKM pada bidang usaha di seluruh dunia mencapai 80 persen. UMKM dituntut untuk selalu meningkatkan daya saingnya agar dapat terus berjalan dan berkembang. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi sebagai inovasi untuk kegiatan usahanya. Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah menyatakan bahwa dari 56 juta UMKM baru 3,75 juta saja atau sekitar 8 persen yang sudah memanfaatkan digital marketing dalam menunjang kegiatan bisnisnya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui analisis digital marketing dalam meningkatkan penjualan umkm di kabupaten pringsewu (studi kasus basreng jeletet). Analisis data yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif (analisis data variabel tunggal). Setelah data terkumpul, data tersebut dikelompokkan secara numerik, diolah secara numerik menggunakan tabel frekuensi, dan dilengkapi deskripsi sebagai informasi tambahan terkait tantangan yang dihadapi UMKM Basreng Jeletet di Kabupaten Pringsewu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaku UMKM tertarik untuk menggunakan pemasaran digital dan media sosial, namun terdapat sejumlah kendala. Seperti, kurangnya pemahaman tentang pentingnya pemasaran digital, kurangnya pengetahuan tentang teknologi informasi dan komunikasi, cara yang baik untuk menggunakan dan menggunakan jejaring sosial, ketidaksabaran untuk mencapai hasil, dan kurangnya pemahaman untuk membuat “postingan†yang menarik.
Keywords
References
Abdurrahman, G., Oktavianto, H., Habibie, E. Y., & Hadiyatullah, A. W. (2020). Pelatihan Digital Marketing Pada UMKM Sebagai Penunjang Kegiatan Promosi Dan Pemasaran. Jurnal Pengabdian Masyarakat Manage, 1(2), 88–92. https://doi.org/10.32528/jpmm.v1i2.3981
Adinda, E. O. T., Primandhana, W. P., & Sishadiyati, S. (2023). Pemanfaatan Media Digital dalam Meningkatkan Pemasaran dan Pertumbuhan UMKM Desa Karangan Kabupaten Jombang. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(21), 304–313.
Fadilla, D. O., & Kusumasari, I. R. (2023). Pemanfaatan Digital Marketing Dalam Meningkatkan Pengembangan UMKM di Desa Kebondalem, Kecamatan Bareng, Kabupaten Jombang. Madani: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(6).
Fahdia, M. R., Kurniawati, I., Amsury, F., & Saputra, I. (2022). Pelatihan Digital Marketing Untuk Meningkatkan Penjualan Bagi UMKM Tajur Halang Makmur. Abdiformatika: Jurnal Pengabdian Masyarakat Informatika, 2(1), 34–39.
Farida, L. (2022). Pemanfaatan Platform E-Commerce Melalui Marketplace Shopee Sebagai Upaya Peningkatan Penjualan Dan Mempertahankan Bisnis Di Masa Pandemi (Studi Pada UMKM Sektor Fashion Di Malang). Jurnal Manajemen, 12(2).
Godwin, G., Junaedi, S. R. P., Hardini, M., & Purnama, S. (2024). Inovasi Bisnis Digital untuk Mendorong Pertumbuhan UMKM melalui Teknologi dan Adaptasi Digital. ADI Bisnis Digital Interdisiplin Jurnal, 5(2), 41–47.
Hartono, R., & Yudianto, A. (2024). Pemanfaatan Aplikasi Whatsapp Business Sebagai Media Promosi Usaha Mama Naura Shop Desa Teluk Mesjid Kecamatan Danau Panggang Kabupaten Hulu Sungai Utara. Jurnal Administrasi Bisnis, 1(1), 77–81.
Oktaviani, Q., Diana, F., Tiara, E., Setyadi, H., Roziq, M. W. A., & Riofita, H. (2024). Peran E-Commerce Dalam Pemasaran Produk UMKM. WANARGI: Jurnal Manajemen Dan Akuntansi, 1(2), 16–21.
Permatasari, D., Yogapratama, F., Kurniafitra, I. I., & Islamiah, W. (2022). Pelatihan Digital Marketing Sebagai Upaya Pengembangan Strategi Pemasaran Produk Umkm Batik Di Kelurahan Gedog Kota Blitar. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 60–72.
Purwasih, T. R., & Yogatama, A. N. (2023). Analisis Pemanfaatan Facebook Sebagai Media Promosi (Studi Pada Freyo Strike Kota Malang). MDP Student Conference, 2(2), 521–529.
Rizqi, M. A., & Himawan, A. F. I. (2022). Tranformasi Digital Dan Peningkatan Kapasitas Ukm di Majelis Ekonomi Dan Kewirausahan Muhammadiyah. DedikasiMU: Journal of Community Service, 4(1), 14–26.
Sadewa, G. P. (2022). Pengantar Digital Branding. In Pelatihan Digitalisasi Desa Wisata dan UMKM Dinas Pariwisata Kab Lumajang.
Safitri, C., Astuti, S., & Fitriana, O. (2024). Pelatihan digital of thing (dibot) dalam mengoptimalkan kinerja umkm: analisis penerapan teknologi digital untuk meningkatkan daya saing. Jurnal Abdimas Indonesia, 4(1), 76–86.
Setyawan, N. A., Pratiwi, M. I., Wiedayanti, D. F., & Eviyanti, N. (2023). Mentoring Perolehan Nib Dan Implementasi Digital Marketing Komunitas Umkm Kelurahan Mangunharjo. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(4), 8667–8673.
Sholeh, M., & Pranoto, A. (2023). Pemanfaatan digital marketing bagi para pelaku UMKM di Kecamatan Sedayu Bantul sebagai upaya untuk mempromosikan produk. Budimas: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1).
Solihin, O. (2023). Transformasi budaya digital: Interaksi komunikasi Interpersonal Penjual dan pembeli. Media Bahasa, Sastra, Dan Budaya Wahana, 29(1), 1–8.
Wardani, N. M. R. S. D., Sunarsa, I. W., & Seniartha, I. W. (2024). Strategi Promosi Melalui Media Sosial Instagram Di Langgeng Florist Bali. Journal of Hospitality Accommodation Management (JHAM), 3(2), 127–136.
Wardhani, A. K., & Romas, A. N. (2021). Analysis of Digital Marketing Strategies in the Covid-19 Pandemic. EXERO: Journal of Research in Business and Economics, 4(1), 29–53.
Yansahrita, Y., Fauzi, F., & Irviani, R. (2023). Digital Marketing: Sebagai Strategi Pemasaran Produk Home Industry di Wilayah Oku Timur. ECo-Buss, 6(1), 410–417.
Yuliyanti, S. D., & Wulandari, I. (2023). Pendampingan Digitalisasi Marketing Sebagai Media Pemasaran Pada Pelaku Umkm Di Kelurahan Tambak Kabupaten Klaten. Al-IjtimÄ: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 151–161.

Jurnal Manajemen Mandiri Saburai (JMMS) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
