Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) Terhadap Kepuasan Konsumen Di Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu
Abstract
Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan dan kualitas SDM terhadap kepuasan konsumen pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Lampung Selatan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menyebarkan angket/kuesioner kepada 75 orang masyarakat pengguna layanan. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa kualitas pelayanan dan kualitas SDM memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen pada DPMPTSP Kabupaten Lampung Selatan. Oleh karena itu, DPMPTSP perlu meningkatkan kualitas pelayanan dan kualitas SDM untuk meningkatkan kepuasan konsumen.
Kata kunci: Kualitas Pelayanan, Kualitas SDM, Kepuasan Konsumen.
DOI: https://doi.org/10.24967/jmms.v8i2.3314
Article Metrics
Abstract view : 821 times
PDF (Bahasa Indonesia) : 351 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Abstract
Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan dan kualitas SDM terhadap kepuasan konsumen pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Lampung Selatan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menyebarkan angket/kuesioner kepada 75 orang masyarakat pengguna layanan. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa kualitas pelayanan dan kualitas SDM memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen pada DPMPTSP Kabupaten Lampung Selatan. Oleh karena itu, DPMPTSP perlu meningkatkan kualitas pelayanan dan kualitas SDM untuk meningkatkan kepuasan konsumen.
Kata kunci: Kualitas Pelayanan, Kualitas SDM, Kepuasan Konsumen.

Jurnal Manajemen Mandiri Saburai (JMMS) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
