Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) Terhadap Kepuasan Konsumen Di Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu

Andri Prayoga, Bustami Z, Selamat Selamat

Abstract


Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan dan kualitas SDM terhadap kepuasan konsumen pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Lampung Selatan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menyebarkan angket/kuesioner kepada 75 orang masyarakat pengguna layanan. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa kualitas pelayanan dan kualitas SDM memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen pada DPMPTSP Kabupaten Lampung Selatan. Oleh karena itu, DPMPTSP perlu meningkatkan kualitas pelayanan dan kualitas SDM untuk meningkatkan kepuasan konsumen. Kata kunci: Kualitas Pelayanan, Kualitas SDM, Kepuasan Konsumen.



DOI: https://doi.org/10.24967/jmms.v8i2.3314

Article Metrics

Abstract view : 821 times
PDF (Bahasa Indonesia) : 351 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Jurnal Manajemen Mandiri Saburai (JMMS) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License