Pengaruh Kualitas Pelayanan Kartu Indonesia Sehat (KIS) Terhadap Kepuasan Masyarakat Di Puskesmas Sukaraja Bandar Lampung

Tiar Mirnasari, Kuswarak Kuswarak, Ridho Saputra BZ

Abstract


Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kualitas Pelayanan Kartu Indonesia Sehat Terhadap Kepuasan Masyarakat di Puskesmas Sukaraja Bandar Lampung. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan berupa data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan quisioner. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 66 pasien Puskesmas Rawat Inap Sukaraja Bandar Lampung. Hasil angket tentang Kualitas Pelayanan KIS diperoleh rata-rata sebanyak 28 pasien menjawab sangat setuju, 22 pasien menjawab setuju dan sisanya sebanyak 16 pasien menjawab kurang setuju dengan kulitas pelayanan Hasil angket tentang kepuasan masyarakat diperoleh hasil sebagai berikut sebanyak 29 pasien menjawab sangat setuju, 22 pasien menjawab setuju dan sisanya sebanyak 11 pasien kurang setuju dengan upaya peningkatan kepuasan masyarakat yang dilakukan oleh Puskesmas Rawat Inap Kecamatan Sukaraja Bandar Lampung. Hasil perhitungan uji t diperoleh nilai t hitung lebih dari t tabel dan tingkat signifikansi sebesar kurang dari 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini berarti kualitas Pelayanan KIS memiliki kontribusi dan terhadap kepuasan masyarakat. Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Kepuasan Masyarakat



DOI: https://doi.org/10.24967/jmms.v7i3.2777

Article Metrics

Abstract view : 827 times
PDF (Bahasa Indonesia) : 388 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Jurnal Manajemen Mandiri Saburai (JMMS) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License