Pengaruh Kualitas Pelayanan Kartu Indonesia  Sehat (KIS) Terhadap Kepuasan Masyarakat Di Puskesmas Sukaraja Bandar Lampung
	
	
			
		Abstract
		
		Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kualitas Pelayanan Kartu Indonesia  Sehat Terhadap Kepuasan Masyarakat di Puskesmas Sukaraja Bandar Lampung. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan berupa data primer dan data sekunder.  Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan quisioner. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 66 pasien Puskesmas Rawat Inap Sukaraja Bandar Lampung. Hasil angket  tentang Kualitas Pelayanan KIS diperoleh  rata-rata sebanyak 28 pasien  menjawab sangat setuju,  22 pasien menjawab setuju dan sisanya sebanyak  16 pasien  menjawab kurang setuju dengan  kulitas pelayanan Hasil angket tentang kepuasan masyarakat   diperoleh hasil sebagai berikut sebanyak 29  pasien menjawab sangat setuju,  22  pasien  menjawab setuju  dan sisanya sebanyak 11 pasien kurang setuju dengan upaya peningkatan kepuasan masyarakat yang dilakukan oleh  Puskesmas Rawat Inap Kecamatan Sukaraja Bandar Lampung. Hasil perhitungan uji t  diperoleh  nilai t hitung lebih dari t tabel  dan tingkat signifikansi sebesar kurang dari 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini berarti kualitas Pelayanan KIS  memiliki kontribusi dan terhadap kepuasan masyarakat.  
Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Kepuasan Masyarakat
		
		
	
	
				
			
	
	
							
		
		 DOI: https://doi.org/10.24967/jmms.v7i3.2777
 DOI: https://doi.org/10.24967/jmms.v7i3.2777	
Article Metrics
 Abstract view : 884 times
 Abstract view : 884 times
         PDF (Bahasa Indonesia) : 425 times
                 PDF (Bahasa Indonesia) : 425 times
        
																			
Refbacks
				- There are currently no refbacks.
					
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
			
Abstract
Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kualitas Pelayanan Kartu Indonesia  Sehat Terhadap Kepuasan Masyarakat di Puskesmas Sukaraja Bandar Lampung. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan berupa data primer dan data sekunder.  Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan quisioner. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 66 pasien Puskesmas Rawat Inap Sukaraja Bandar Lampung. Hasil angket  tentang Kualitas Pelayanan KIS diperoleh  rata-rata sebanyak 28 pasien  menjawab sangat setuju,  22 pasien menjawab setuju dan sisanya sebanyak  16 pasien  menjawab kurang setuju dengan  kulitas pelayanan Hasil angket tentang kepuasan masyarakat   diperoleh hasil sebagai berikut sebanyak 29  pasien menjawab sangat setuju,  22  pasien  menjawab setuju  dan sisanya sebanyak 11 pasien kurang setuju dengan upaya peningkatan kepuasan masyarakat yang dilakukan oleh  Puskesmas Rawat Inap Kecamatan Sukaraja Bandar Lampung. Hasil perhitungan uji t  diperoleh  nilai t hitung lebih dari t tabel  dan tingkat signifikansi sebesar kurang dari 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini berarti kualitas Pelayanan KIS  memiliki kontribusi dan terhadap kepuasan masyarakat.  
Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Kepuasan Masyarakat
		

Jurnal Manajemen Mandiri Saburai (JMMS) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
 
 




 
 
 Tiar Mirnasari, Kuswarak Kuswarak, Ridho Saputra BZ
 Tiar Mirnasari, Kuswarak Kuswarak, Ridho Saputra BZ