PENGARUH KOMUNIKASI TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA BAGIAN ASPIRASI HUMAS DAN PROTOKOL SEKRETARIAT DPRD  PROVINSI LAMPUNG
	
	
			
		Abstract
		
		Komunikasi dirasakan sangat penting dalam segala aspek kehidupan. Komunikasi mampu meningkatkan keharmonisan kerja dalam organisasi dan sebaliknya apabila komunikasi tidak efektif maka koordinasi akan terganggu dan mengakibatkan terganggunya proses pencapaian target dan tujuan dinas.Tujuan dari  penelitian  ini  adalah  Untuk  mengetahui  pengaruh  komunikasi  terhadap kinerja pegawai pada bagian Aspirasi Humas dan Protokol Sekretariat DPRD Provinsi Lampung.Pengumpulan data yang digunakan berupa data primer dan data sekunder.  Penelitian ini menggumakan jenis kuantitatif dengan metode analisis regresi linier sederhana.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan quisioner/ daftar pertanyaan. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari jumlah responden sebanyak 30 orang responden pegawai Bagian Aspirasi Humas dan Protokol Sekretariat DPRD Provinsi Lampung. Berdasarkan analisa kuantitatif diperoleh Nilai F hitung sebesar 51,093, kemudian nilai F tabel 3,95, ini berarti F hitung lebih besar dari F tabel, sehingga dapat disimpulkan bahwa Komunikasi  berpengaruh terhadap Kinerja pada Bagian Aspirasi Humas dan Protokol Sekretariat DPRD Provinsi Lampung.  Persamaan  regresi diperoleh bahwa setiap kenaikan satu point dari variabel Komunikasi akan diikuti oleh variabel Kinerja Pegawai sebesar 0,803 point. Kontribusi R Square  sebesar 0.645 artinya sebesar 64,50 persen variasi perubahan variabel Komunikasi sedangkan sisanya dijelaskan  oleh variabel lain diluar dari variabel penelitian ini.
		
		
	
			
		Keywords
		
		Komunikasi; Kinerja Pegawai
		
		
	
				
			
	
			
		References
		
		
						Anoraga, P. (2010). Manajemen Bisnis, Edisi Kedua. Rineka Cipta.
						Ardiansyah, D. O. (2016). PENGARUH KOMUNIKASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN DENGAN DIMEDIASI OLEH KEPUASAN KERJA. 3, 15.
						Damayanti, R., Hanafi, A., & Cahyadi, A. (2018). PENGARUH KEPUASAN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN (STUDI KASUS KARYAWAN NON MEDIS RS ISLAM SITI KHADIJAH PALEMBANG). JEMBATAN, 15(2), 75–86. https://doi.org/10.29259/jmbt.v15i2.6655
						Fajar. (2013). Komunikasi Politik Teori, Aplikasi dan Strategi di Indonesia. Mata Padi Pressindo.
						Kurniawan, F., & Mardiana, N. (2019). PENGARUH BUDAYA KERJA DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN DENGAN KEPUASAN KERJA SEBAGAI VARIABEL INTERVENING. 5(03), 15.
						Sari, R. N. I., & Hadijah, H. S. (2016). PENINGKATAN KINERJA PEGAWAI MELALUI KEPUASAN KERJA DAN DISIPLIN KERJA. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 204. https://doi.org/10.17509/jpm.v1i1.3389
						Sugiyono. (2019). Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
					
		
		
	
							
		
		 DOI: https://doi.org/10.24967/jmms.v4i3.798
 DOI: https://doi.org/10.24967/jmms.v4i3.798	
Article Metrics
 Abstract view : 2645 times
 Abstract view : 2645 times
         PDF (Bahasa Indonesia) : 3074 times
                        PDF (Bahasa Indonesia) : 555 times
                 PDF (Bahasa Indonesia) : 3074 times
                        PDF (Bahasa Indonesia) : 555 times
        
																																		
Refbacks
				- There are currently no refbacks.
					
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
			
Abstract
Komunikasi dirasakan sangat penting dalam segala aspek kehidupan. Komunikasi mampu meningkatkan keharmonisan kerja dalam organisasi dan sebaliknya apabila komunikasi tidak efektif maka koordinasi akan terganggu dan mengakibatkan terganggunya proses pencapaian target dan tujuan dinas.Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui pengaruh komunikasi terhadap kinerja pegawai pada bagian Aspirasi Humas dan Protokol Sekretariat DPRD Provinsi Lampung.Pengumpulan data yang digunakan berupa data primer dan data sekunder. Penelitian ini menggumakan jenis kuantitatif dengan metode analisis regresi linier sederhana.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan quisioner/ daftar pertanyaan. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari jumlah responden sebanyak 30 orang responden pegawai Bagian Aspirasi Humas dan Protokol Sekretariat DPRD Provinsi Lampung. Berdasarkan analisa kuantitatif diperoleh Nilai F hitung sebesar 51,093, kemudian nilai F tabel 3,95, ini berarti F hitung lebih besar dari F tabel, sehingga dapat disimpulkan bahwa Komunikasi berpengaruh terhadap Kinerja pada Bagian Aspirasi Humas dan Protokol Sekretariat DPRD Provinsi Lampung. Persamaan regresi diperoleh bahwa setiap kenaikan satu point dari variabel Komunikasi akan diikuti oleh variabel Kinerja Pegawai sebesar 0,803 point. Kontribusi R Square sebesar 0.645 artinya sebesar 64,50 persen variasi perubahan variabel Komunikasi sedangkan sisanya dijelaskan oleh variabel lain diluar dari variabel penelitian ini.
Keywords
References
Anoraga, P. (2010). Manajemen Bisnis, Edisi Kedua. Rineka Cipta.
Ardiansyah, D. O. (2016). PENGARUH KOMUNIKASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN DENGAN DIMEDIASI OLEH KEPUASAN KERJA. 3, 15.
Damayanti, R., Hanafi, A., & Cahyadi, A. (2018). PENGARUH KEPUASAN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN (STUDI KASUS KARYAWAN NON MEDIS RS ISLAM SITI KHADIJAH PALEMBANG). JEMBATAN, 15(2), 75–86. https://doi.org/10.29259/jmbt.v15i2.6655
Fajar. (2013). Komunikasi Politik Teori, Aplikasi dan Strategi di Indonesia. Mata Padi Pressindo.
Kurniawan, F., & Mardiana, N. (2019). PENGARUH BUDAYA KERJA DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN DENGAN KEPUASAN KERJA SEBAGAI VARIABEL INTERVENING. 5(03), 15.
Sari, R. N. I., & Hadijah, H. S. (2016). PENINGKATAN KINERJA PEGAWAI MELALUI KEPUASAN KERJA DAN DISIPLIN KERJA. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 204. https://doi.org/10.17509/jpm.v1i1.3389
Sugiyono. (2019). Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.


Jurnal Manajemen Mandiri Saburai (JMMS) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
 
 




 
 
 Tiar Mirnasari, Bovie Kawulusan, Ahmad Hudalil
 Tiar Mirnasari, Bovie Kawulusan, Ahmad Hudalil