Pengaruh Kualitas Pelayanan Pajak (Pendaftaran Nomor Pokok Wajib Pajak) Terhadap Kepuasan Wajib Pajak Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Teluk Betung
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pegawai di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Teluk Betung. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan kuesioner sebagai instrumen penelitian. Metode pengumpulan data menggunakan jenis data primer dan data skunder dengan teknik wawancara, observasi dan angket. Dengan menggunakan sensus responden yang digunakan adalah sampel yang berjumlah 50 orang. Metode yang digunakan untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan adalah analisis regresi linier sederhana. Berdasarkan penelitian ditemukan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan pegawai di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Teluk Betung. Agar kualitas pelayanan dan kepuasan pelanggan lebih baik, disarankan Pimpinan dapat meningkatkan pengawasan dan konseling kualitas pelayanan untuk mencegah terjadinya penurunan kepuasan pelanggan.
Keywords
Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)
References
ahiruddin, And Denis Regina Oktavicena. 2017. “Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Restoran Food Festival Di Bandar Lampung.†Jurnal Manajeman Mandiri Saburai 1 No. 1: 8.
Apriyani, Dwi Aliyyah. 2017. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen.†Jurnal Administrasi Bisnis (Jab) 51 No. 2: 7.
Caroko, Bayu, And Heru Susilo. 2015. “Pengaruh Pengetahuan Perpajakan, Kualitas Pelayanan Pajak Dan Sanksi Pajak Terhadap Motivasi Wajib Pajak Orang Pribadi Dalam Membayar Pajak.†Jurnal Perpajakan (Jejak) 1 No. 1: 10.
Eliza, Yulina. 2015. “Analisis Kepuasan Masyarakat Atas Kualitas Pelayanan Kantor Kecamatan Siberut Selatan Kabupaten Kepulauan Mentawai,†9.
Hardiansyah. 2011. Kualitas Pelayanan Publik. Yogyakarta: Gava Media.
Kotler, Philip. 2009. Manajeman Pemasaran. Edisi 13. Jakarta: Erlangga.
Rezha, Fahmi, And Siti Rochmah. 2014. “Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Publik Terhadap Kepuasan Masyarakat (Studi Tentang Pelayanan Perekaman Kartu Tanda Penduduk Elektronik (E-Ktp) Di Kota Depok).†Jurnal Administrasi Publik (Jap), 10.
Sinaga, Juli Omar, And Rahmat Hidayat. 2016. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Masyarakat Dalam Pelaksanaan Program Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (Paten) Di Kecamatan Nongsa Kota Batam.†Jurnal Akuntansi, Ekonomi Dan Manajemen Bisnis, 8.
Sodirin, And Nurmina. 2017. “Pengaruh Kompensasi Terhadap KEPUASAN KERJA PADA DINAS SOSIAL KABUPATEN LAMPUNG BARAT.†Jurnal Manajemen Mandiri Saburai 4. No. 2.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif, R&D. Bandung: CV Alfabeta.
Yuliati, Ai Lili. 2016. “Januar Efendi Panjaitan.†DeReMa Jurnal Manajemen 11 (2): 25.
DOI: https://doi.org/10.24967/jmms.v4i3.747
Article Metrics
Abstract view : 509 times
PDF (Bahasa Indonesia) : 322 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pegawai di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Teluk Betung. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan kuesioner sebagai instrumen penelitian. Metode pengumpulan data menggunakan jenis data primer dan data skunder dengan teknik wawancara, observasi dan angket. Dengan menggunakan sensus responden yang digunakan adalah sampel yang berjumlah 50 orang. Metode yang digunakan untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan adalah analisis regresi linier sederhana. Berdasarkan penelitian ditemukan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan pegawai di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Teluk Betung. Agar kualitas pelayanan dan kepuasan pelanggan lebih baik, disarankan Pimpinan dapat meningkatkan pengawasan dan konseling kualitas pelayanan untuk mencegah terjadinya penurunan kepuasan pelanggan.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
ahiruddin, And Denis Regina Oktavicena. 2017. “Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Restoran Food Festival Di Bandar Lampung.†Jurnal Manajeman Mandiri Saburai 1 No. 1: 8.
Apriyani, Dwi Aliyyah. 2017. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen.†Jurnal Administrasi Bisnis (Jab) 51 No. 2: 7.
Caroko, Bayu, And Heru Susilo. 2015. “Pengaruh Pengetahuan Perpajakan, Kualitas Pelayanan Pajak Dan Sanksi Pajak Terhadap Motivasi Wajib Pajak Orang Pribadi Dalam Membayar Pajak.†Jurnal Perpajakan (Jejak) 1 No. 1: 10.
Eliza, Yulina. 2015. “Analisis Kepuasan Masyarakat Atas Kualitas Pelayanan Kantor Kecamatan Siberut Selatan Kabupaten Kepulauan Mentawai,†9.
Hardiansyah. 2011. Kualitas Pelayanan Publik. Yogyakarta: Gava Media.
Kotler, Philip. 2009. Manajeman Pemasaran. Edisi 13. Jakarta: Erlangga.
Rezha, Fahmi, And Siti Rochmah. 2014. “Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Publik Terhadap Kepuasan Masyarakat (Studi Tentang Pelayanan Perekaman Kartu Tanda Penduduk Elektronik (E-Ktp) Di Kota Depok).†Jurnal Administrasi Publik (Jap), 10.
Sinaga, Juli Omar, And Rahmat Hidayat. 2016. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Masyarakat Dalam Pelaksanaan Program Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (Paten) Di Kecamatan Nongsa Kota Batam.†Jurnal Akuntansi, Ekonomi Dan Manajemen Bisnis, 8.
Sodirin, And Nurmina. 2017. “Pengaruh Kompensasi Terhadap KEPUASAN KERJA PADA DINAS SOSIAL KABUPATEN LAMPUNG BARAT.†Jurnal Manajemen Mandiri Saburai 4. No. 2.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif, R&D. Bandung: CV Alfabeta.
Yuliati, Ai Lili. 2016. “Januar Efendi Panjaitan.†DeReMa Jurnal Manajemen 11 (2): 25.
Jurnal Manajemen Mandiri Saburai (JMMS) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License