Pengaruh Kepuasan Pembeli dan Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Pembeli di MM Pringsewu
Abstract
Loyalitas pembeli adalah keputusan konsumen untuk secara sukarela terus berlangganan dengan perusahaan tertentu dalam jangka waktu yang lama. Tujuan dari penelitian ini adalah ingin mengetahui pengaruh kepuasan pembeli dan kualitas produk secara parsial dan simultan terhadap loyalitas pembeli di MM Pringsewu. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan observasi, kuesioner dan dokumentasi. Sampel dalam penelitian ini sebesar 100 responden yang diambil dengan tehnik accidental sampling. Analisis data menggunakan regresi linear berganda dengan pengujian hipotesis menggunakan uji-t dan uji-F. Hasil analisis data didapat ada pengaruh variabel Kepuasan Pembeli terhadap Loyalitas Pembeli pada MM Pringsewu, dibuktikan dengan nilai thitung 1.927. lebih dari ttabel 1,660. Ada pengaruh Kualitas Produk terhadap Loyalitas Pembeli pada MM Pringsewu, dibuktikan dengan nilai thitung 4.663 lebih dari ttabel 1,660. Ada pengaruh Kepuasan Pembeli dan Kualitas Produk secara bersama-sama terhadap Loyalitas Pembeli pada MM Pringsewu, dibuktikan nilai Fhitung  11.336 lebih dari Ftabel  3.09. Kepuasan Pembeli dan Kualitas Produk memberikan kontribusi secara bersama- sama terhadap Loyalitas Pembeli sebesar 26,8 persen dan sisanya sebesar 18.9 persen dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dikaji dalam penelitian ini.
References
Anderson dan Mittal. (2015). Strengthening and Satisfaction-Profit Chain. Journal of Service Research. Vol.03, No.22.
Arikunto, Suharsimi. (2016). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Buttle. (2014). CRM: Concepts and Tools. Amsterdam: Alveir.
Dwyer dan Tanner. (2014). Business Marketing. Boston: Mc Graw Hill.
Ghozali, Imam. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Griffin, Jill. (2015). Customer Loyality, Menumbuhkan dan Mempertahankan Kesetiaan Pelanggan. Jakarta: Erlangga.
Irawan dan Basu Swasta. (2015). Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Liberty.
Kotler, Philip. (2015). Manajemen Pemasaran. Edisi Milenium Jilid 2. Jakarta: Prehallindo.
Schiffman dan Kanuk. (2015). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: CV Alfabeta.
. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif R&D. Bandung: CV Alfabeta.
Sujarweni. 2014. Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru.
DOI: https://doi.org/10.24967/jmms.v4i1.596
Article Metrics
Abstract view : 1206 times
PDF (Bahasa Indonesia) : 439 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Abstract
Loyalitas pembeli adalah keputusan konsumen untuk secara sukarela terus berlangganan dengan perusahaan tertentu dalam jangka waktu yang lama. Tujuan dari penelitian ini adalah ingin mengetahui pengaruh kepuasan pembeli dan kualitas produk secara parsial dan simultan terhadap loyalitas pembeli di MM Pringsewu. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan observasi, kuesioner dan dokumentasi. Sampel dalam penelitian ini sebesar 100 responden yang diambil dengan tehnik accidental sampling. Analisis data menggunakan regresi linear berganda dengan pengujian hipotesis menggunakan uji-t dan uji-F. Hasil analisis data didapat ada pengaruh variabel Kepuasan Pembeli terhadap Loyalitas Pembeli pada MM Pringsewu, dibuktikan dengan nilai thitung 1.927. lebih dari ttabel 1,660. Ada pengaruh Kualitas Produk terhadap Loyalitas Pembeli pada MM Pringsewu, dibuktikan dengan nilai thitung 4.663 lebih dari ttabel 1,660. Ada pengaruh Kepuasan Pembeli dan Kualitas Produk secara bersama-sama terhadap Loyalitas Pembeli pada MM Pringsewu, dibuktikan nilai Fhitung  11.336 lebih dari Ftabel  3.09. Kepuasan Pembeli dan Kualitas Produk memberikan kontribusi secara bersama- sama terhadap Loyalitas Pembeli sebesar 26,8 persen dan sisanya sebesar 18.9 persen dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dikaji dalam penelitian ini.
References
Anderson dan Mittal. (2015). Strengthening and Satisfaction-Profit Chain. Journal of Service Research. Vol.03, No.22.
Arikunto, Suharsimi. (2016). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Buttle. (2014). CRM: Concepts and Tools. Amsterdam: Alveir.
Dwyer dan Tanner. (2014). Business Marketing. Boston: Mc Graw Hill.
Ghozali, Imam. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Griffin, Jill. (2015). Customer Loyality, Menumbuhkan dan Mempertahankan Kesetiaan Pelanggan. Jakarta: Erlangga.
Irawan dan Basu Swasta. (2015). Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Liberty.
Kotler, Philip. (2015). Manajemen Pemasaran. Edisi Milenium Jilid 2. Jakarta: Prehallindo.
Schiffman dan Kanuk. (2015). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: CV Alfabeta.
. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif R&D. Bandung: CV Alfabeta.
Sujarweni. 2014. Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru.

Jurnal Manajemen Mandiri Saburai (JMMS) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
