Analisis Strategi Pemasaran Dalam Rangka Meningkatkan Kualitas Pelayanan Terhadap Jamaah Umroh Pada PT. Daanish Mika Salsa Di Bandar Lampung

Iwan Zulfikar, Andika Palewa

Abstract


Saat ini, semakin banyak pesaing dalam hal biro perjalanan dan semakin banyak pula biro-biro yang menawarkan berbagai fasilitas pelayanan yang disediakan, para calon jamaah haji dan umroh bisa memilah-milah biro mana yang terbaik dalam pelayanannya. Sebagai salah satu biro perjalanan ibadah umroh, PT. Daanish Mika Salsa dituntut untuk memberikan pelayanan dengan kualitas terbaik, sehingga diperlukan strategi-strategi guna meningkatkan pelayanan kepada jamaah. Tujuanpenelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana proses pelayanan terhadap jamaah umroh di PT. Daanish Mika Salsa, untuk mengetahui strategi apa saja yang dilakukan oleh PT. Daanish Mika Salsa dalam meningkatkan kualitas pelayanan terhadap jamaah umroh, dan untuk mengetahui strategi apakah yang paling efektif yang dilakukan  PT. Daanish Mika Salsa dalam meningkatkan kualitas pelayanan terhadap jamaah umroh. Metode penelitian yang digunakan di dalam penelitian ini adalah metode analisis data secara kualitatif, yaitu dengan menafsirkan, menginterprestasikan, dan mengklasifikasikan dengan menggunakan kerangka teori dan kerangka konsep yang bersumber dari data primer yaitu wawancara maupun data sekunder yaitu jumlah jamaah umroh, menggunakan teknik pengumpulan data studi kepustakaan dan studi lapangan seperti observasi, interview dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah PT. Daanish Mika Salsa melakukan segala sesuatunya sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan oleh perusahaan guna meningkatkan pelayanan kepada jamaah.Strategi yang dilakukan dalam meningkatkan kualitas pelayanan adalah dengan menggunakan strategi Produk,  Price atau Harga harga, Place Tempat, Promotion Promosi, serta kerja sama dengan travel lain yang sejenis. Strategi yang dilakukan tidak semata untuk meraih keuntungan, tetapi juga sebagai sarana dalam peningkatan kulaitas pelayanan kepada jamaah.Strategi yang paling efektif dilakukan adalah strategi promosi, karena terbukti mampu menaikkan jumlah jamaah melebihi target dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.


References


Kamilina, Rodhiyah, dkk. 2014. Penerapan Promotional Mix Pada Biro Perjalanan Umroh/Haji Shafira Tour and Travel Surabaya. Jurnal Ekonomi dan Bisnis. Surabaya: Univesitas Airlangga

Kasmir. 2005. Etika Customer Service. Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada.

Lamazio, M. Aziz. 2013. Strategi Promosi Jasa Perjalanan Haji dan Umroh Melalui Media Website. Jurnal Manajemen Dakwah. Semarang: , Univesitas Islam Negeri Walisongo.

Onang, Uchayana. 1992. Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung: PT. Rosda Karya.

Setiyawan, Hari Purwo. 2001. Manajemen Strategi. Lembaga Penerbitan. Jakarta: FEUI.

Suharsimi, Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Nitisemito, Alex S. 2010. Manajemen Personalia: Manajemen Sumber Daya Manusia, Ed. 3. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Sedarmayanti .2011. Sumber Daya Manusia dan Produktivitas Kerja. Bandung:Mandar Maju.

Syadam, Gauzali.2015. Manajemen Personalia Suatu Pendekatan Makro. Jakarta: Djambatan.

Veithzal Rivai & Ahmad Fauzi .2015. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Raja Grafindo Persada.




DOI: https://doi.org/10.24967/jmms.v3i01.562

Article Metrics

Abstract view : 1548 times
PDF (Bahasa Indonesia) : 841 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
Jurnal Manajemen Mandiri Saburai (JMMS) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License