Pengaruh Harga dan Pemasaran Media Online Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Aplikasi Traveloka (Studi Kasus Mahasiswa Universitas Sang Bumi Ruwa Jurai)

Otti Ilham Firmansyah, Trisnowati Josiah, Novalia Novalia

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah melihat pengaruh Harga dan Pemasaran Media Online terhadap Kepuasan Konsumen pada Mahasiswa Universitas Sang Bumi Ruwa Jurai. Metode analisis dalam topik yang digunakan ialah metode deskriptif analisis kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di universitas sang bumi ruwa jurai dengan studi kasusnya yaitu mahasiswa universitas sang bumi ruwa jurai dengan teknik survei yang berjumlah sebanyak 94 responden. Berdasarkan hasil uji F hipotesis didapatkan nilai Fhitung (36,533) lebih dari Ftabel (3,10) dan signifikan 0,000 yang berarti nilai signifikan lebih kecil dari 0,5 maka artinya variabel bebas dari penelitian yang meliputi variabel harga dan pemasaran media online berpengaruh terhadap kepuasan konsumen. Dengan demikian persamaan model regresi layak digunakan. Pada pembahasan ini menunjukan hasil bahwa harga dan promosi media online berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Penelitian ini berkesimpulan bahwa untuk mendapatkan kepuasan dari konsumen dilakukan dnegan mengoptimalkan kebijakan Harga yang sesuai serta meningkatkan pemasaran media online yang luas.

Keywords


Harga; Pemasaran Media Online; Kepuasan Konsumen

References


Anggraini, F., & Budiarti, A. (2020). Pengaruh harga, promosi, dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan dimediasi kepuasan pelanggan pada konsumen gojek. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 8(3), 86–94.

Astuti, C. W. (2022). Pengaruh Social Media Marketing dan Brand Trust Terhadap Minat Beli Ulang dengan Kepuasan Pelanggan sebagai Variabel Intervening. Journal of Advances in Digital Business and Entrepreneurship, 1(02), 33–49.

Hernikasari, I., Ali, H., & Hadita, H. (2022). Model Citra Merek Melalui Kepuasan Pelanggan Bear Brand: Harga Dan Kualitas Produk. Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 3(3), 329–346.

Julianti, J., Hak, N., & Shar, A. (2023). Analisis Marketing Mix Syariah Pada Hotel Qieran Syariah Kota Bengkulu. EKOMBIS REVIEW: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 11(2), 1639–1650.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2016). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Erlangga.
Kristianti, T., & Rivai, A. R. (2018). Pengaruh persepsi harga, kualitas produk dan kualitas layanan terhadap kepuasan pelanggan pada Warunk Upnormal Semarang. Jurnal Ilmiah Telaah Manajemen, 15(2).

Mayasari, R., & Isa, I. G. T. (2021). Geliat Technopreneurship (Kewirausahaan Berbasis Teknologi): Buku Ajar Penuntun Perkuliahan Kewirausahaan. Penerbit NEM.

Nursani, N., Arifin, R., & Hufron, M. (2019). Analisis Pengaruh Kepercayaan, Keamanan, Harga, Kualitas Pelayanan, Dan Persepsi Akan Resiko Terhadap Keputusan Pembelian Pada Konsumen E-Commerce Melalui Shopee (Studi Pada Mahasiswa Unisma). E-JRM: Elektronik Jurnal Riset Manajemen, 8(09).

Sari, R. F., & Marlius, D. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Kepuasan Konsumen pada D’sruput Lapai Padang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 1801–1812.

Sinaga, A., & Sitanggang, S. S. D. (2020). Pengaruh Harga, Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Coffeenatics Medan. Jurnal Riset Akuntansi & Keuangan, 6(1), 119–144. https://doi.org/10.54367/jrak.v6i1.855

Soesanto, E., Damayanti, V., Samuel, I., & Bramley, H. (2023). Tinjauan Mengenai Sistem Informasi Dan Keamanan Informasi Pada PT Trinusa Travelindo. Cross-Border, 6(2), 967–976.

Widhiyanto, F. (2022). Traveloka Usung Tagline Baru, “Life, Your Way.” https://investor.id/business/315576/traveloka-usung-tagline-baru-39life-your-way39

Widyawati, S., & Faeni, R. P. (2021). Pengaruh marketing online, kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan konsumen Hotel Borobudur. Reviu Akuntansi, Manajemen, Dan Bisnis, 1(1), 15–19.




DOI: https://doi.org/10.24967/jmms.v8i4.3839

Article Metrics

Abstract view : 584 times
PDF (Bahasa Indonesia) : 293 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Jurnal Manajemen Mandiri Saburai (JMMS) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License