Pengaruh Literasi Keuangan dan Sikap Keuangan Terhadap Minat Menggunakan Paylater Melalui Motivasi Hedonis pada Mahasiswa Akuntansi Universitas Ahmad Dahlan

Alfin Hadi, Aulia Diana Putri, Nasywa Naila Kirana Putri, Putri Nurmalita

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh literasi keuangan dan sikap keuangan terhadap minat penggunaan layanan paylater dengan motivasi hedonis sebagai variabel mediasi pada mahasiswa Akuntansi Universitas Ahmad Dahlan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif yang menggunakan data primer berupa kuesioner yang disebarkan secara online melalui google form. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan metode non-random sampling, yaitu sebagian dari Mahasiswa Akuntansi Universitas Ahmad Dahlan yang menggunakan layanan paylater berjumlah 32 sampel. Proses analisis data melibatkan uji validitas, uji reliabilitas, uji regresi linier berganda, dan uji R2. Data yang telah didapatkan dianalisis dengan  metode Partial Least Square (PLS) menggunakan software SmartPLS. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa literasi keuangan yang dimiliki oleh Mahasiswa Akuntansi Universitas Ahmad Dahlan tidak berpengaruh secara signifikan terhadap minat mereka dalam menggunaan layanan paylater melalui motivasi hedonis sebagai variabel mediasi. Sedangkan untuk variabel sikap keuangan, ia berpengaruh secara signifikan terhadap minat penggunaan layanan paylater melalui motivasi hedonis sebagai variabel mediasi.

Keywords


Literasi Keuangan; Sikap Keuangan; Motivasi Hedonis; Paylater

References


Abdillah, W., & Hartono, J. (2015). Partial Least Square (PLS) Alternatif Structural Equation Modeling (SEM) Dalam Penelitian Bisnis. Penerbit Andi.

Andansari, P. I. (2018). Pengaruh Financial Attitude dan Lingkungan Sosial Terhadap Literasi Keuangan Mahasiswa. Ecodunamika, 1(1), 1–7.

Baron, R. M., & Kenny, D. A. (1986). The Moderator-Mediator Variable Distinction in Social Psychological Research: Conceptual, Strategic, and Statistical Considerations. Journal of Personality and Social Psychology, 51(6), 1173–1182.

Chin, W. W., Gopal, A., & Salisbury, W. D. (1997). Advancing the theory of adaptive structuration: The development of a scale to measure faithfulness of appropriation. Information Systems Research, 8(4), 342–367.

Eviana, V., & Saputra, A. J. (2022). Analisis Faktor-Faktor yang Memengaruhi Minat Penggunaan Sistem Pembayaran Pay Later. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 1968–1977.

Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23 (8th ed.). Badan Penerbit Universitas Diponogoro.

Hair, J. F. J., Black, W. C., Babin, B. J., Anderson, R. E., & Tatham, R. L. (2008). Multivariate Data Analysis (6th ed.). Pearson Prentice.

Haryono, S. (2017). Metode SEM Untuk Penelitian Manjemen AMOS, LISREL, PLS. Luxima Metro Media.

Herdjiono, M. V. I., & Damanik, L. A. (2016). Pengaruh Financial Attitude, Financial Knowledge, Parental Income Terhadap Financial Management Behavior. Jurnal Manajemen Teori Dan Terapan, 9(3), 226–241. https://doi.org/10.20473/jmtt.v9i3.3077

Hibban, A., & Utami, F. N. (2022). Pengaruh Persepsi Kemudahan dan Persepsi Keamanan Terhadap Niat Menggunakan Pada Shopee Paylater di Jakarta. E-Proceeding of Management, 9(2), 1306–1312.

Jati, W. R. (2015). Less Cash Society: Menakar Mode Konsumerisme Baru Kelas Menengah Indonesia. Jurnal Sosioteknologi, 14(2), 102–112.

Karimah, D. Z. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Motivasi Hedonis, Brand Image, dan Customer Attitudes Terhadap Keputusan Pembelian Produk Ms Glow. Universitas Muhammadiyah Purwokerto.

Manik, Y. M., & Dalimunthe, M. B. (2019). Literasi Keuangan dan Pengaruhnya Terhadap Hedonisme Mahasiswa. Jurnal Promosi Program Studi Pendidikan Ekonomi, 7(2), 66–76. https://doi.org/10.24127/pro.v7i2.2681

Nuryani, N., & Martini, N. (2020). Pengaruh Motivasi Hedonis Dan Keterlibatan Fashion Terhadap Pembelian Impulsif Secara Online di Instagram. Jurnal Ekonomi Manajemen, 6(2), 108–115. https://doi.org/10.37058/jem.v6i2.2067

Pankow, D. (2021). Financial Values, Attitudes and Goals. NDSU (North Dakota State University).

Pranggabayu, B., & Andjarwati, A. L. (2022). Pengaruh Hedonic Shopping Motivation Dan Store Atmsophere Terhadap Impulsive Buying (Studi Pada Pengunjung Miniso Tunjungan Plaza). SIBATIK JOURNAL: Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya, Teknologi, Dan Pendidikan, 1(6), 951–966.

Putri, N. M. E., & Andarini, S. (2022). Pengaruh Self Control dan Financial Attitude terhadap Financial Management Behavior pengguna Layanan Buy Now Pay Later. Jurnal Ekonomi Akuntansi Dan Manajemen, 21(1), 60–74.

Sekaran, U., & Bougie, R. (2017). Metode Penelitian Untuk Bisnis : Pendekatan Pengembangan - Keahlian. Salemba Empat.

Silalahi, R. Y. B. (2020). Pengaruh literasi keuangan dan gaya hidup terhadap perilaku konsumtif berbelanja online. Khazanah Ilmu Berazam, 3(2), 191–200.

Sugiharti, H., & Maula, K. A. (2019). Pengaruh Literasi Keuangan Terhadap Perilaku Pengelolaan Keuangan Mahasiswa. Accounthink: Journal of Accounting and Finance, 4(2), 804–818. https://doi.org/10.35706/acc.v4i2.2208

Upadana, I. W. Y. A., & Herawati, N. T. (2020). Pengaruh Literasi Keuangan dan Perilaku Keuangan Terhadap Keputusan Investasi Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Humanika, 10(2), 126–135.

Winarta, A. H., Djajadikerta, H., & Wirawan, S. (2019). Pengaruh Literasi Keuangan Dan Promosi Penjualan Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa. Journal of Accounting and Business Studies, 4(2).




DOI: https://doi.org/10.24967/jmms.v8i4.3834

Article Metrics

Abstract view : 961 times
PDF (Bahasa Indonesia) : 589 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Jurnal Manajemen Mandiri Saburai (JMMS) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License