Pengaruh Literasi Keuangan dan Sikap Keuangan Terhadap Minat Menggunakan Paylater Melalui Motivasi Hedonis pada Mahasiswa Akuntansi Universitas Ahmad Dahlan
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh literasi keuangan dan sikap keuangan terhadap minat penggunaan layanan paylater dengan motivasi hedonis sebagai variabel mediasi pada mahasiswa Akuntansi Universitas Ahmad Dahlan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif yang menggunakan data primer berupa kuesioner yang disebarkan secara online melalui google form. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan metode non-random sampling, yaitu sebagian dari Mahasiswa Akuntansi Universitas Ahmad Dahlan yang menggunakan layanan paylater berjumlah 32 sampel. Proses analisis data melibatkan uji validitas, uji reliabilitas, uji regresi linier berganda, dan uji R2. Data yang telah didapatkan dianalisis dengan metode Partial Least Square (PLS) menggunakan software SmartPLS. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa literasi keuangan yang dimiliki oleh Mahasiswa Akuntansi Universitas Ahmad Dahlan tidak berpengaruh secara signifikan terhadap minat mereka dalam menggunaan layanan paylater melalui motivasi hedonis sebagai variabel mediasi. Sedangkan untuk variabel sikap keuangan, ia berpengaruh secara signifikan terhadap minat penggunaan layanan paylater melalui motivasi hedonis sebagai variabel mediasi.
Keywords
Literasi Keuangan; Sikap Keuangan; Motivasi Hedonis; Paylater
References
Abdillah, W., & Hartono, J. (2015). Partial Least Square (PLS) Alternatif Structural Equation Modeling (SEM) Dalam Penelitian Bisnis. Penerbit Andi.
Andansari, P. I. (2018). Pengaruh Financial Attitude dan Lingkungan Sosial Terhadap Literasi Keuangan Mahasiswa. Ecodunamika, 1(1), 1–7.
Baron, R. M., & Kenny, D. A. (1986). The Moderator-Mediator Variable Distinction in Social Psychological Research: Conceptual, Strategic, and Statistical Considerations. Journal of Personality and Social Psychology, 51(6), 1173–1182.
Chin, W. W., Gopal, A., & Salisbury, W. D. (1997). Advancing the theory of adaptive structuration: The development of a scale to measure faithfulness of appropriation. Information Systems Research, 8(4), 342–367.
Eviana, V., & Saputra, A. J. (2022). Analisis Faktor-Faktor yang Memengaruhi Minat Penggunaan Sistem Pembayaran Pay Later. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 1968–1977.
Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23 (8th ed.). Badan Penerbit Universitas Diponogoro.
Hair, J. F. J., Black, W. C., Babin, B. J., Anderson, R. E., & Tatham, R. L. (2008). Multivariate Data Analysis (6th ed.). Pearson Prentice.
Haryono, S. (2017). Metode SEM Untuk Penelitian Manjemen AMOS, LISREL, PLS. Luxima Metro Media.
Herdjiono, M. V. I., & Damanik, L. A. (2016). Pengaruh Financial Attitude, Financial Knowledge, Parental Income Terhadap Financial Management Behavior. Jurnal Manajemen Teori Dan Terapan, 9(3), 226–241. https://doi.org/10.20473/jmtt.v9i3.3077
Hibban, A., & Utami, F. N. (2022). Pengaruh Persepsi Kemudahan dan Persepsi Keamanan Terhadap Niat Menggunakan Pada Shopee Paylater di Jakarta. E-Proceeding of Management, 9(2), 1306–1312.
Jati, W. R. (2015). Less Cash Society: Menakar Mode Konsumerisme Baru Kelas Menengah Indonesia. Jurnal Sosioteknologi, 14(2), 102–112.
Karimah, D. Z. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Motivasi Hedonis, Brand Image, dan Customer Attitudes Terhadap Keputusan Pembelian Produk Ms Glow. Universitas Muhammadiyah Purwokerto.
Manik, Y. M., & Dalimunthe, M. B. (2019). Literasi Keuangan dan Pengaruhnya Terhadap Hedonisme Mahasiswa. Jurnal Promosi Program Studi Pendidikan Ekonomi, 7(2), 66–76. https://doi.org/10.24127/pro.v7i2.2681
Nuryani, N., & Martini, N. (2020). Pengaruh Motivasi Hedonis Dan Keterlibatan Fashion Terhadap Pembelian Impulsif Secara Online di Instagram. Jurnal Ekonomi Manajemen, 6(2), 108–115. https://doi.org/10.37058/jem.v6i2.2067
Pankow, D. (2021). Financial Values, Attitudes and Goals. NDSU (North Dakota State University).
Pranggabayu, B., & Andjarwati, A. L. (2022). Pengaruh Hedonic Shopping Motivation Dan Store Atmsophere Terhadap Impulsive Buying (Studi Pada Pengunjung Miniso Tunjungan Plaza). SIBATIK JOURNAL: Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya, Teknologi, Dan Pendidikan, 1(6), 951–966.
Putri, N. M. E., & Andarini, S. (2022). Pengaruh Self Control dan Financial Attitude terhadap Financial Management Behavior pengguna Layanan Buy Now Pay Later. Jurnal Ekonomi Akuntansi Dan Manajemen, 21(1), 60–74.
Sekaran, U., & Bougie, R. (2017). Metode Penelitian Untuk Bisnis : Pendekatan Pengembangan - Keahlian. Salemba Empat.
Silalahi, R. Y. B. (2020). Pengaruh literasi keuangan dan gaya hidup terhadap perilaku konsumtif berbelanja online. Khazanah Ilmu Berazam, 3(2), 191–200.
Sugiharti, H., & Maula, K. A. (2019). Pengaruh Literasi Keuangan Terhadap Perilaku Pengelolaan Keuangan Mahasiswa. Accounthink: Journal of Accounting and Finance, 4(2), 804–818. https://doi.org/10.35706/acc.v4i2.2208
Upadana, I. W. Y. A., & Herawati, N. T. (2020). Pengaruh Literasi Keuangan dan Perilaku Keuangan Terhadap Keputusan Investasi Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Humanika, 10(2), 126–135.
Winarta, A. H., Djajadikerta, H., & Wirawan, S. (2019). Pengaruh Literasi Keuangan Dan Promosi Penjualan Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa. Journal of Accounting and Business Studies, 4(2).
DOI: https://doi.org/10.24967/jmms.v8i4.3834
Article Metrics
Abstract view : 961 times
PDF (Bahasa Indonesia) : 589 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Abstract
Keywords
References
Abdillah, W., & Hartono, J. (2015). Partial Least Square (PLS) Alternatif Structural Equation Modeling (SEM) Dalam Penelitian Bisnis. Penerbit Andi.
Andansari, P. I. (2018). Pengaruh Financial Attitude dan Lingkungan Sosial Terhadap Literasi Keuangan Mahasiswa. Ecodunamika, 1(1), 1–7.
Baron, R. M., & Kenny, D. A. (1986). The Moderator-Mediator Variable Distinction in Social Psychological Research: Conceptual, Strategic, and Statistical Considerations. Journal of Personality and Social Psychology, 51(6), 1173–1182.
Chin, W. W., Gopal, A., & Salisbury, W. D. (1997). Advancing the theory of adaptive structuration: The development of a scale to measure faithfulness of appropriation. Information Systems Research, 8(4), 342–367.
Eviana, V., & Saputra, A. J. (2022). Analisis Faktor-Faktor yang Memengaruhi Minat Penggunaan Sistem Pembayaran Pay Later. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 1968–1977.
Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23 (8th ed.). Badan Penerbit Universitas Diponogoro.
Hair, J. F. J., Black, W. C., Babin, B. J., Anderson, R. E., & Tatham, R. L. (2008). Multivariate Data Analysis (6th ed.). Pearson Prentice.
Haryono, S. (2017). Metode SEM Untuk Penelitian Manjemen AMOS, LISREL, PLS. Luxima Metro Media.
Herdjiono, M. V. I., & Damanik, L. A. (2016). Pengaruh Financial Attitude, Financial Knowledge, Parental Income Terhadap Financial Management Behavior. Jurnal Manajemen Teori Dan Terapan, 9(3), 226–241. https://doi.org/10.20473/jmtt.v9i3.3077
Hibban, A., & Utami, F. N. (2022). Pengaruh Persepsi Kemudahan dan Persepsi Keamanan Terhadap Niat Menggunakan Pada Shopee Paylater di Jakarta. E-Proceeding of Management, 9(2), 1306–1312.
Jati, W. R. (2015). Less Cash Society: Menakar Mode Konsumerisme Baru Kelas Menengah Indonesia. Jurnal Sosioteknologi, 14(2), 102–112.
Karimah, D. Z. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Motivasi Hedonis, Brand Image, dan Customer Attitudes Terhadap Keputusan Pembelian Produk Ms Glow. Universitas Muhammadiyah Purwokerto.
Manik, Y. M., & Dalimunthe, M. B. (2019). Literasi Keuangan dan Pengaruhnya Terhadap Hedonisme Mahasiswa. Jurnal Promosi Program Studi Pendidikan Ekonomi, 7(2), 66–76. https://doi.org/10.24127/pro.v7i2.2681
Nuryani, N., & Martini, N. (2020). Pengaruh Motivasi Hedonis Dan Keterlibatan Fashion Terhadap Pembelian Impulsif Secara Online di Instagram. Jurnal Ekonomi Manajemen, 6(2), 108–115. https://doi.org/10.37058/jem.v6i2.2067
Pankow, D. (2021). Financial Values, Attitudes and Goals. NDSU (North Dakota State University).
Pranggabayu, B., & Andjarwati, A. L. (2022). Pengaruh Hedonic Shopping Motivation Dan Store Atmsophere Terhadap Impulsive Buying (Studi Pada Pengunjung Miniso Tunjungan Plaza). SIBATIK JOURNAL: Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya, Teknologi, Dan Pendidikan, 1(6), 951–966.
Putri, N. M. E., & Andarini, S. (2022). Pengaruh Self Control dan Financial Attitude terhadap Financial Management Behavior pengguna Layanan Buy Now Pay Later. Jurnal Ekonomi Akuntansi Dan Manajemen, 21(1), 60–74.
Sekaran, U., & Bougie, R. (2017). Metode Penelitian Untuk Bisnis : Pendekatan Pengembangan - Keahlian. Salemba Empat.
Silalahi, R. Y. B. (2020). Pengaruh literasi keuangan dan gaya hidup terhadap perilaku konsumtif berbelanja online. Khazanah Ilmu Berazam, 3(2), 191–200.
Sugiharti, H., & Maula, K. A. (2019). Pengaruh Literasi Keuangan Terhadap Perilaku Pengelolaan Keuangan Mahasiswa. Accounthink: Journal of Accounting and Finance, 4(2), 804–818. https://doi.org/10.35706/acc.v4i2.2208
Upadana, I. W. Y. A., & Herawati, N. T. (2020). Pengaruh Literasi Keuangan dan Perilaku Keuangan Terhadap Keputusan Investasi Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Humanika, 10(2), 126–135.
Winarta, A. H., Djajadikerta, H., & Wirawan, S. (2019). Pengaruh Literasi Keuangan Dan Promosi Penjualan Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa. Journal of Accounting and Business Studies, 4(2).

Jurnal Manajemen Mandiri Saburai (JMMS) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
