Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Rizki Kacamata di Bandar Lampung
	
	
			
		Abstract
		
		Dalam industri ritel optik, keputusan pembelian konsumen dipengaruhi oleh berbagai faktor, termasuk kualitas produk dan strategi harga yang diterapkan oleh perusahaan. Memahami faktor-faktor ini menjadi penting bagi pelaku usaha untuk meningkatkan daya saing. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas produk dan harga terhadap keputusan pembelian konsumen di Rizki Kacamata, Bandar Lampung. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan analisis regresi linier berganda. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan wawancara. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen Rizki Kacamata yang pernah membeli produk, didapat 50 responden yang dipilih menggunakan metode purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas produk dan harga secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, dengan koefisien determinasi sebesar 88 persen, sedangkan 12 persen dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian. Penelitian ini memberikan implikasi bagi manajemen Rizki Kacamata untuk meningkatkan daya saing melalui strategi penetapan harga yang kompetitif dan peningkatan kualitas produk.
		
		
	
			
		Keywords
		
		Kualitas Produk; Harga; Keputusan Pembelian; Ritel Optik
		
		
	
				
			
	
			
		References
		
		
						Anam, C., Istiqomah, I. W., & Husna, P. I. A. (2022). Pengaruh Gaya Hidup Konsumen, Kualitas Produk, Ekuitas Merek Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Pada Eiger Mojokerto. Margin Eco, 6(1), 1–14.
						Anggraini, E. I. (2019). Pengaruh kualitas produk dan harga Terhadap keputusan pembelian (Survei pada pembeli yang juga menggunakan kosmetik wardah di counter wardah matahari department store Malang town Square). Universitas Brawijaya.
						Bao, Y., Bao, Y., & Sheng, S. (2011). Motivating purchase of private brands: Effects of store image, product signatureness, and quality variation. Journal of Business Research, 64(2), 220–226.
						Daga, R. (2019). Pengaruh kualitas layanan dan kualitas produk tabunganku terhadap kepuasan nasabah pada pt. Bank sulselbar kantor cabang belopa. Akmen Jurnal Ilmiah, 16(1).
						Dahmiri, D., Bhayangkari, S. K. W., & Khalik, I. (2021). Pengaruh kualitas produk dan inovasi terhadap keunggulan bersaing UMKM kuliner di masa pandemi covid-19. Ekonomis: Journal of Economics and Business, 5(2), 434–438.
						Edriani, D. (2021). Pengaruh persepsi harga dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian konsumen. Jurnal Ekobistek, 20(2), 132–135.
						Firatmadi, A. (2017). Pengaruh kualitas pelayanan dan persepsi harga terhadap kepuasan pelanggan serta dampaknya terhadap loyalitas pelanggan. Journal of Business Studies, 2(2), 80–105.
						Gofur, A. (2019). Pengaruh kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan pelanggan. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 4(1), 37–44.
						Istiyanto, B., & Nugroho, L. (2017). Analisis pengaruh Brand Image, Harga, dan Kualitas Produk terhadap keputusan pembelian mobil (studi kasus mobil LCGC di Surakarta). Eksis: Jurnal Riset Ekonomi Dan Bisnis, 12(1).
						Laila, U., Khasanah, Y., Nurhayati, R., Ariani, D., Istiqomah, L., Widiastuti, W., & Kurniadi, M. (2019). Kontrol konsistensi mutu dan kandungan aflatoksin produk kacang tanah sangrai melalui standardisasi proses produksi. Jurnal Riset Teknologi Industri, 13(2), 146.
						Sono, M. G., Assayuti, A. A., & Rukmana, A. Y. (2023). Hubungan Antara Perencanaan Strategis, Ekspansi Pasar, Keunggulan Kompetitif Terhadap Pertumbuhan Perusahaan Fashion di Jawa Barat. Jurnal Bisnis Dan Manajemen West Science, 2(02), 142–152.
						Sundalangi, M., Mandey, S. L., & Jorie, R. J. (2014). Kualitas Produk, Daya Tarik Iklan, Dan Potongan Harga Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Pizza Hut Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 2(1).
						Yani, A. S., & Aslamiyah, D. N. (2022). Pengaruh Keunggulan Sistem Operasi Smartphone Dan Layanan Purna Jual Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan Yang Dimoderasi Oleh Kualitas Produk. CAPITAL: Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 5(2), 103–126.
					
		
		
	
							
		
		 DOI: https://doi.org/10.24967/jmms.v8i4.3830
 DOI: https://doi.org/10.24967/jmms.v8i4.3830	
Article Metrics
 Abstract view : 681 times
 Abstract view : 681 times
         PDF (Bahasa Indonesia) : 327 times
                 PDF (Bahasa Indonesia) : 327 times
        
																			
Refbacks
				- There are currently no refbacks.
					
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
			
Abstract
Keywords
References
Anam, C., Istiqomah, I. W., & Husna, P. I. A. (2022). Pengaruh Gaya Hidup Konsumen, Kualitas Produk, Ekuitas Merek Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Pada Eiger Mojokerto. Margin Eco, 6(1), 1–14.
Anggraini, E. I. (2019). Pengaruh kualitas produk dan harga Terhadap keputusan pembelian (Survei pada pembeli yang juga menggunakan kosmetik wardah di counter wardah matahari department store Malang town Square). Universitas Brawijaya.
Bao, Y., Bao, Y., & Sheng, S. (2011). Motivating purchase of private brands: Effects of store image, product signatureness, and quality variation. Journal of Business Research, 64(2), 220–226.
Daga, R. (2019). Pengaruh kualitas layanan dan kualitas produk tabunganku terhadap kepuasan nasabah pada pt. Bank sulselbar kantor cabang belopa. Akmen Jurnal Ilmiah, 16(1).
Dahmiri, D., Bhayangkari, S. K. W., & Khalik, I. (2021). Pengaruh kualitas produk dan inovasi terhadap keunggulan bersaing UMKM kuliner di masa pandemi covid-19. Ekonomis: Journal of Economics and Business, 5(2), 434–438.
Edriani, D. (2021). Pengaruh persepsi harga dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian konsumen. Jurnal Ekobistek, 20(2), 132–135.
Firatmadi, A. (2017). Pengaruh kualitas pelayanan dan persepsi harga terhadap kepuasan pelanggan serta dampaknya terhadap loyalitas pelanggan. Journal of Business Studies, 2(2), 80–105.
Gofur, A. (2019). Pengaruh kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan pelanggan. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 4(1), 37–44.
Istiyanto, B., & Nugroho, L. (2017). Analisis pengaruh Brand Image, Harga, dan Kualitas Produk terhadap keputusan pembelian mobil (studi kasus mobil LCGC di Surakarta). Eksis: Jurnal Riset Ekonomi Dan Bisnis, 12(1).
Laila, U., Khasanah, Y., Nurhayati, R., Ariani, D., Istiqomah, L., Widiastuti, W., & Kurniadi, M. (2019). Kontrol konsistensi mutu dan kandungan aflatoksin produk kacang tanah sangrai melalui standardisasi proses produksi. Jurnal Riset Teknologi Industri, 13(2), 146.
Sono, M. G., Assayuti, A. A., & Rukmana, A. Y. (2023). Hubungan Antara Perencanaan Strategis, Ekspansi Pasar, Keunggulan Kompetitif Terhadap Pertumbuhan Perusahaan Fashion di Jawa Barat. Jurnal Bisnis Dan Manajemen West Science, 2(02), 142–152.
Sundalangi, M., Mandey, S. L., & Jorie, R. J. (2014). Kualitas Produk, Daya Tarik Iklan, Dan Potongan Harga Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Pizza Hut Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 2(1).
Yani, A. S., & Aslamiyah, D. N. (2022). Pengaruh Keunggulan Sistem Operasi Smartphone Dan Layanan Purna Jual Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan Yang Dimoderasi Oleh Kualitas Produk. CAPITAL: Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 5(2), 103–126.


Jurnal Manajemen Mandiri Saburai (JMMS) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
 
 




 
 
 Nadhio Alghifari, Ahiruddin Ahiruddin, Kuswarak Kuswarak
 Nadhio Alghifari, Ahiruddin Ahiruddin, Kuswarak Kuswarak