Pengaruh Promosi, Iklan Dan Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Produk Ms Glow Di Lampung

rasyidah al ganiyati

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh promosi, iklan dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pada produk Ms. Glow di Lampung. Penelitian dilakukan menggunakan metode survei dengan pembagian kuesioner kepada pengguna produk Ms Glow di wilayah Lampung, dengan mencari korelasi antara variabel independen dan variabel dependen. Strategi penelitian yang digunakan yaitu strategi asosiatif. Populasi pada penelitian ini adalah pengguna produk Ms. Glow yang ada di wilayah Lampung. Sampel yang diambil sebanyak 38 sampel dengan kriteria yaitu konsumen yang menggunakan produk Ms. Glow di Lampung dengan jumlah sebanyak 24 (63,2%) perempuan dan sebanyak 14 (36,8%) laki-laki. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu purposive sampling dengan instrumen pengumpulan data berupa kuesioner. Data yang diambil adalah data primer. Penelitian ini menggunakan path analysis dengan metode Partial Least Square yaitu menggunakan aplikasi SmartPLS3. Penelitian ini menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas maka dapat hasil koefisien determinasinya sebesar 0,519, yang menunjukkan kemampuan variabel bebas mempengaruhi variabel terikatnya hanya 51,9%. Berdasarkan pengujian yang telah dilakukan diperoleh hasil bahwa promosi, iklan dan kualitas pelayanan berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Hal ini mungkin dapat disebabkan promosi kurang menarik atau iklannya kurang banyak atau bisa saja kualitas pelayanannya kurang baik sehingga tidak mempengaruhi kepuasan pelanggan.

Keywords


Promosi, Iklan, Pelayanan, Kepuasan Pelanggan



DOI: https://doi.org/10.24967/jmms.v5i4.1423

Article Metrics

Abstract view : 1219 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Jurnal Manajemen Mandiri Saburai (JMMS) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License