Pengaruh Promosi, Iklan Dan Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Produk Ms Glow Di Lampung
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh promosi, iklan dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pada produk Ms. Glow di Lampung. Penelitian dilakukan menggunakan metode survei dengan pembagian kuesioner kepada pengguna produk Ms Glow di wilayah Lampung, dengan mencari korelasi antara variabel independen dan variabel dependen. Strategi penelitian yang digunakan yaitu strategi asosiatif. Populasi pada penelitian ini adalah pengguna produk Ms. Glow yang ada di wilayah Lampung. Sampel yang diambil sebanyak 38 sampel dengan kriteria yaitu konsumen yang menggunakan produk Ms. Glow di Lampung dengan jumlah sebanyak 24 (63,2%) perempuan dan sebanyak 14 (36,8%) laki-laki. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu purposive sampling dengan instrumen pengumpulan data berupa kuesioner. Data yang diambil adalah data primer. Penelitian ini menggunakan path analysis dengan metode Partial Least Square yaitu menggunakan aplikasi SmartPLS3. Penelitian ini menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas maka dapat hasil koefisien determinasinya sebesar 0,519, yang menunjukkan kemampuan variabel bebas mempengaruhi variabel terikatnya hanya 51,9%. Berdasarkan pengujian yang telah dilakukan diperoleh hasil bahwa promosi, iklan dan kualitas pelayanan berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Hal ini mungkin dapat disebabkan promosi kurang menarik atau iklannya kurang banyak atau bisa saja kualitas pelayanannya kurang baik sehingga tidak mempengaruhi kepuasan pelanggan.
Keywords
Promosi, Iklan, Pelayanan, Kepuasan Pelanggan
DOI: https://doi.org/10.24967/jmms.v5i4.1423
Article Metrics
Abstract view : 1219 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh promosi, iklan dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pada produk Ms. Glow di Lampung. Penelitian dilakukan menggunakan metode survei dengan pembagian kuesioner kepada pengguna produk Ms Glow di wilayah Lampung, dengan mencari korelasi antara variabel independen dan variabel dependen. Strategi penelitian yang digunakan yaitu strategi asosiatif. Populasi pada penelitian ini adalah pengguna produk Ms. Glow yang ada di wilayah Lampung. Sampel yang diambil sebanyak 38 sampel dengan kriteria yaitu konsumen yang menggunakan produk Ms. Glow di Lampung dengan jumlah sebanyak 24 (63,2%) perempuan dan sebanyak 14 (36,8%) laki-laki. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu purposive sampling dengan instrumen pengumpulan data berupa kuesioner. Data yang diambil adalah data primer. Penelitian ini menggunakan path analysis dengan metode Partial Least Square yaitu menggunakan aplikasi SmartPLS3. Penelitian ini menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas maka dapat hasil koefisien determinasinya sebesar 0,519, yang menunjukkan kemampuan variabel bebas mempengaruhi variabel terikatnya hanya 51,9%. Berdasarkan pengujian yang telah dilakukan diperoleh hasil bahwa promosi, iklan dan kualitas pelayanan berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Hal ini mungkin dapat disebabkan promosi kurang menarik atau iklannya kurang banyak atau bisa saja kualitas pelayanannya kurang baik sehingga tidak mempengaruhi kepuasan pelanggan.
Keywords
Promosi, Iklan, Pelayanan, Kepuasan Pelanggan

Jurnal Manajemen Mandiri Saburai (JMMS) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
