Implementasi E-Filling Dan Kualitas Pelayanan Pada Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Di Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Bandar Lampung

Eha Nugraha, Aderina Kusuma Harahap, Hesti Widi Astuti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Implementasi E-Filling dan kualitas pelayanan pada kepatuahan wajib pajak orang pribadi di kantor pelayanan pajak (KPP) Bandar Lampung. Jenis penelitian ini menggunakan metode kualitatif digunakan interprestasi adari data kuantitatif dengan teknik analisis jalur. Teknik pengumpulan data dengan cara melakukan survey yaitu pengambilan data secara langsung maupun tidak langsung Hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut analisis pengaruh X1 terhadap X2 dari analisis di atas diperoleh nilai signifikansi X1 sebesar 0,000 kurang dari 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel implementasi e-filling berpengaruh terhadap kualitas pelayanan analisis pengaruh X1 terhadap Y2 dari analisis di atas diperoleh nilai signifikansi X1 sebesar 0,000 kurang dari 0,05, analisis pengaruh X2 terhadap Y2 dari analisis di atas diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,122 lebih dari 0,05 analisis pengaruh X1 terhadap Y2 dari analisis di atas diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,035 kurang dari 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel implementasi e-filling (X1) berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi Y2, analisis pengaruh X1 terhadap Y2 dari analisis di atas diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000 kurang dari 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel implementasi e-filling (X1) berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi (Y2).


Keywords


Implementasi e-filling; Kualitas Pelayanan; Sanksi Perpajakan; Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi

References


Astari, D. I. (2011). Pengaruh Tingkat Kepuasan Pelayanan, Pemahaman Perpajakan, Keadilan Perpajakan dan Kesadaran Perpajakan Terhadap Tingkat Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Di KPP Tg.Pinang Kepulauan Riauâ€.

Damayanti, T. (2004). Pelaksanaan Self Assesment System Menurut Wajib Pajak (Studi Kasus pada Wajib Pajak Badan Salatiga). Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, Volume X No. 1, 109-28.

Haryadi, H. (2009). Administrasi Perkantoran untuk Manajemen & Staf. Transemedia Pustaka.

Ihsan, M. (2013). Pengaruh Pengetahuan Wajib Pajak, Penyuluhan Pajak, Kualitas Pelayanan Pajak, dan Pemeriksaan Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Badan di Kota Padang. Fakultas Ekonomi: Universitas Negeri Padang.

Jatmiko, Nugroho Agus. (2006), Pengaruh Sikap Wajib Pajak Pada Pelaksanaan Sanksi Denda, Pelayanan Fiskus dan Kesadaran Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak (Studi Empiris Terhadap Wajib Pajak Orang Pribadi di Semarang). Tesis Program S2 Magister Akuntansi Universitas Diponegoro. Tidak Dipublikasikan.

Lai, et. al. (2012). Configuring Quality Management And Marketing Implementation And The Performance Implications For Industrial Marketers. Jurnal Industrial Marketing Management, 41.

Mahendra, I. P. A. J., & Budiartha, I. K. (2020). Pengaruh Penerapan E-Filling Perpajakan, Kualitas Pelayanan, Kesadaran Wajib Pajak, dan Sanksi Perpajakan pada Kepatuhan WPOP. E-Jurnal Akuntansi, 30(5), 1183.

Astari, D. I. (2011). Pengaruh Tingkat Kepuasan Pelayanan, Pemahaman Perpajakan, Keadilan Perpajakan dan Kesadaran Perpajakan Terhadap Tingkat Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Di KPP Tg.Pinang Kepulauan Riauâ€.

Damayanti, T. (2004). Pelaksanaan Self Assesment System Menurut Wajib Pajak (Studi Kasus pada Wajib Pajak Badan Salatiga). Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, Volume X No. 1, 109-28.

Haryadi, H. (2009). Administrasi Perkantoran untuk Manajemen & Staf. Transemedia Pustaka.

Ihsan, M. (2013). Pengaruh Pengetahuan Wajib Pajak, Penyuluhan Pajak, Kualitas Pelayanan Pajak, dan Pemeriksaan Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Badan di Kota Padang. Fakultas Ekonomi: Universitas Negeri Padang.

Jatmiko, Nugroho Agus. (2006), Pengaruh Sikap Wajib Pajak Pada Pelaksanaan Sanksi Denda, Pelayanan Fiskus dan Kesadaran Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak (Studi Empiris Terhadap Wajib Pajak Orang Pribadi di Semarang). Tesis Program S2 Magister Akuntansi Universitas Diponegoro. Tidak Dipublikasikan.

Lai, et. al. (2012). Configuring Quality Management And Marketing Implementation And The Performance Implications For Industrial Marketers. Jurnal Industrial Marketing Management, 41.

Mahendra, I. P. A. J., & Budiartha, I. K. (2020). Pengaruh Penerapan E-Filling Perpajakan, Kualitas Pelayanan, Kesadaran Wajib Pajak, dan Sanksi Perpajakan pada Kepatuhan WPOP. E-Jurnal Akuntansi, 30(5), 1183. https://doi.org/10.24843/EJA.2020.v30.i05.p09

Muliari, N.K., Setiawan P.E., (2010). Pengaruh Persepsi tentang Sanksi Perpajakan dan Kesadaran Wajib Pajak pada Kepatuhan Pelaporan Wajib Pajak Orang Pribadi di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Denpasar Timur.

Safitri, D., & Silalahi, S. P. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Fiskus, Pemahaman Peraturan Perpajakan Dan Penerapan Sistem E-Filling Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak: Sosialisasi Perpajakan Sebagai Pemoderasi. Jurnal Akuntansi dan Pajak, 20(2). https://doi.org/10.29040/jap.v20i2.688

Siti Kurnia Rahayu. (2010) Perpajakan Indonesia. Konsep dan Aspek Formal, Graha Ilmu, Yogyakarta. Sugiarto dan Wahyono 2005

Supadmi, (2010) Meningkatkan Kepatuhan Wajib Pajak Melalui Kualitas, Jurnal Akuntansi dan Bisnis: Fakultas Ekonomi Universitas Udayana

Tatiana, V. R. dan P. H. (2009). Dampak Program Sunset Policy Terhadap Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kemauan Untuk Membayar Pajak. Proceeding Simposium Nasional XI. Pontianak.




DOI: https://doi.org/10.24967/jmms.v4i4.1087

Article Metrics

Abstract view : 1508 times
PDF (Bahasa Indonesia) : 779 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Jurnal Manajemen Mandiri Saburai (JMMS) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License