STRATEGI EKSPANSI SALES TERRITORY MANAGEMENT DALAM MENINGKATKAN PERTUMBUHAN PENJUALAN  STUDI KASUS PADA  PT. KARYA ANUGERAH JAYA CABANG LAMPUNG
	
	
			
		Abstract
		
		Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi ekspansi teritory sales dalam meningkatkan pertumbuhan penjualan pada PT. Karya Anugerah Jaya Cabang Lampung. Jenis penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Pengumpulan data yang digunakan berupa data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa strategi ekspansi sales territory management dalam meningkatkan pertumbuhan penjualan studi kasus yang digunakan PT. Karya Anugerah Jaya dalam memasuki pasar di Lampung adalah melakukan pemetaan wilayah, perencanaan pengelolaan wilayah, dan melakukan monitoring target pencapaian evaluasi. Berdasarkan analisis SWOT dan Matriks SWOT menunjukkan bahwa PT. Karya Anugerah Jaya memiliki kekuatan dan peluang yang lebih besar dibandingkan dengan kelemahan dan ancaman artinya bahwa perusahaan dalam kondisi yang baik. Kekuatan yang dimiliki oleh PT. Karya Anugerah Jaya terletak pada kekuatan dari segi keuangan, merk dagang yang telah dikenal, perusahaan memiliki pengalaman yang kuat di industri pewarna makanan, sumber daya manusia yang berkompeten.
		
		
	
			
		Keywords
		
		Sales Teritory Management; Pertumbuhan Penjualan
		
		
	
				
			
	
			
		References
		
		
						Fajar, R. (2012). Model Sales Territory Management “Cluster War†Sebagai Bentuk Strategi Pemasaran Pada Pt. Telkomsel Sub Branch Malang. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Feb, Vol 1. No. 1, 12.
						Kerjaya, H. (2016). Hermawan Kartajaya On Marketing Mix. Mizan Pustaka.
						Mulyadi. (2016). Sistem Akutansi. Selemba Empat.
						Naray, A. R., & Mananeke, L. (2015). Pengaruh Pertumbuhan Penjualan, Struktur Aktiva Dan Ukuran Penjualan Terhadap Struktur Modal Pada Bank Pemerintah Kategori Buku 4. Jurnal Emba, Vol 3. No. 2, 12.
						Parrangan, E. R., Kumadji, S., & Yulianto, E. (2015). Analisis Strategi Perusahaan Dalam Ekspansi Pasar Luar Negeri. Jurnal Administrasi Bisnis (Jab), Vol 26. No. 2, 10.
						Pitoy, C. V., Tumbel, A., & Tielung, M. (2016). Analisis Strategi Bersaing Dalam Persaingan Usaha Bisnis Document Solution (Studi Kasus Pada Pt. Astragraphia, Tbk Manado). 16(03), 11.
						Purboningrum, E. L. (2018). Analisis Strategi Ekspansi Dalam Pengembangan Bisnis Di Pasar Global (Studi Kasus Pada Pt Semen Indonesia (Persero) Tbk. Dalam Akuisisi Thang Long. Jurnal Administrasi Bisnis (Jab), Vol. 58 No. 1, 10.
						Royan, F. M. (2014). Bisnis Model Kanvas Distributor. Gramedia Pustaka Utama.
						Suweta, N. M. N. P. D., & Dewi, M. R. (2016). Pengaruh Pertumbuhan Penjualan, Struktur Aktiva, Dan Pertumbuhan Aktiva Terhadap Struktur Modal. E-Jurnal Manajemen Unud, Vol. 5 No. 8.
					
		
		
	
							
		
		 DOI: https://doi.org/10.24967/jmms.v4i4.1065
 DOI: https://doi.org/10.24967/jmms.v4i4.1065	
Article Metrics
 Abstract view : 1970 times
 Abstract view : 1970 times
         PDF (Bahasa Indonesia) : 2789 times
                 PDF (Bahasa Indonesia) : 2789 times
        
																			
Refbacks
				- There are currently no refbacks.
					
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
			
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi ekspansi teritory sales dalam meningkatkan pertumbuhan penjualan pada PT. Karya Anugerah Jaya Cabang Lampung. Jenis penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Pengumpulan data yang digunakan berupa data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa strategi ekspansi sales territory management dalam meningkatkan pertumbuhan penjualan studi kasus yang digunakan PT. Karya Anugerah Jaya dalam memasuki pasar di Lampung adalah melakukan pemetaan wilayah, perencanaan pengelolaan wilayah, dan melakukan monitoring target pencapaian evaluasi. Berdasarkan analisis SWOT dan Matriks SWOT menunjukkan bahwa PT. Karya Anugerah Jaya memiliki kekuatan dan peluang yang lebih besar dibandingkan dengan kelemahan dan ancaman artinya bahwa perusahaan dalam kondisi yang baik. Kekuatan yang dimiliki oleh PT. Karya Anugerah Jaya terletak pada kekuatan dari segi keuangan, merk dagang yang telah dikenal, perusahaan memiliki pengalaman yang kuat di industri pewarna makanan, sumber daya manusia yang berkompeten.
Keywords
References
Fajar, R. (2012). Model Sales Territory Management “Cluster War†Sebagai Bentuk Strategi Pemasaran Pada Pt. Telkomsel Sub Branch Malang. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Feb, Vol 1. No. 1, 12.
Kerjaya, H. (2016). Hermawan Kartajaya On Marketing Mix. Mizan Pustaka.
Mulyadi. (2016). Sistem Akutansi. Selemba Empat.
Naray, A. R., & Mananeke, L. (2015). Pengaruh Pertumbuhan Penjualan, Struktur Aktiva Dan Ukuran Penjualan Terhadap Struktur Modal Pada Bank Pemerintah Kategori Buku 4. Jurnal Emba, Vol 3. No. 2, 12.
Parrangan, E. R., Kumadji, S., & Yulianto, E. (2015). Analisis Strategi Perusahaan Dalam Ekspansi Pasar Luar Negeri. Jurnal Administrasi Bisnis (Jab), Vol 26. No. 2, 10.
Pitoy, C. V., Tumbel, A., & Tielung, M. (2016). Analisis Strategi Bersaing Dalam Persaingan Usaha Bisnis Document Solution (Studi Kasus Pada Pt. Astragraphia, Tbk Manado). 16(03), 11.
Purboningrum, E. L. (2018). Analisis Strategi Ekspansi Dalam Pengembangan Bisnis Di Pasar Global (Studi Kasus Pada Pt Semen Indonesia (Persero) Tbk. Dalam Akuisisi Thang Long. Jurnal Administrasi Bisnis (Jab), Vol. 58 No. 1, 10.
Royan, F. M. (2014). Bisnis Model Kanvas Distributor. Gramedia Pustaka Utama.
Suweta, N. M. N. P. D., & Dewi, M. R. (2016). Pengaruh Pertumbuhan Penjualan, Struktur Aktiva, Dan Pertumbuhan Aktiva Terhadap Struktur Modal. E-Jurnal Manajemen Unud, Vol. 5 No. 8.


Jurnal Manajemen Mandiri Saburai (JMMS) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
 
 




 
 
 Husna Purnama, Maristiana Ayu, Astri Ratna Sari
 Husna Purnama, Maristiana Ayu, Astri Ratna Sari