Pengaruh Layanan Administrasi Kependudukan Terhadap Kepuasan Masyarakat Di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Way Kanan
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini ketidak puasan masyarakat terhadap pelayanan yang diberikan petugas pelayanan akan berdampak pada ketidak percayaan masyarakat terhadap Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Way Kanan. Tujuan penelitian untuk mengetahui Pengaruh Layanan Administasi Kependudukan Terhadap Kepuasan Masyarakat di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Way Kanan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan berupa data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan quisioner. Populasi dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 84 Penduduk Pemohon Kartu Tanda Penduduk (KTP) di Kabupaten Way Kanan. Hasil pengujian hipotesis pengaruh layanan administrasi kependudukan terhadap kepuasan masyarakat dapat ditunjukkan dengan nilai R square adalah 0,522 atau sebesar 52,2 persen sedangkan sisanya sebesar 47,8 persen dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Nilai t hitung sebesar 9.469 dan t tabel pada n sebesar 84 dan taraf sig 0,05 diperoleh t tabel adalah 1,663 dan tingkat signifikansi sebesar 0,00, dengan demikian t hitung lebih dari t tabel atau 9.469 lebih dari 1,663 dan tingkat signifikansi sebesar 0,00 kurang dari 0,05 maka Ha diterima. Hal ini berarti layanan administrasi kependudukan memiliki kontribusi dan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan masyarakat di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Way Kanan.
Keywords
Pelayanan; Kinerja
References
Kotler, P. (2009). Manajeman Pemasaran (Edisi 13). Erlangga.
Pandipa, A. K. H. (2019). Persepsi Masyarakat Terhadap Pelayanan Administrasi Terpadu (Paten) Pada Kantor Kecamatan Una Una Kabupaten Tojo Una Una. Jurnal Ilmiah Administratie, Vol 13 No. 1, 9.
Purba, K. (2020). Kualitas Pelayanan Administrasi Kependudukan Pada Upt Disdukcapil Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru. Jurnal Administrasi Publik, 11(1). Https://Doi.Org/10.31506/Jap.V11i1 .7127
Taufana, V. A. (2014). Kualitas Pelayanan Dalam Perspektif Strategi Pelanggan Di Bandara Sepinggan, Balikpapan. Jurnal Pelayanan Publik, Vol. 1 No. 1.
Tjiptono, F. (2014). Pemasaran Jasa – Prinsip, Penerapan, Dan Penelitian. Andi Offset.
Ulumudin, A. (2014). Pengaruh Kualitas Pelayanan Administrasi Kependudukan Terhadap Kepuasan Masyarakat Di Kecamatan Bayongbong Kabupaten Garut. Jurnal Pembangunan Dan Kebijakan Publik, 04(01), 6.
Yulindaningtyas, D. (2015). Kualitas Pelayanan Kependudukan Terhadap Kepuasan Masyarakat. Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 4(2), 8.
DOI: https://doi.org/10.24967/jmms.v4i4.1064
Article Metrics
Abstract view : 2090 times
PDF (Bahasa Indonesia) : 1050 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini ketidak puasan masyarakat terhadap pelayanan yang diberikan petugas pelayanan akan berdampak pada ketidak percayaan masyarakat terhadap Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Way Kanan. Tujuan penelitian untuk mengetahui Pengaruh Layanan Administasi Kependudukan Terhadap Kepuasan Masyarakat di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Way Kanan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan berupa data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan quisioner. Populasi dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 84 Penduduk Pemohon Kartu Tanda Penduduk (KTP) di Kabupaten Way Kanan. Hasil pengujian hipotesis pengaruh layanan administrasi kependudukan terhadap kepuasan masyarakat dapat ditunjukkan dengan nilai R square adalah 0,522 atau sebesar 52,2 persen sedangkan sisanya sebesar 47,8 persen dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Nilai t hitung sebesar 9.469 dan t tabel pada n sebesar 84 dan taraf sig 0,05 diperoleh t tabel adalah 1,663 dan tingkat signifikansi sebesar 0,00, dengan demikian t hitung lebih dari t tabel atau 9.469 lebih dari 1,663 dan tingkat signifikansi sebesar 0,00 kurang dari 0,05 maka Ha diterima. Hal ini berarti layanan administrasi kependudukan memiliki kontribusi dan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan masyarakat di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Way Kanan.
Keywords
References
Kotler, P. (2009). Manajeman Pemasaran (Edisi 13). Erlangga.
Pandipa, A. K. H. (2019). Persepsi Masyarakat Terhadap Pelayanan Administrasi Terpadu (Paten) Pada Kantor Kecamatan Una Una Kabupaten Tojo Una Una. Jurnal Ilmiah Administratie, Vol 13 No. 1, 9.
Purba, K. (2020). Kualitas Pelayanan Administrasi Kependudukan Pada Upt Disdukcapil Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru. Jurnal Administrasi Publik, 11(1). Https://Doi.Org/10.31506/Jap.V11i1 .7127
Taufana, V. A. (2014). Kualitas Pelayanan Dalam Perspektif Strategi Pelanggan Di Bandara Sepinggan, Balikpapan. Jurnal Pelayanan Publik, Vol. 1 No. 1.
Tjiptono, F. (2014). Pemasaran Jasa – Prinsip, Penerapan, Dan Penelitian. Andi Offset.
Ulumudin, A. (2014). Pengaruh Kualitas Pelayanan Administrasi Kependudukan Terhadap Kepuasan Masyarakat Di Kecamatan Bayongbong Kabupaten Garut. Jurnal Pembangunan Dan Kebijakan Publik, 04(01), 6.
Yulindaningtyas, D. (2015). Kualitas Pelayanan Kependudukan Terhadap Kepuasan Masyarakat. Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 4(2), 8.

Jurnal Manajemen Mandiri Saburai (JMMS) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
