Latihan Membaca Bahasa Inggris : Analisis Kesulitan Siswa Kelas XI dalam Memahaminya

Intan Safitri, Dian Reftyawati, Satria Adi Pradana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk melihat kesulitan siswa dalam memahami tugas membaca bahasa Inggris. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas XI MA Ma'arif NU 02 Sidorejo yang mengalami kesulitan dalam memahami kegiatan membaca bahasa Inggris. Dalam penelitian ini digunakan desain penelitian kualitatif deskriptif. Dengan menggunakan pendekatan purposive sampling, dipilih 30 siswa kelas XI IPA 2 sebagai sampel karena memiliki nilai membaca yang lebih rendah dibandingkan kelas lainnya. Data dikumpulkan melalui analisis dokumen dan kuesioner. Selanjutnya, kondensasi data, penyajian data, dan menghasilkan kesimpulan atau verifikasi adalah tiga aspek utama dari analisis data. Setelah mengevaluasi data, terlihat bahwa siswa memiliki empat kesulitan memahami tugas membaca. persentase rata-rata sebesar 72,5 persen untuk aspek ide utama, 67,5 persen untuk aspek inferensi, 50,5 persen untuk aspek detail, dan dan 75 persen untuk aspek vocabulary (Kosakata). Berdasarkan persentase yang diambil dari hasil analisis dokumen dan angket yang diisi oleh siswa kelas XI IPA 2 MA Ma'arif NU 02 Sidorejo tersebut, aspek tersulit adalah aspek kosakata.

Keywords


Kualitatif Deskriptif; Latihan Membaca; Pelajaran Bahasa Inggris; Pemahaman Membaca.

References


Grellet, F. (1981). Developing Reading Skills: Practial Guide to Reading Comprehension Exercise.

Handayani, D. (2020). Pemanfaatan Youtube pada saat Pandemi COVID-19 untuk Media Pembelajaran Bahasa Inggris dalam Meningkatkan Vocabulary dan Pemahaman Siswa. JUPENDIK: Jurnal Pendidikan, 4(2), 12–18.

Hasan Basri, M. Rasyid Ridla, & Abd. Wahed. (2014). Strategi belajar Kosakata Bahasa Inggris (English Vocabulary) Mahasiswa TBI STAIN Pamekasan. Jurnal Okara, 8(2), 153–166.

Ismail, H., Kurniawan, J. S., & Basuki, B. (2017). Improving the Students’ Reading Skill Through Translation Method. Journal of English Education, 124.

Kurniawati, C. N., Saragih, G., & Djajanegara, S. (2021). Reading Habits and Grammar Mastery Impact on EFL Students Descriptive Writing Skills. INFERENCE: Journal of English Language Teaching, 3(3), 183–190.

Kusuma, C. S. D. (2018). Integrasi Bahasa Inggris dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Efisiensi-Kajian Ilmu Administrasi Edisi Agustus, 15(2), 43–50.

Lubis, L. R., & Irmayana, A. (2019). Analisis Kesulitan Mahasiswa Ipts Dalam Menyelesaikan Soal-Soal Toefl. Jurnal Education and Development, 7(3), 118–121. https://doi.org/10.37081/ed.v7i3.1202

Lubis, T. (2017). Faktor yang Mempengaruhi Kesulitan Mahasiswa dalam Menyelesaikan Daily English Vocabulary. Jurnal Bisnis Administrasi, 06(1), 29–36. https://ejurnal.plm.ac.id/index.php/BIS-A/article/view/170/148

Maulana, P., & Akbar, A. (2017). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Team Achievement Division) Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Di Sekolah Dasar. Pesona Dasar (Jurnal Pendidikan Dasar Dan Humaniora), 5(2), 46–59.

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Sldan, J. (2014). Qualitatif Data Analysis (Third). Sage.

Nasution, R. F., Harida, E. S., & Sojuangon Rambe. (2018). Reading Strategy Used by Successful Readers of English Departement Students of State Institute for Islamic Studies Padangsidimpuan. TAZKIR: Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial Dan Keislaman, 4, 263.

Rahmatiah. (2014). Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Inggris Melalui Penerapan Pengajaran Remedial. Jurnal Nalar Pendidikan, 2(2), 104–108.

Rintaningrum, R. (2015). Bahasa Inggris Tidak Perlu Di Hapus dari Kurikulum 2013 Sekolah Dasar. Proceeding Seminar Nasional ADPISI, 124–133.

Risnawaty. (2019). Pelatihan Bahasa Inggris Pada Guru-Guru Sd Dengan Direct Method Di Islam Terpadu Yayasan Fauzul Arga. Prosiding Seminar Nasional Hasil Pengabdian, 697–702. https://e-prosiding.umnaw.ac.id/index.php/pengabdian/article/view/271

Sari, B. W., & Hartanto, A. D. (2016). Penerapan Konsep Gamification dalam Merancang Aplikasi Pembelajaran Tenses Bahasa Inggris Berbasis Website Menggunakan Framework Codeigniter dengan Pola Mvc. Data Manajemen Dan Teknologi Informasi (DASI), 17(4), 32–37.

Setiawan, D., & Munawaruzaman, A. (2021). Dampak Game Online dalam Pembelajaran Kosakata Bahasa Inggris (Ditinjau dari Persepsi Siswa). Prosiding SENANTIAS: Seminar Nasional Hasil Penelitian Dan PkM, 2(1), 69–76.

Soleha, & Purnama, S. (2018). Pengaruh Minat Baca Dan Motivasi Berprestasi Terhadap Kemampuan Memahami Bacaan Dalam Bahasa Inggris. Inference: Journal of English Language Teaching, 1(4), 1–8.

Widiyarto, S. (2017). Peningkatan Reading Comprehension Siswa SD melalui Penggunaan Media Kamus Bergambar Bahasa Inggris. Jurnal Basicedu, 1(1), 73–78.

Woolley, G. (2011). Reading Comprehension: Assisting Children with Learning Difficulties. Springer & Business Media.

Yani, T. H., Melshandika, Y., & Veni, V. (2021). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Memahami Reading dan Structure Pada Pembelajaran Bahasa Inggris di SMP N 1 Ranah Pesisir. Jurnal Kepemimpinan Dan Pengurusan Sekolah, 6(1), 1–6. https://doi.org/10.34125/kp.v6i1.537




DOI: https://doi.org/10.24967/esp.v2i01.1551

Article Metrics

Abstract view : 4117 times
PDF (Bahasa Indonesia) : 2089 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Ensiklopedia: Jurnal Pendidikan dan Inovasi Pembelajaran Saburai is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License