Radin Inten II: Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Sejarahnya
Abstract
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan karakter dalam sejarah Raden Inten II dan relevansi nilai-nilai tersebut pada pendidikan saat ini. Jenis dan sifat penelitian adalah penelitian kualitatif deskriptif analitik. Objek kajian adalah karya literatur berupa buku-buku yang berkaitan dengan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Sejarah Raden Inten II. Adapun tahap dalam pengumpulan data melalui beberapa proses yaitu a) Tahap Orientasi; b) Tahap Eksplorasi; dan c) Tahap Terfokus. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis isi (content analysis). Hasil penelitian didapat bahwa Nilai-nilai pendidikan karakter dalam sejarah Radin Inten II yaitu Religius, Mandiri, Kerja Keras, Jujur Disiplin, Tanggung Jawab, Kreatif, Toleransi, Cinta Damai, Demokratis, Bersahabat/Komunikatif, Semangat Kebangsaan, Cinta Tanah Air, Peduli Sosial, Peduli Lingkungan. Selain itu, dalam kaitannya dengan pendidikan saat ini mempunyai relevansi yakni nilai-nilai pendidikan karakter dalam sejarah Raden Inten II dalam melawan penajajahan kolonialisme Belanda yang sesuai dengan tujuan pendidikan karakter.
Keywords
Pahlawan; Pendidikan Karakter; Radin Inten II; Pelajaran Sejarah
References
Adha, M. M. (2020). Pemahaman Dan Implementasi Nilai Karakter Dalam Kehidupan Sehari-Hari. Ejournal Undiksha, 10(2), 219–228. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/MKFIS/article/view/463
Ahmadi, M., Ardianti, S. D., & Pratiwi, I. A. (2021). Nilai Pendidikan Karakter Dalam Cerita Rakyat Sendang Widodari Kabupaten Kudus. Progres Pendidikan, 2(1), 1–6. https://doi.org/10.29303/prospek.v2i1.55
Ariza, H., & Tamrin, M. I. (2021). Pendidikan Agama Islam Berbasis Kearifan Lokal (Benteng di Era Globalisasi). Jurnal Kajian Dan Pengembangan Umat, 4(2), 44–60.
Baginda, M. (2018). Nilai-Nilai Pendidikan Berbasis Karakter pada Pendidikan Dasar dan Menengah. Jurnal Ilmiah Iqra’, 10(2), 1–12. https://doi.org/10.30984/jii.v10i2.593
Bangun, S. Y. (2016). Pengembangan Pengetahuan Anak Difabel Melalui Pendidikan Jasmani Olahraga dan Outbound. Journal Physical Education, Health and Recreation, 1(1), 70–77. https://doi.org/10.24114/pjkr.v1i1.4777
Budiyanto. (2020). Sikap Ilmiah Terhadap Urgensi Hadis dalam Pendidikan Agama Islam. Al-Bayan: Jurnal Ilmu Al-Qur’an Dan Hadist, 3(1), 34–46.
Dalyono, B., & Lestariningsih, E. D. (2017). Implementasi Program Penguatan Pendidikan Karakter Di Sekolah. Phinisi Integration Review, 3(2), 33–42. https://doi.org/10.26858/pir.v3i2.14971
Datuk, A. (2019). Pendidikan Muhammadiyah Dalam Memantapkan Karakter Siswa Di Sma Muhammadiyah Kupang Untuk Menyiapkan Generasi 2045. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran 2019, 39–45.
Effendi, N. (2019). Meningkatkan Kemampuan Guru Dalam Melaksanakan Pembelajaran Melalui Supervisi Akademik Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di SMPN 1 Jaro. Jurnal Penelitian Tindakan Dan Pendidikan, 5(1), 49–56. https://rumahjurnal.net/ptp/article/view/558
Ekosiswoyo, R. (2016). kepemimpinan Kepala Sekolah yang Efektif Kunci Pencapaian Kualitas Pendidikan. Jurnal Ilmu Pendidikan, 14(2), 76–82. https://media.neliti.com/media/publications/113918-ID-kepemimpinan-kepala-sekolah-yang-efektif.pdf
Enembe, W., Lesawengan, L., & Mumu, R. (2018). Peran Pemerintah Dalam Menanggulangi Kenakalan Remaja di Desa Kabori Distrik Kembu Kabupaten Tolikara. Jurnal Holistik, 11(21A), 1–20.
Fahmi, N., Sinaga, B., & Rajagukguk, W. (2020). Analisis Kemampuan Metakognitif Siswa Dalam menyelesaikan Masalah Matematika di SMP Negeri 4 Bendahara Aceh Tamiang. Paradikma Jurnal Pendidikan Matematika, 13(2), 68–72.
Gonggong, A., Ibrahim, M., & Kartadarmaja, M. S. (1993). Sejarah perlawanan terhadap imperialisme dan kolonialisme di daerah Lampung. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Haderani, H. (2018). Tinjauan Filosofis tentang Fungsi Pendidikan dalam Hidup Manusia. Jurnal Tarbiyah : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(1), 41–49. https://doi.org/10.18592/tarbiyah.v7i1.2103
Harahap, A. C. P. (2019). Character Building Pendidikan Karakter. Al-Irsyad: Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 9(1), 1–11.
Hendarman, H., Saryono, D., Supriyono, S., Kamdi, W., Sunaryo, S., Latipun, L., Winarsunu, T., Chamisijatin, L., Koesoema, D., Indriyanto, B., Hidayati, S., Kurniawan, K., Sufyadi, S., Setyorini, N. P., Utomo, E., Hadinata, O., Wismayanti, E., Anggraini, L., Setiyorini, H. P. D., … Haura, T. (2018). Konsep dan Pedoman Penguatan Pendidikan Karakter Tingkat Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama. Pusat Analisis dan Sinkronisasi Kebijakan.
Ikhsan, M. A. (2017). Nilai - Nilai Cinta Tanah Air Dalam Perspektif Al-Qur’an. Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 2(2), 108–114. https://doi.org/10.17977/um019v2i22017p108
Junjungan, M., & Marlina. (2013). PENERAPAN HUKUM TINDAK PIDANA KORUPSI DI KABUPATEN LABUHAN BATU (Studi Kasus di Kepolisian Resor Labuhan Batu). Jurnal Mercatoria, 6(2), 117–132. https://ojs.uma.ac.id/index.php/mercatoria/article/view/636/536
Laksito, O., & Dendhi, F. (2003). Sejarah perjuangan pahlawan nasional Radin Inten II. Dinas Pendidikan Propinsi Lampung.
Lestariningrum, A. (2017). Implementasi Pendidikan Inklusif Untuk Anak Usia Dini Di Kota Kediri (Studi Pada Paud Inklusif Ybpk Semampir, Kecamatan Kota, Kediri). Jurnal CARE (Children Advisory Research and Education), 4(2), 53–68. file:///C:/Users/ACER/Downloads/967-1780-1-SM.pdf
Lubis, R. R., & Nasution, M. H. (2017). Implementasi Pendidikan Karakter di Madrasah Ibtidaiyah. JIP: Jurnal Ilmiah PGMI, 3(1), 15–32. https://doi.org/10.19109/jip.v3i1.1375
Marsono. (2019). Pendidikan Karakter Berbasis Nilai Budaya Di Era Milenial. Prosiding Seminar Nasional Dharma Acarya Ke-1, 51–58.
Muhammad, A., Sahabuddin, E. S., & Muslimin. (2018). Peran Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar. Seminar Nasional Administrasi Pendidikan Dan Manajemen Pendidikan, 254–261.
Murtando. (2019). Implementasi pendidikan karakter di Madrasah. Jurnal Al Qalam, 20(1), 37–50. https://doi.org/10.21831/hsjpi.v6i1.15397
Naredi, H., Qodariah, L., & Andi. (2018). Pengenalan Museum Sebagai Informasi Kesejarahan Dalam Meningkatkan Kesadaran Sejarah. Prosiding Kolokium Doktor Dan Seminar Hasil Penelitian Hibah, 1, 165–176.
Norakma, B. M. D., Ahmad, A. R., & Yakub, N. M. (2015). Pembelajaran Berteraskan Kemahiran Berfikir Aras Tinggi (Kbat) Di Dalam Pengajaran Dan Pembelajaran Mata Pelajaran Sejarah. 7th International Seminar on Regional Education, 1, 352–360.
Pasha, M. A. N., & Karsiwan. (2020). Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Pada Cerita Rakyat Lampung (Study Cerita Rakyat Lampung Sang Kabelah Dan Khadin Tegal) Dalam Perspektif Islam. Social Pedagogy : Journal of Social Science Education, 1(1), 55–67.
Permanasari, L., & Pradana, K. C. (2021). Model Pembelajaran Active Knowledge Sharing Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMP. Ensiklopedia: Jurnal Pendidikan Dan Inovasi Pembelajaran Saburai, 1(1), 1–7.
Pingge, H. D. (2017). Kearifan Lokal dan Penerapannya di Sekolah. Jurnal Edukasi Sumba, 1(2), 128–135. http://jurnalstkip-weetebula.ac.id/index.php/jes/article/download/27/27
Rintyastini, Y., & S., S. Y. C. (2006). Bimbingan dan Konseling. Erlangga.
Rochmat, S., & Trisnawati, D. (2017). Penanaman Nilai-Nilai Nasionalisme dalam Pembelajaran Sejarah di SMA Negeri 2 Wates, Kulon Progo. ISTORIA: Jurnal Pendidikan Dan Sejarah, 13(1).
Sa’aduddin, I. A. M. (2006). Meneladani akhlak Nabi : membangun kepribadian muslim. Remaja Rosdakarya.
Sami ’uddin. (2019). Keharusan Menghormati Guru Yang Mengajar Ilmu Agam Dan Ilmu Umum. Jurnal Studi Islam, 14 No.1(E-ISSN: 2579-7131), 9–17.
Sejarah Perjuangan Kemerdekaan di Lampung Buku I. (1994). Dewan Harian Daerah Angkatan ‘45.
Sirnayatin, T. A. (2017). Membangun Karakter Bangsa Melalui Pembelajaran Sejarah. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 1(3), 312–321. https://doi.org/10.30998/sap.v1i3.1171
Susanti, S. (2020). Praktik Pembelajaran Sejarah Pada Masa Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Historis : Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Sejarah, 5(2), 102–106. http://journal.ummat.ac.id/index.php/historis/article/view/2992
Syahputra, M. C. (2020). Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Budaya Nengah Nyappur. Jurnal PAI Raden Fatah, 2(1), 1–10.
Zubaedi. (2011). Desain Pendidikan Karakter. Kencana.
DOI: https://doi.org/10.24967/esp.v2i01.1517
Article Metrics
Abstract view : 2371 times
PDF (Bahasa Indonesia) : 2333 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Abstract
Keywords
References
Adha, M. M. (2020). Pemahaman Dan Implementasi Nilai Karakter Dalam Kehidupan Sehari-Hari. Ejournal Undiksha, 10(2), 219–228. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/MKFIS/article/view/463
Ahmadi, M., Ardianti, S. D., & Pratiwi, I. A. (2021). Nilai Pendidikan Karakter Dalam Cerita Rakyat Sendang Widodari Kabupaten Kudus. Progres Pendidikan, 2(1), 1–6. https://doi.org/10.29303/prospek.v2i1.55
Ariza, H., & Tamrin, M. I. (2021). Pendidikan Agama Islam Berbasis Kearifan Lokal (Benteng di Era Globalisasi). Jurnal Kajian Dan Pengembangan Umat, 4(2), 44–60.
Baginda, M. (2018). Nilai-Nilai Pendidikan Berbasis Karakter pada Pendidikan Dasar dan Menengah. Jurnal Ilmiah Iqra’, 10(2), 1–12. https://doi.org/10.30984/jii.v10i2.593
Bangun, S. Y. (2016). Pengembangan Pengetahuan Anak Difabel Melalui Pendidikan Jasmani Olahraga dan Outbound. Journal Physical Education, Health and Recreation, 1(1), 70–77. https://doi.org/10.24114/pjkr.v1i1.4777
Budiyanto. (2020). Sikap Ilmiah Terhadap Urgensi Hadis dalam Pendidikan Agama Islam. Al-Bayan: Jurnal Ilmu Al-Qur’an Dan Hadist, 3(1), 34–46.
Dalyono, B., & Lestariningsih, E. D. (2017). Implementasi Program Penguatan Pendidikan Karakter Di Sekolah. Phinisi Integration Review, 3(2), 33–42. https://doi.org/10.26858/pir.v3i2.14971
Datuk, A. (2019). Pendidikan Muhammadiyah Dalam Memantapkan Karakter Siswa Di Sma Muhammadiyah Kupang Untuk Menyiapkan Generasi 2045. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran 2019, 39–45.
Effendi, N. (2019). Meningkatkan Kemampuan Guru Dalam Melaksanakan Pembelajaran Melalui Supervisi Akademik Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di SMPN 1 Jaro. Jurnal Penelitian Tindakan Dan Pendidikan, 5(1), 49–56. https://rumahjurnal.net/ptp/article/view/558
Ekosiswoyo, R. (2016). kepemimpinan Kepala Sekolah yang Efektif Kunci Pencapaian Kualitas Pendidikan. Jurnal Ilmu Pendidikan, 14(2), 76–82. https://media.neliti.com/media/publications/113918-ID-kepemimpinan-kepala-sekolah-yang-efektif.pdf
Enembe, W., Lesawengan, L., & Mumu, R. (2018). Peran Pemerintah Dalam Menanggulangi Kenakalan Remaja di Desa Kabori Distrik Kembu Kabupaten Tolikara. Jurnal Holistik, 11(21A), 1–20.
Fahmi, N., Sinaga, B., & Rajagukguk, W. (2020). Analisis Kemampuan Metakognitif Siswa Dalam menyelesaikan Masalah Matematika di SMP Negeri 4 Bendahara Aceh Tamiang. Paradikma Jurnal Pendidikan Matematika, 13(2), 68–72.
Gonggong, A., Ibrahim, M., & Kartadarmaja, M. S. (1993). Sejarah perlawanan terhadap imperialisme dan kolonialisme di daerah Lampung. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Haderani, H. (2018). Tinjauan Filosofis tentang Fungsi Pendidikan dalam Hidup Manusia. Jurnal Tarbiyah : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(1), 41–49. https://doi.org/10.18592/tarbiyah.v7i1.2103
Harahap, A. C. P. (2019). Character Building Pendidikan Karakter. Al-Irsyad: Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 9(1), 1–11.
Hendarman, H., Saryono, D., Supriyono, S., Kamdi, W., Sunaryo, S., Latipun, L., Winarsunu, T., Chamisijatin, L., Koesoema, D., Indriyanto, B., Hidayati, S., Kurniawan, K., Sufyadi, S., Setyorini, N. P., Utomo, E., Hadinata, O., Wismayanti, E., Anggraini, L., Setiyorini, H. P. D., … Haura, T. (2018). Konsep dan Pedoman Penguatan Pendidikan Karakter Tingkat Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama. Pusat Analisis dan Sinkronisasi Kebijakan.
Ikhsan, M. A. (2017). Nilai - Nilai Cinta Tanah Air Dalam Perspektif Al-Qur’an. Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 2(2), 108–114. https://doi.org/10.17977/um019v2i22017p108
Junjungan, M., & Marlina. (2013). PENERAPAN HUKUM TINDAK PIDANA KORUPSI DI KABUPATEN LABUHAN BATU (Studi Kasus di Kepolisian Resor Labuhan Batu). Jurnal Mercatoria, 6(2), 117–132. https://ojs.uma.ac.id/index.php/mercatoria/article/view/636/536
Laksito, O., & Dendhi, F. (2003). Sejarah perjuangan pahlawan nasional Radin Inten II. Dinas Pendidikan Propinsi Lampung.
Lestariningrum, A. (2017). Implementasi Pendidikan Inklusif Untuk Anak Usia Dini Di Kota Kediri (Studi Pada Paud Inklusif Ybpk Semampir, Kecamatan Kota, Kediri). Jurnal CARE (Children Advisory Research and Education), 4(2), 53–68. file:///C:/Users/ACER/Downloads/967-1780-1-SM.pdf
Lubis, R. R., & Nasution, M. H. (2017). Implementasi Pendidikan Karakter di Madrasah Ibtidaiyah. JIP: Jurnal Ilmiah PGMI, 3(1), 15–32. https://doi.org/10.19109/jip.v3i1.1375
Marsono. (2019). Pendidikan Karakter Berbasis Nilai Budaya Di Era Milenial. Prosiding Seminar Nasional Dharma Acarya Ke-1, 51–58.
Muhammad, A., Sahabuddin, E. S., & Muslimin. (2018). Peran Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar. Seminar Nasional Administrasi Pendidikan Dan Manajemen Pendidikan, 254–261.
Murtando. (2019). Implementasi pendidikan karakter di Madrasah. Jurnal Al Qalam, 20(1), 37–50. https://doi.org/10.21831/hsjpi.v6i1.15397
Naredi, H., Qodariah, L., & Andi. (2018). Pengenalan Museum Sebagai Informasi Kesejarahan Dalam Meningkatkan Kesadaran Sejarah. Prosiding Kolokium Doktor Dan Seminar Hasil Penelitian Hibah, 1, 165–176.
Norakma, B. M. D., Ahmad, A. R., & Yakub, N. M. (2015). Pembelajaran Berteraskan Kemahiran Berfikir Aras Tinggi (Kbat) Di Dalam Pengajaran Dan Pembelajaran Mata Pelajaran Sejarah. 7th International Seminar on Regional Education, 1, 352–360.
Pasha, M. A. N., & Karsiwan. (2020). Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Pada Cerita Rakyat Lampung (Study Cerita Rakyat Lampung Sang Kabelah Dan Khadin Tegal) Dalam Perspektif Islam. Social Pedagogy : Journal of Social Science Education, 1(1), 55–67.
Permanasari, L., & Pradana, K. C. (2021). Model Pembelajaran Active Knowledge Sharing Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMP. Ensiklopedia: Jurnal Pendidikan Dan Inovasi Pembelajaran Saburai, 1(1), 1–7.
Pingge, H. D. (2017). Kearifan Lokal dan Penerapannya di Sekolah. Jurnal Edukasi Sumba, 1(2), 128–135. http://jurnalstkip-weetebula.ac.id/index.php/jes/article/download/27/27
Rintyastini, Y., & S., S. Y. C. (2006). Bimbingan dan Konseling. Erlangga.
Rochmat, S., & Trisnawati, D. (2017). Penanaman Nilai-Nilai Nasionalisme dalam Pembelajaran Sejarah di SMA Negeri 2 Wates, Kulon Progo. ISTORIA: Jurnal Pendidikan Dan Sejarah, 13(1).
Sa’aduddin, I. A. M. (2006). Meneladani akhlak Nabi : membangun kepribadian muslim. Remaja Rosdakarya.
Sami ’uddin. (2019). Keharusan Menghormati Guru Yang Mengajar Ilmu Agam Dan Ilmu Umum. Jurnal Studi Islam, 14 No.1(E-ISSN: 2579-7131), 9–17.
Sejarah Perjuangan Kemerdekaan di Lampung Buku I. (1994). Dewan Harian Daerah Angkatan ‘45.
Sirnayatin, T. A. (2017). Membangun Karakter Bangsa Melalui Pembelajaran Sejarah. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 1(3), 312–321. https://doi.org/10.30998/sap.v1i3.1171
Susanti, S. (2020). Praktik Pembelajaran Sejarah Pada Masa Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Historis : Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Sejarah, 5(2), 102–106. http://journal.ummat.ac.id/index.php/historis/article/view/2992
Syahputra, M. C. (2020). Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Budaya Nengah Nyappur. Jurnal PAI Raden Fatah, 2(1), 1–10.
Zubaedi. (2011). Desain Pendidikan Karakter. Kencana.

Ensiklopedia: Jurnal Pendidikan dan Inovasi Pembelajaran Saburai is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
