PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KEPERCAYAAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN BPJS DI KLINIK ISNA MEDIKA KOTA CILEGON

Khairul Ikhsan, Anggit Yoebrilianti, nurhasanah nurhasanah

Abstract


Kualitas Pelayanan dan kepercayaan mempunyai peran yang sangat penting terhadap kepuasan pelanggan. Perusahaan di bidang jasa harus mengutamakan kualitas pelayananannya, bukan hanya untuk kepentingan perusahaan melainkan juga kepentingan bagi pihak konsumen agar mendapatkan rasa puas. Kualitas pelayanan yang diberikan oleh perusahaan merupakan kinerja terpenting perusahaan bagi kepuasan pelanggan. Klinik Isna Medika harus memperhatikan hal-hal penting bagi pelanggan, agar pelanggan mempunyai rasa percaya dan puas sebagaimana yang dirasakan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menguji pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan pasien BPJS Klinik Isna Medika di Kota Cilegon. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 120 responden dari BPJS Klinik Isna Medika di Kota Cilegon. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan, sedangkan kepercayaan tidak.


Keywords


Kualitas pelayanan; Kepercayaan; dan Kepuasan Pelanggan

References


Burhanuddin, Nufardiansyah. 2018. “Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan dan Kepercayaan pasien di Puskesmas Paccerakkang Makassarâ€. Jurnal. Vol.3. No (1).

Pratiwi, D.M. 2016. “Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepercayaan terhadap Loyalitas Pelanggan pada perusahaan Otobus Akas IV Probolinggoâ€. Jurnal. Vol.3. No (2).

Ghozali, I. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM Spss 25. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hair, J.F., William, B., Barry, J.B., dan Rolph, A. 2010. Multivariate Data Analysis (7th ed). USA: Pearson Presntice Hall.

Jitas, Thomas. 2017. “Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepercayaan Konsumen terhadap Keputusan Pembelianâ€. Skripsi. (2017).

Kotler, P., dan Keller, K.L. 2012. Manajemen Pemasaran. Edisi 12. Jakarta: Erlangga.

Rosannah, F.S. 2014. Pengaruh kepercayaan dan kepuasan terhadap merek pada niat membeli ulang. Journal Siasat Bisnis, Vol 18. No 1, 63-80.

Santi, P., dan Huda, N. 2015. Analisis Kualitas Pelayanan, Kepercayaan dan Nilai Terhadap Kepuasan Peserta Didik Pada Lembaga Pendidikan dan Keterampilan (LPK) di Banjarmasin. Jurnal Wawasan Manajemen, vol 3. no 2, 183-199.

Setiawan, H. 2016. Pengaruh Kualitas Layanan, Persepsi Nilai Dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pengguna Layanan Mobile Banking. Jurnal Keuangan dan Perbankan, Vol 20, no.3, 518-528.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Suwardi.(2011). Menujur Kepuasan Pelanggan melalui Penciptakaan Kualitas Pelayanan dalam Jurnal Ragam Jurnal Pengembangan Humaniora Vol. 11 No 1.

Tanudjaya, P.K. 2014. Pengaruh kualitas pelayanan klinik gigi terhadap kepuasan dan kepercayaan pasien sehingga menigkatkan keinginan untuk berobat kembali. Jurnal Manajemen Dan Pemasaran Jasa,. vol 7. no 1, 39-60.

Tjiptono, F dan Chandra, G. 2012. Pemasaran Strategik, Yogyakarta, Andi.

Wijayanti, Ari. (2008). Strategi Meningkatkan Loyalitas Melalui Kepuasan Pelanggan Pada Produk Kartu Seluler PraBayar Mentari- Indosat Wilayah Semarang. Program Studi Magister Manajemen. Universitas Diponegoro, Semarang.

Yusuf, M. 2017. Metode penelitian: kuantitatif, kualitatif dan penelitian gabungan, edisi pertama. Jakarta: Kencana.




DOI: https://doi.org/10.24967/ekombis.v4i1.452

Article Metrics

Abstract view : 2305 times
PDF (Bahasa Indonesia) : 823 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Khairul Ikhsan, Anggit Yoebrilianti, nurhasanah nurhasanah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Ekombis Sains: Jurnal Ekonomi, Keuangan dan Bisnis is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License