Pengaruh Persepsi Manfaat terhadap Minat Menggunakan E-Wallet LinkAja di Kota Bandar Lampung Dengan Kepercayaan sebagai Variabel Intervening

Yasinta Amartiwi, Alfina Zsazsa Naqiya

Abstract


Kemajuan teknologi finansial telah mendorong perubahan signifikan dalam perilaku konsumen, termasuk dalam penggunaan dompet digital (e-wallet). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh persepsi manfaat terhadap minat menggunakan aplikasi e-wallet LinkAja, dengan kepercayaan sebagai variabel mediasi di Kota Bandar Lampung. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan survei terhadap 120 responden pengguna aktif LinkAja. Analisis data dilakukan menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) berbasis Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi manfaat berpengaruh positif terhadap kepercayaan, dan kepercayaan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat penggunaan. Temuan ini menegaskan bahwa membangun kepercayaan pengguna dapat memperkuat hubungan antara persepsi manfaat dan minat dalam penggunaan layanan e-wallet.

Keywords


Persepsi manfaat, minat penggunaan, e-wallet, kepercayaan, LinkAja

References


Nurzanita, R., & Marlena, N. (t.t.-c). Pengaruh persepsi manfaat terhadap keputusan penggunaan gopay di surabaya dengan kepercayaan sebagai variabel intervening. AKUNTABEL, 17(2), 2020–2277. http://journal.feb.unmul.ac.id/index.php/AKUNTABEL

Pengelola Jurnal dan Publikasi, B., Ernawati, N., & Noersanti Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Jl Kayu Jati Raya, L. (2020). Jurnal Manajemen STEI Pengaruh Persepsi Manfaat, Kemudahan Penggunaan dan Kepercayaan terhadap Minat Penggunaan pada Aplikasi OVO. BPJP) Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Jakarta, 03(02). www.bi.go.id/id/statistik

Prima Citra, A., Kuswantoro, A., Pendidikan Ekonomi, J., & Ekonomi, F. (2020). Economic Education Analysis Journal Terakreditasi SINTA 5 Pengaruh Persepsi Kegunaan dan Persepsi Kemudahan Terhadap Penggunaan Sistem Informasi Manajemen Administrasi Desa/SMARD. https://doi.org/10.15294/eeaj.v9i2.38999

Putri, D. E., Sinaga, O. S., Sudirman, A., Augustinah, F., & Dharma, E. (2022). Analysis of the Effect of Perceived Ease of Use, Perceived Usefulness, Trust, and Cashback Promotion on Intention to Use E-wallet. International Journal of Economics, Business and Management Research, 06(11), 63–75. https://doi.org/10.51505/ijebmr.2022.61105

Ramadhan, A., & Safari Tamba, R. (2022). Pengaruh Persepsi Manfaat dan Persepsi Kemudahan Terhadap Minat Penggunaan E-wallet Gopay di wilayah DKI Jakarta. Dalam 134 JURNAL ABIWARA (Vol. 3, Nomor 2). http://ojs.stiami.ac.id

Wibasuri, A., Purnomowati, I., & Santi Singagerda, F. (2022). Exploring the Impact of Relevant Factors on the Acceptance of Cryptocurrency Mobile Apps: An Extended Technology Acceptance Model (TAM-3). International Journal of Artificial Intelegence Research, 6(1). https://doi.org/10.29099/ijair.v6i1.1.971

Wibasuri, A., Rahayu, M., Wayan, N., Adi, C., Made, I., & Suryawan, Y. (2022). Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bi snis MINAT INDIVIDU TERHADAP PENGGUNAAN E-WALLET SHOPEE PAYLATER BERBASIS MODIFIED TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL a. 7(2). https://journal.undiknas.ac.id/index.php/manajemen




DOI: https://doi.org/10.24967/ekombis.v10i1.4427

Article Metrics

Abstract view : 144 times
PDF (Bahasa Indonesia) : 65 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Yasinta Amartiwi, Alfina Zsazsa Naqiya

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Ekombis Sains: Jurnal Ekonomi, Keuangan dan Bisnis is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License