Kualitas Pelayanan, Promosi, Dan Harga Sebagai Anteseden Keputusan Pembelian Pada Indomaret di Kota Kalianda

Alfina Zsazsa Naqiya, Yasinta Amartiwi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kualitas pelayanan, promosi, dan harga terhadap keputusan pembelian pada Indomaret di Kota Kalianda. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang pernah membeli produk pada Indomaret di Kota Kalianda. Sampel dalam penelitian ini 150 sampel konsumen yang pernah membeli produk pada Indomaret di Kota Kalianda. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik sampling non probability sampling dengan metode area sampling. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data yang digunakan untuk menjawab hipotesis adalah regresi linier berganda uji T dan uji F. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pembelian, promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pembelian, harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pembelian, serta menunjukkan kualitas pelayanan, promosi, dan harga berpengaruh secara simultan terhadap kepuasan pembelian. Nilai R square sebesar 0,697 Menunjukkan bahwa kemampuan variabel independen dalam menjelaskan variasi variabel dependen sebesar 69,7% dan sisanya 80,3% dijelaskan oleh variabel diluar model penelitian.

Keywords


Kualitas Pelayanan, Promosi, Harga, Dan Keputusan Pembelian

References


Anggraini, R. N. (2019). Pengaruh Celebrity Endorser Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Shampo Sunsilk Hijab Recharge. Jurnal Administrasi Bisnis, 8(1).

Apriyani, D, A., & Sunarti. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen (Survei Pada Konsumen The Little A Coffee Shop Sidoarjo). Jurnal Administrasi Bisnis (Jab), 51(2), 1–7. Www.Bisnissurabaya.Com

Askal, S., Naqiya, A. Z., & Siswanto, A. (2024). The Influence Of Brand Image, Product Quality, Promotion, And Purchasing System On Purchasing Decisions (Honda Automatic Motorcycle Purchase Decision In Yogyakarta City). Equity: Jurnal Ekonomi, 12(2), 43–52. Https://Doi.Org/10.33019/Equity.V12i2.345

Asti, E. G., & Ayuningtyas, E. A. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Ekonomi Manajemen Bisnis, 01(01), 1–14.

Bairizki, A. (2017). Pengaruh Harga, Promosi Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Dalam Meningkatkan Penjualan (Studi Kasus Pada Ud Ratna Cake & Cookies). Jurnal Valid, 14(2), 71–86.

Janita, I., Suharyono, S., & Kusumawati, A. (2014). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Dalam Membentuk Loyalitas Pelanggan (Studi Pada Pelanggan Mcdonald’s Mt.Haryono Malang). In Jurnal Administrasi Bisnis (Jab)|Vol (Vol. 15, Issue 1).

Maharani, A., Arifin, R., & Suharto, M. K. A. B. (2022). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Persepsi Harga, Promosi Dan Label Halal Terhadap Kepuasan Pelanggan Ms Glow Pada Rentang Usia 18-25 Tahun Di Kota Malang. E-Jrm : Elektronik Jurnal Riset Manajemen, 10(Ejrm Vol. 10 No. 13 Agustus 2021), 78–95. Http://Riset.Unisma.Ac.Id/Index.Php/Jrm/Article/View/14552

Muangsal. (2019). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian. Atrabis: Jurnal Administrasi Bisnis (E-Journal), 5(2), 25–39. Https://Doi.Org/10.38204/Atrabis.V5i2.247

Pardede, R., & Haryadi, T. Y. (2017). Pengaruh Persepsi Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Yang Dimediasi Kepuasan Konsumen. Journal Of Business & Applied Management, 10(1). Https://Doi.Org/10.30813/Jbam.V10i1.870

Prayoni, I. A., & Respati, N. N. R. (2020). Peran Kepuasan Konsumen Memediasi Hubungan Kualitas Produk Dan Persepsi Harga Dengan Keputusan Pembelian Ulang. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 9(4), 1379. Https://Doi.Org/10.24843/Ejmunud.2020.V09.I04.P08

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif.

Yanti, N. D., & Darwanto. (2021). Analisis Pengaruh Labelisasi Halal Dan Digital Selling Terhadap Minat Beli Kosmetik Halal. Ad-Deenar: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 5(1), 1–21. Https://Doi.Org/10.30868/Ad.V5i01.1144

Yudi Darma. (2019). Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Produk, Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Minat Pembelian Ulang. Proceedings Of The Institution Of Mechanical Engineers, Part J: Journal Of Engineering Tribology, 224(11), 122–130.

Zano, B. R., & Santoso, T. (2019). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Iklan Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha Pada Pt Surya Timur Sakti Jatim Surabaya. 7(1).




DOI: https://doi.org/10.24967/ekombis.v10i1.4425

Article Metrics

Abstract view : 111 times
PDF (Bahasa Indonesia) : 50 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Alfina Zsazsa Naqiya, Yasinta Amartiwi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Ekombis Sains: Jurnal Ekonomi, Keuangan dan Bisnis is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License