PENGARUH PROMOSI MELALUI MEDIA SOSIAL DAN KESADARAN MEREK TERHADAP MINAT BELI PRODUK UNIQLO
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh promosi melalui media sosial dan kesadaran merek terhadap minat beli produk uniqlo. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 100 responden. Dari hasil uji analisis regresi berganda variabel promosi melalui media sosial berpengaruh positif terhadap minat beli produk uniqlo sebesar 0.300, variabel kesadaran merek berpengaruh positif terhadap minat beli sebesar 0.417. Dari hasil uji t variabel promosi melalui media sosial berpengaruh signifikan terhadap minat beli, dan variabel kesadaran merek juga berpengaruh signifikan terhadap minat beli.. Dari hasil pengujian koefisien determinasi (R2) variabel promosi melalui media sosial dan kesadaran merek dapat menjelaskan minat beli sebesar 0,314 atau 31,4% sedangkan sisanya 0,686 atau 68,6% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti.
Keywords
Promosi Media Sosial, Kesadaran Merek, Minat Beli
References
Armanto, R., Islamiah, B., & Gunarto, M. (2022). Pengaruh Citra Merek dan Kepercayaan Merek terhadap Loyalitas Merek Mie Instan. Jurnal Nasional Manajemen Pemasaran & SDM, 3(2), 58–68.
Armida, T. (2023). Pengaruh Sosial Media Marketing Dan Review Terhadap Minat Beli Pada Aplikasi Lazada (Studi Kasus Mahasiswa UTND ). Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 2(2), 29–42. https://doi.org/10.36490/jmdb.v2i2.843
Arvy Ginting, R., Angelia, A., Salsabila, T., Damero, S., Primananda, R., & Setyo, K. (2023). Pengaruh Green Marketing, Inovasi Produk dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus: PT Unilever Indonesia Tbk). Jurnal Ilmu Multidisplin, 1(4), 986–992.https://doi.org/10.38035/jim.v1i4.198
Faizathul Octavia, Y. (2022). Pengaruh Promosi Media Sosial Terhadap Minat Beli Konsumen Kuliner Ayam Square (Studi Pengguna Instagram & Tiktok Di Kota Mataram). IJBEM: Indonesian Journal of Business Economics, 2(1), 16–22.
Hair, J. F., Risher, J. J., Sarstedt, M., & Ringle, C. M. (2019). The Results of PLS-SEM Article information. European Business Review, 31(1), 2–24.
Kertajaya, H., & Kotler, P. (2019). Marketing 4.0. In John Wiley & Sons, Inc. (Vol. 1, Issue 1). Hoboken, New Jersey.http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_Sistem_Pembetungan_Terpusat_Strategi_Melestari
Kotler, P., & Keller, K. L. (2022). Marketing Management. In Harlow : Pearson Education: Vol. 16/E. Pearson Education.
Nikmatulloh, A. A., & Wijayanto, A. (2021). Pengaruh Kesadaran Merek, Kepercayaan, Dan Harga Terhadap Minat Beli Online Pada Marketplace Bukalapak (Studi Pada Pengguna Bukalapak Di Kota Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 10(1), 837–848.https://doi.org/10.14710/jiab.2021.29832
Putra, B., Pratama, E., Setianingrum, V. M., & Sos, S. (2025). Pengaruh Sosial Media Marketing Instagram Terhadap Keputusan Pembelian Produk Makanan Laziza. Tahun, 09(03), 75–89.
Putra, D. R., & Prasetyawati, Y. R. (2021). Pengaruh Green Product Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen Melalui Green Advertising (Studi Terhadap Konsumen Starbucks). Jurnal Manajemen Pemasaran, 15(2), 69–74. https://doi.org/10.9744/pemasaran.15.2.69-74
Sadr, M. B., & Madiawati, P. N. (2023). Pengaruh Electronic Word Of Mouth Dan Content Marketing Terhadap Purchase Intention Yang Dipengaruhi Oleh Brand Image Pada Instagram McDonald’s Indonesia. E-Proceeding of Management, 10(1), 139–148.
Santhi, N. W. E. D., Kusuma, I. G. N. A. G. E. T., & Atmaja, N. P. C. D. (2022). Pengaruh Green Marketing, Promosi Media Sosial, Dan Brand Image Terhadap Minat Beli Air Minum Dalam Kemasan (Amdk) Aqua Di Denpasar. Jurnal Emas, 3, 227–236.
Theresia, J., Pasaribu, R. M., Liana, T. M. M., & Naibaho, K. E. T. (2024). Faktor Yang Mempengaruhi Keterlibatan Pelanggan Dan Dampak Pada Niat Membeli Kembali Di E-Commerce Shopee. Jurnal Business and Management, 2(2), 289–290.
Tuten, Tracy L. ; Solomon, M. R. (2019). Social Media Marketing. In Matthew Waters (Ed.), Sustainability (Switzerland) (Vol. 11, Issue 1). SAGE. http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017Eng8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_Sistem_Pembetungan_Terpusat_Strategi_Melestari
Yosefine, C., & Budiono, H. (2023). Pengaruh Kesadaran Merek, Citra Merek, dan Kepercayaan Merek terhadap Minat Beli Produk Innisfree pada Mahasiswa/i Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Tarumanagara. Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan, 5(2), 277–286. https://doi.org/10.24912/jmk.v5i2.23395
DOI: https://doi.org/10.24967/ekombis.v10i1.4251
Article Metrics
Abstract view : 222 times
PDF (Bahasa Indonesia) : 114 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Krismanto Erick Tobush Naibaho

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Abstract
Keywords
References
Armanto, R., Islamiah, B., & Gunarto, M. (2022). Pengaruh Citra Merek dan Kepercayaan Merek terhadap Loyalitas Merek Mie Instan. Jurnal Nasional Manajemen Pemasaran & SDM, 3(2), 58–68.
Armida, T. (2023). Pengaruh Sosial Media Marketing Dan Review Terhadap Minat Beli Pada Aplikasi Lazada (Studi Kasus Mahasiswa UTND ). Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 2(2), 29–42. https://doi.org/10.36490/jmdb.v2i2.843
Arvy Ginting, R., Angelia, A., Salsabila, T., Damero, S., Primananda, R., & Setyo, K. (2023). Pengaruh Green Marketing, Inovasi Produk dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus: PT Unilever Indonesia Tbk). Jurnal Ilmu Multidisplin, 1(4), 986–992.https://doi.org/10.38035/jim.v1i4.198
Faizathul Octavia, Y. (2022). Pengaruh Promosi Media Sosial Terhadap Minat Beli Konsumen Kuliner Ayam Square (Studi Pengguna Instagram & Tiktok Di Kota Mataram). IJBEM: Indonesian Journal of Business Economics, 2(1), 16–22.
Hair, J. F., Risher, J. J., Sarstedt, M., & Ringle, C. M. (2019). The Results of PLS-SEM Article information. European Business Review, 31(1), 2–24.
Kertajaya, H., & Kotler, P. (2019). Marketing 4.0. In John Wiley & Sons, Inc. (Vol. 1, Issue 1). Hoboken, New Jersey.http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_Sistem_Pembetungan_Terpusat_Strategi_Melestari
Kotler, P., & Keller, K. L. (2022). Marketing Management. In Harlow : Pearson Education: Vol. 16/E. Pearson Education.
Nikmatulloh, A. A., & Wijayanto, A. (2021). Pengaruh Kesadaran Merek, Kepercayaan, Dan Harga Terhadap Minat Beli Online Pada Marketplace Bukalapak (Studi Pada Pengguna Bukalapak Di Kota Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 10(1), 837–848.https://doi.org/10.14710/jiab.2021.29832
Putra, B., Pratama, E., Setianingrum, V. M., & Sos, S. (2025). Pengaruh Sosial Media Marketing Instagram Terhadap Keputusan Pembelian Produk Makanan Laziza. Tahun, 09(03), 75–89.
Putra, D. R., & Prasetyawati, Y. R. (2021). Pengaruh Green Product Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen Melalui Green Advertising (Studi Terhadap Konsumen Starbucks). Jurnal Manajemen Pemasaran, 15(2), 69–74. https://doi.org/10.9744/pemasaran.15.2.69-74
Sadr, M. B., & Madiawati, P. N. (2023). Pengaruh Electronic Word Of Mouth Dan Content Marketing Terhadap Purchase Intention Yang Dipengaruhi Oleh Brand Image Pada Instagram McDonald’s Indonesia. E-Proceeding of Management, 10(1), 139–148.
Santhi, N. W. E. D., Kusuma, I. G. N. A. G. E. T., & Atmaja, N. P. C. D. (2022). Pengaruh Green Marketing, Promosi Media Sosial, Dan Brand Image Terhadap Minat Beli Air Minum Dalam Kemasan (Amdk) Aqua Di Denpasar. Jurnal Emas, 3, 227–236.
Theresia, J., Pasaribu, R. M., Liana, T. M. M., & Naibaho, K. E. T. (2024). Faktor Yang Mempengaruhi Keterlibatan Pelanggan Dan Dampak Pada Niat Membeli Kembali Di E-Commerce Shopee. Jurnal Business and Management, 2(2), 289–290.
Tuten, Tracy L. ; Solomon, M. R. (2019). Social Media Marketing. In Matthew Waters (Ed.), Sustainability (Switzerland) (Vol. 11, Issue 1). SAGE. http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017Eng8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_Sistem_Pembetungan_Terpusat_Strategi_Melestari
Yosefine, C., & Budiono, H. (2023). Pengaruh Kesadaran Merek, Citra Merek, dan Kepercayaan Merek terhadap Minat Beli Produk Innisfree pada Mahasiswa/i Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Tarumanagara. Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan, 5(2), 277–286. https://doi.org/10.24912/jmk.v5i2.23395
Ekombis Sains: Jurnal Ekonomi, Keuangan dan Bisnis is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License