STRATEGI PEMASARAN KOPI ROBUSTA BERDASARKAN ANALISA SWOT PADA PT. BENTENG WIJAYA PERKASA
Abstract
PT. Benteng Wijaya adalah salah satu pengekspor kopi, sebagai sister company dari CV. Hasil Karya Wijaya, distributor gula besar di Indonesia. PT. Benteng Wijaya telah memulai bisnis ekspor kopi sejak 2014. Sebagai pemain baru dalam bisnis kopi, perusahaan menemukan persaingan yang sangat ketat baik dalam perdagangan lokal dan asing, oleh karena itu PT. Benteng membutuhkan strategi pemasaran  untuk meningkatkan volume  penjualan  dan  bersaing  dengan perusahaan  domestik serta perusahaan  multinasional  dengan  produksi  kopi terbatas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pemasaran yang akan diterapkan oleh perusahaan. Oleh karena itu PT. Benteng Wijaya harus mencari kekuatan dan kelemahan, peluang dan faktor ancaman perusahaan, eksternal  dan  internal,  dan  untuk  menganalisis  strategi yang  tepat  untuk diterapkan  oleh  PT  Benteng  Wijaya.  Jenis penelitian  ini  adalah  penelitian kualitatif deskriptif dengan analisis SWOT. Metode yang digunakan adalah menggunakan matriks IFAS-EFAS, Exterenal dan Internal dan SWOT untuk menemukan 4 set strategi pembangunan alternatif. Penelitian menemukan modal yang kuat, sumber  daya  manusia  yang baik  dan  produksi  sebagai  kekuatan terbesar, kurang efisien dalam biaya sebagai kelemahan utama, pasar bebas dan tuntutan lokal yang lebih kuat sebagai peluang utama dan kopi impor, persaingan yang kuat dari perusahaan asing dan peraturan lokal sebagai ancaman terbesar bagi bisnis perusahaan. Hasil akhir menunjukkan bahwa perusahaan telah memposisikan dalam kondisi pertumbuhan dimana ia harus memusatkan diri dengan strategi ganda dari implementasi intregration vertikal. Perusahaan perlu memperluas perdagangan dari ekspor ke impor dan perdagangan lokal.
Keywords
Kata kunci: Strategi Pemasaran, Volume Penjualan, Perdagangan, Eksportir, Kopi
Full Text:
pdf
References
Alma, Buchari, 2007. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Yogyakarta : Andi
Churchill, Gilbert A. 2005. Dasar-Dasar Riset Pemasaran. Dialih bahasakan oleh Andrianto, S.E., Dr. Dwi Kartini Yahya S.E. M.M., Emil Salim S.E. Edisi keempat. Jilid 1.Jakarta : Erlangga
Hasan, M. Iqbal. 2002. Pokok-Pokok Materi Metodologi Penelitian danAplikasinya. Jakarta : Ghalia Indonesia
Hill T dan Westbrook R, 1997. SWOT Analysis : It’s Time for a Product Recall, Long Range Planning
Kangas J. Kurtilla M, Kajanus M. dan Kangas A. 2004, Evaluating the Management Strategies and a forestland State – the SOS Approach. Journal of Environmental Management
Karppi L, Kokkonen M. dan Lahteenmaki-Smith K., 2001. SWOT-Analysis as a Basis for Regional Strategies. Working Paper, 2001. Nordregio Nordic Center for Spatial Development, Stockholm, Sweden
Keegan, Warren J. 2011. Strategi Pemasaran Global – Edisi ke 6. Jakarta : Indeks
Kristianto, Jajat. 2011. Manajemen Pemasaran Internasional : Sebuah Pendekatan Strategi. Jakarta : Erlangga.
Kotler, Philip dan Gary Amstrong. 2012. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Dialih bahasakan oleh Bob Sabran, MM. Edisi 12 Jilid I. Jakarta : Erlangga.
Kotler Philip. 2012. Manajemen di Indonesia (Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian), terjemahan A.B Susanto, Jakarta : Salemba Empat
Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2009.Manajemen Pemasaran. Dialih bahasakan oleh Bob Sabran, MM. Edisi 13 Jilid I. Jakarta : Erlangga.
Moelong, Lexy J. 2005. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung : Remaja Rosdakarya
Narbuko, Cholid dan Abu Achmadi. 1997. Metodologi Penelitian. Jakarta : Bumi Aksara
Rangkuti, Freddy, 2015. Teknik Membedah Kasus Bisnis : Analisis SWOT. Jakarta : PT. Gramedia
Rangkuti, Freddy, 2015. Personal SWOT Analysis. Jakarta : PT. Gramedia
Sastradipoera, Komarrudin. 2003. Manajemen Marketing (Sesuatu Pendekatan Rumusan Maketing). Bandung : Kappa-sigma
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : CV. Alfabeta
HB Sutopo. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif Dasar Teori dan Terapannya Dalam Penelitian. Surakarta: UNS Press
Tjiptono, Fandy, 2008. Strategi Pemasaran. Yogyakarta : Andi Offset
Urban, Glen L dan Start, Steven H., 1991, Advanced Marketing Strategic. New Jersey : Prentice Hall International Inc.
Vonk G, Geertman S dan Schot P. 2007, A SWOT Analysis of Planning Support Systems. Environment and Planning A39, 1699-1714
Wheelen, Thomas L dan J. David Hunger, 2012. Pearson International Edition Strategic Management and Business Policy. United States of America : Pearson
Weihrich H, 1989. The TOWS Matrix – A Tool for Situational Analysis. Long
Range Planning 15, 54-66
Drajat , Bambang, Agustian, Adang dan Supriatna, Ade. 2007. Ekspor dan Daya Saing Kopi Biji Indonesia di Pasar Internasional : Implikasi Strategis bagi Pengembangan Kopi Biji Organik. Bogor : Balai Besar Pengkajian Teknologi Pertanian.
Fitriyah, InayahIchwanda, Arifin, Zainul dan Yulianto Edy. 2015. Analisis Strategi Pemasaran untuk Meningkatkan Volume Penjualan Ekspor (Studipada PT. Petrokimia Gresik. Malang) : Universitas Brawijaya Malang
Khan, Tahsina. 2013. STP : Strategy for New Product Launch-a Work in Progress, Bangladesh : International Journal of Business and Management Invention
Hermanto. 2016. Analisis SWOT Obat Batuk Prospan pada PT. Soho Global
Health, Jakarta : Jurnal Metris Universitas Indraprasta PGRI
Yuniartya, Lidia, 2017. GAEKI :Potensi Ekspor Kopi Indonesia Masih Cukup Besar. http://industri.kontan.co.id/news/gaeki-potensi-ekspor-kopi-indonesia- masih-besar(diakses tanggal 15 November 2017)
Surya, 2017. GAEKI : Gabungan Eksportir Kopi Tolak Penerapan Kembali PPN 10%. http://surabaya.tribunnews.com/2017/08/04/gabungan-eksportir-kopi-tolak- penerapan-kembali-ppn-10-persen-pada-petani-kopi?page=2(diakses tanggal 24 Februari 2018)
GAEKI, 2007 http://gaeki.or.id/produk-petani-dikenai-ppn-10/ (diakses tanggal 24 Februari 2018
Sinaro, Sfaynizal Datuk, 2014 . AEKI Tolak PPN Biji Kopi http://www.sinarharapan.co/news/read/140815036/aeki-tolak-ppn-biji-kopi-span- span- (diakses tanggal 24 Februari 2018)
DOI: https://doi.org/10.24967/ekombis.v3i2.396
Article Metrics
Abstract view : 1887 times
pdf : 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Benny Prakarsa Yustianto, Andala Rama Putra Barusman, Tina Miniawati Barusman
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Abstract
PT. Benteng Wijaya adalah salah satu pengekspor kopi, sebagai sister company dari CV. Hasil Karya Wijaya, distributor gula besar di Indonesia. PT. Benteng Wijaya telah memulai bisnis ekspor kopi sejak 2014. Sebagai pemain baru dalam bisnis kopi, perusahaan menemukan persaingan yang sangat ketat baik dalam perdagangan lokal dan asing, oleh karena itu PT. Benteng membutuhkan strategi pemasaran  untuk meningkatkan volume  penjualan  dan  bersaing  dengan perusahaan  domestik serta perusahaan  multinasional  dengan  produksi  kopi terbatas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pemasaran yang akan diterapkan oleh perusahaan. Oleh karena itu PT. Benteng Wijaya harus mencari kekuatan dan kelemahan, peluang dan faktor ancaman perusahaan, eksternal  dan  internal,  dan  untuk  menganalisis  strategi yang  tepat  untuk diterapkan  oleh  PT  Benteng  Wijaya.  Jenis penelitian  ini  adalah  penelitian kualitatif deskriptif dengan analisis SWOT. Metode yang digunakan adalah menggunakan matriks IFAS-EFAS, Exterenal dan Internal dan SWOT untuk menemukan 4 set strategi pembangunan alternatif. Penelitian menemukan modal yang kuat, sumber  daya  manusia  yang baik  dan  produksi  sebagai  kekuatan terbesar, kurang efisien dalam biaya sebagai kelemahan utama, pasar bebas dan tuntutan lokal yang lebih kuat sebagai peluang utama dan kopi impor, persaingan yang kuat dari perusahaan asing dan peraturan lokal sebagai ancaman terbesar bagi bisnis perusahaan. Hasil akhir menunjukkan bahwa perusahaan telah memposisikan dalam kondisi pertumbuhan dimana ia harus memusatkan diri dengan strategi ganda dari implementasi intregration vertikal. Perusahaan perlu memperluas perdagangan dari ekspor ke impor dan perdagangan lokal.
Keywords
Full Text:
pdfReferences
Alma, Buchari, 2007. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Yogyakarta : Andi
Churchill, Gilbert A. 2005. Dasar-Dasar Riset Pemasaran. Dialih bahasakan oleh Andrianto, S.E., Dr. Dwi Kartini Yahya S.E. M.M., Emil Salim S.E. Edisi keempat. Jilid 1.Jakarta : Erlangga
Hasan, M. Iqbal. 2002. Pokok-Pokok Materi Metodologi Penelitian danAplikasinya. Jakarta : Ghalia Indonesia
Hill T dan Westbrook R, 1997. SWOT Analysis : It’s Time for a Product Recall, Long Range Planning
Kangas J. Kurtilla M, Kajanus M. dan Kangas A. 2004, Evaluating the Management Strategies and a forestland State – the SOS Approach. Journal of Environmental Management
Karppi L, Kokkonen M. dan Lahteenmaki-Smith K., 2001. SWOT-Analysis as a Basis for Regional Strategies. Working Paper, 2001. Nordregio Nordic Center for Spatial Development, Stockholm, Sweden
Keegan, Warren J. 2011. Strategi Pemasaran Global – Edisi ke 6. Jakarta : Indeks
Kristianto, Jajat. 2011. Manajemen Pemasaran Internasional : Sebuah Pendekatan Strategi. Jakarta : Erlangga.
Kotler, Philip dan Gary Amstrong. 2012. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Dialih bahasakan oleh Bob Sabran, MM. Edisi 12 Jilid I. Jakarta : Erlangga.
Kotler Philip. 2012. Manajemen di Indonesia (Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian), terjemahan A.B Susanto, Jakarta : Salemba Empat
Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2009.Manajemen Pemasaran. Dialih bahasakan oleh Bob Sabran, MM. Edisi 13 Jilid I. Jakarta : Erlangga.
Moelong, Lexy J. 2005. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung : Remaja Rosdakarya
Narbuko, Cholid dan Abu Achmadi. 1997. Metodologi Penelitian. Jakarta : Bumi Aksara
Rangkuti, Freddy, 2015. Teknik Membedah Kasus Bisnis : Analisis SWOT. Jakarta : PT. Gramedia
Rangkuti, Freddy, 2015. Personal SWOT Analysis. Jakarta : PT. Gramedia
Sastradipoera, Komarrudin. 2003. Manajemen Marketing (Sesuatu Pendekatan Rumusan Maketing). Bandung : Kappa-sigma
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : CV. Alfabeta
HB Sutopo. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif Dasar Teori dan Terapannya Dalam Penelitian. Surakarta: UNS Press
Tjiptono, Fandy, 2008. Strategi Pemasaran. Yogyakarta : Andi Offset
Urban, Glen L dan Start, Steven H., 1991, Advanced Marketing Strategic. New Jersey : Prentice Hall International Inc.
Vonk G, Geertman S dan Schot P. 2007, A SWOT Analysis of Planning Support Systems. Environment and Planning A39, 1699-1714
Wheelen, Thomas L dan J. David Hunger, 2012. Pearson International Edition Strategic Management and Business Policy. United States of America : Pearson
Weihrich H, 1989. The TOWS Matrix – A Tool for Situational Analysis. Long
Range Planning 15, 54-66
Drajat , Bambang, Agustian, Adang dan Supriatna, Ade. 2007. Ekspor dan Daya Saing Kopi Biji Indonesia di Pasar Internasional : Implikasi Strategis bagi Pengembangan Kopi Biji Organik. Bogor : Balai Besar Pengkajian Teknologi Pertanian.
Fitriyah, InayahIchwanda, Arifin, Zainul dan Yulianto Edy. 2015. Analisis Strategi Pemasaran untuk Meningkatkan Volume Penjualan Ekspor (Studipada PT. Petrokimia Gresik. Malang) : Universitas Brawijaya Malang
Khan, Tahsina. 2013. STP : Strategy for New Product Launch-a Work in Progress, Bangladesh : International Journal of Business and Management Invention
Hermanto. 2016. Analisis SWOT Obat Batuk Prospan pada PT. Soho Global
Health, Jakarta : Jurnal Metris Universitas Indraprasta PGRI
Yuniartya, Lidia, 2017. GAEKI :Potensi Ekspor Kopi Indonesia Masih Cukup Besar. http://industri.kontan.co.id/news/gaeki-potensi-ekspor-kopi-indonesia- masih-besar(diakses tanggal 15 November 2017)
Surya, 2017. GAEKI : Gabungan Eksportir Kopi Tolak Penerapan Kembali PPN 10%. http://surabaya.tribunnews.com/2017/08/04/gabungan-eksportir-kopi-tolak- penerapan-kembali-ppn-10-persen-pada-petani-kopi?page=2(diakses tanggal 24 Februari 2018)
GAEKI, 2007 http://gaeki.or.id/produk-petani-dikenai-ppn-10/ (diakses tanggal 24 Februari 2018
Sinaro, Sfaynizal Datuk, 2014 . AEKI Tolak PPN Biji Kopi http://www.sinarharapan.co/news/read/140815036/aeki-tolak-ppn-biji-kopi-span- span- (diakses tanggal 24 Februari 2018)
Ekombis Sains: Jurnal Ekonomi, Keuangan, dan Bisnis is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License