Pengaruh IHarga ITerhadap IPenjualan IPertamax ITurbo Pada ISPBUI24.354.61 IKalianda IKabupaten I Lampung ISelatan

Reza Pahlepi, Ahiruddin Ahiruddin, Ani Pujiati, Kinanti Nurul Faithya

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dampak harga terhadap volume penjualan Pertamax Turbo di SPBU 24.354.61 Kalianda, Kabupaten Lampung Selatan. Dengan meningkatnya persaingan dalam pasar bahan bakar minyak (BBM), perusahaan diharuskan untuk memaksimalkan strategi pemasaran, salah satunya melalui kebijakan harga yang sesuai. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif dengan pengumpulan data melalui wawancara, observasi, kuesioner, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa harga memberikan pengaruh yang signifikan terhadap penjualan Pertamax Turbo di SPBU tersebut, dengan koefisien regresi sebesar 0,506, yang berarti setiap kenaikan harga 1% akan menyebabkan peningkatan penjualan sebesar 0,506%. Uji t juga mengungkapkan bahwa harga berpengaruh signifikan terhadap penjualan, terbukti dengan nilai t hitung yang lebih besar dari t tabel pada tingkat kepercayaan 95%. Berdasarkan hasil ini, disarankan agar SPBU 24.354.61 Kalianda meningkatkan kegiatan edukasi kepada konsumen mengenai kelebihan produk yang ditawarkan serta mengevaluasi strategi pemasaran yang telah diterapkan untuk mencapai target penjualan yang lebih optimal.

Keywords


Harga, Volume Penjualan, Pertamax Turbo, SPBU 24.354.61 Kalianda, Regresi Linier, Pemasaran, Kebijakan Harga, Strategi Pemasaran

Full Text:

PDF

References


Anoraga. i2015. iManajemen iPemasaran iUsaha iKesehatan. iEdisi iI, iYogayakarta: i2015

Bobby iAditya iRahman, idkk, i2015. Pengaruh iHarga idan iKualitas iPelayanan iTerhadap iKepuasan iPelanggan i(Studi iKasus iPerjalanan iUmrah ipada iPT.Dago iWisata iInternasional): iBandung.

Budi iLeksono, idkk. i2012. iManajemen iPemasaran iDasar iKonsep idan iStrategi. iCetakan iKeenam, iJakarta: iRaja iGrafindo iPersada, i2012

Kotler dan G. Armstrong 2018. Principle of Marketing. Edisi 17. Pearson Education. England.

IKotler iPhilip, idan iKevin iLane iKeller, i2021. iManajemen iPemasaran. iTerjemahan

Priyatno i(2018). iMetode iPenelitian iPendidikan: iPendekatan iKuantitatif, iKualitatif idan iR&D. iBandung: iAlfabeta.

S Sugiyono, i2021. iMetode iKuantitatif idan iKualitatif iR&D, iCetakan ike i15, iBandung: iAlfabeta.

Safitri, iMeilinda. i2019. iAnalisis iPengaruh iHarga iJual iTerhadap iVolume iPenjualan iMobil iKijang iInnova iVI iPada iAuto i2000 idi iBandar iLampung. iJMMS i: iVol. i03 iNo. i03. iBandar iLampung. iUniversitas iSang iBumi iRuwa iJurai.

Sutanto. i2021. iMarketing iin iBussiness, iEdisi iI, iJakarta: iMitra iWencana iMedia. iStanton, iWilliam i2021. iJ. iPrinsip iPemasaran. iEdisi iVII, iJakarta: iErlangga.

Swasta, iBasu idan iIrawan. i2018. iManajemen iPemasaran iModern. iEdisi i2, iJogjakarta: iLiberty.

Tembesi Citra Neisia dkk (2018). Pengaruh Harga Terhadap Penjualan Motor Yamaha Mio di PT. Hasjrat Abadi Outlet Karombasan Manado.Jurnal Administrasi Bisnis. Vol. 6.No. 3. Juli 2018. Fisipol Unsrat. Manado.

Tjiptono, iFandy idan iGregorius. i2015. iChandra. iService, iQuality idan iSatisfaction

Edisi iI, iCet iII, iYogyakarta: iANDI.

Winardi. iManajemen iPemasaran, iAnalisa iPerilaku iKonsumen. iEdisi iI, iCet iIII, iYogyakarta: iBPFE, i2021




DOI: https://doi.org/10.24967/ekombis.v9i2.3898

Article Metrics

Abstract view : 595 times
PDF : 201 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Reza Pahlepi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Ekombis Sains: Jurnal Ekonomi, Keuangan dan Bisnis is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License