PENGARUH KINERJA TENAGA PENJUALAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA CV. ARTHANZA DI BANDAR LAMPUNG
Abstract
Dalam keadaan ekonomi yang sulit dan persaingan sangat ketat, perusahaan harus bekerja keras untuk tetap dapat mempetahankan kelangsungan hidupnya dengan menerapkan strategi pemasaran yang tepat. Pemasaran akan dianggap berhasil bila mampu menghasilkan tidak saja volume penjualan yang meningkat, tapi juga pelanggan yang merasa puas. Permasalahannya adalah apakah kinerja tenaga penjualan berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan pada CV. Arthanza di Bandar Lampung?. Hipotesis yang dirumuskan yaitu kepuasan pelanggan pada CV. Arthanza dipengaruhi secara positif oleh kinerja tenaga penjual. Untuk mengetahui apakah variabel bebas kinerja tenaga penjual berpengaruh positif terhadap kepuasan pelanggan pada CV. Arthanza , digunakan analisis regresi sederhana. Adapun hasil penelitian yaitu kinerja tenaga penjual berpengaruh positif terhadap kepuasan pelanggan pada CV. Arthanza. Hal ini menunjukan variabel bebas dapat menjelaskan 96,1% terhadap variabel terikat, sedangkan sisanya sebesar 3,9% harus dijelaskan oleh faktor-faktor penyebab lainnya yang berasal dari luar model regresi.
Keywords
Kinerja Tenaga Penjualan, Kepuasan Pelanggan
References
Arikunto, Suharsimi, 1998, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Edisi Kedelapan. Penerbit Rineka Cipta, Jakarta.
Basu Swastha DH dan Irawan.2009.Manajemen Pemasaran Modern. Penerbit Liberty. Jakarta.
Craven, David W. 1996. Pemasaran Strategis, jilid 1. Penerbit Erlangga. Jakarta.
Craven, David W. 1996. Pemasaran Strategis, jilid 2. Penerbit Erlangga. Jakarta.
Fandy Tjiptono. 2002. Strategi Pemasaran. Edisi Kedua. Cetakan Keenam.Penerbit Andi Offset. Yogyakarta.
Ghozali, Imam. 2007. Aplikasi Analisis Multivariate SPSS. Penerbit UNDIP. Semarang
Kotler. 2008. Manajemen Pemasaran. Edisi Milenium. Penerbit PT Prenhallindo. Jakarta.
Kotler, Philip dan Susanto, AB. 2008. Manajemen Pemasaran di Indonesia. Analisis, Perencanaan, Implementasi, dan Pengendalian. Buku Satu. Penerbit Salemba Empat. Jakarta. 383. Hlm
Mangkunegara, Prabu Anwar. 2000. Manajemen Sumber Daya Perusahaan. Penerbit Remaja Rosdakarya. Bandung.
Nasir, Moh. 1999. Metode Penelitian. Cetakan Keempat. Penerbit Ghalia Indonesia. Jakarta. 662 hlm.
Pedoman Penulisan Skripsi 2014, Fakultas Ekonomi Universitas Saburai, Bandar Lampung
Rambat Lupiyodadi. 2001. Manajemen Pemasaran Jasa Teori dan Praktik. Penerbit Salemba Empat.
Rivai, Veithzal, Mohd. Basri, Ahmad Fauzi. 2005. Performance Appraisal. PT Raja Grafindo Persada : Jakarta
Simamora, Henry. 2002. Akuntansi: Basis Pengambilan Keputusan Bisnis. Penerbit Salemba Empat. Jakarta
Sugiono. 2001. Metode Penelitian Bisnis. Bandung. Alfabeta.
DOI: https://doi.org/10.24967/ekombis.v3i1.379
Article Metrics
Abstract view : 1648 times
PDF (Bahasa Indonesia) : 0 times
Refbacks
Copyright (c) 2018 Sodirin Sodirin, maria elina

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Abstract
Keywords
References
Arikunto, Suharsimi, 1998, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Edisi Kedelapan. Penerbit Rineka Cipta, Jakarta.
Basu Swastha DH dan Irawan.2009.Manajemen Pemasaran Modern. Penerbit Liberty. Jakarta.
Craven, David W. 1996. Pemasaran Strategis, jilid 1. Penerbit Erlangga. Jakarta.
Craven, David W. 1996. Pemasaran Strategis, jilid 2. Penerbit Erlangga. Jakarta.
Fandy Tjiptono. 2002. Strategi Pemasaran. Edisi Kedua. Cetakan Keenam.Penerbit Andi Offset. Yogyakarta.
Ghozali, Imam. 2007. Aplikasi Analisis Multivariate SPSS. Penerbit UNDIP. Semarang
Kotler. 2008. Manajemen Pemasaran. Edisi Milenium. Penerbit PT Prenhallindo. Jakarta.
Kotler, Philip dan Susanto, AB. 2008. Manajemen Pemasaran di Indonesia. Analisis, Perencanaan, Implementasi, dan Pengendalian. Buku Satu. Penerbit Salemba Empat. Jakarta. 383. Hlm
Mangkunegara, Prabu Anwar. 2000. Manajemen Sumber Daya Perusahaan. Penerbit Remaja Rosdakarya. Bandung.
Nasir, Moh. 1999. Metode Penelitian. Cetakan Keempat. Penerbit Ghalia Indonesia. Jakarta. 662 hlm.
Pedoman Penulisan Skripsi 2014, Fakultas Ekonomi Universitas Saburai, Bandar Lampung
Rambat Lupiyodadi. 2001. Manajemen Pemasaran Jasa Teori dan Praktik. Penerbit Salemba Empat.
Rivai, Veithzal, Mohd. Basri, Ahmad Fauzi. 2005. Performance Appraisal. PT Raja Grafindo Persada : Jakarta
Simamora, Henry. 2002. Akuntansi: Basis Pengambilan Keputusan Bisnis. Penerbit Salemba Empat. Jakarta
Sugiono. 2001. Metode Penelitian Bisnis. Bandung. Alfabeta.
Ekombis Sains: Jurnal Ekonomi, Keuangan dan Bisnis is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License