PENGARUH KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PT ASTRA INTERNASIONAL DAIHATSU AHMAD YANI BANDAR LAMPUNG
	
	
			
		Abstract
		
		Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah 5 dimensi kualitas layanan tersebut baik secara parsial maupun  simultan berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan PT Astra Internasional Daihatsu Ahmad Yani Bandar Lampung. Dengan  menggunakan metoda sampling accidental, diambil sampel sebanyak 100 responden serta menggunakan kuesioner sebagai instrumen dalam pengumpulan datanya. Sebelum kuesioner disebar untuk pengumpulan data, terlebiuh dulu dilakukan uji validitas dan reliabilitas. Adapun  alat analisis yang digunakan adalah Analisis Korelasi dan Regresi linier berganda, serta koefisien determinasi. Hasil analisis yang diperoleh adalah  sebagai berikut; hanya dimensi Bukti fisik yang berpengaruh terhadap Kepuasan pelanggan, sedangkan  Reabilitas, Daya tanggap, Empati, dan Jaminan tidak berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan.  Hal ini mengindikasikan bahwa pelanggan tetap merasa puas atau tidak puas walaupun perusahaan meningkatkan keempat variabel tersebut diatas, akan tetapi pelanggan akan merasa puas bila Bukti fisik ditingkatkan atau pelanggan merasa tidak puas bila variabel  bukti fisik menurun terutama untuk fasilitas lapangan parkir yang mendapat rara-rata skore terendah dari responden Berdasarkan hasil analisis  secara simultan dari kelima dimensi kualitas layanan Reabilitas, Daya tanggap, Empati, Jaminan dan Bukti fisik, kesemuanya berpengaruh sebesar 58,9% yang berarti 41,1% sisanya dipengaruhi oleh variabel yang tidak diteliti, seperti; Harga, Distribusi, Promosi, dan lain sebagainya.
		
		
	
	
				
			
	
			
		References
		
		
						Etta Mamang Sangaji, Sopiah, 2013, Perilaku Konsumen, Andi Ofset Yogyakarta
						Ghozali Imam, 2013, Analisis Multivariate Dengan Program SPSS 21, Penerbit Universitas Diponegoro Semaran
						Kotler, Philip 2009, Kevin Lane Keller. 2009 Manajemen Pemasaran.Alih Bahasa Benyamin Bob Sabran Edisi 13, jilid 2., Erlangga, Jakarta
						Kotler, Philip. 2012.Manajemen Pemasaran Anallisis, Perencanaan, dan Pengendalian Edisi 5 Alih bahasa Jaka Wasana Erlangga Jaqkarta
						Sugiono, 2013, Metode Penelitian Bisnis, , Alfabeta, Bandung
						Tjiptono Fandy, 2011, Strategi Pemasaran, Edisi 2 Andi Offset, Yogyakarta
					
		
		
	
							
		
		 DOI: https://doi.org/10.24967/ekombis.v2i2.287
 DOI: https://doi.org/10.24967/ekombis.v2i2.287	
Article Metrics
 Abstract view : 1271 times
 Abstract view : 1271 times
         PDF : 103 times
                 PDF : 103 times
        
																			
Refbacks
				- There are currently no refbacks.
		Copyright (c) 2017 SRI KRISWANDARI
				
					
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
			
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah 5 dimensi kualitas layanan tersebut baik secara parsial maupun simultan berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan PT Astra Internasional Daihatsu Ahmad Yani Bandar Lampung. Dengan menggunakan metoda sampling accidental, diambil sampel sebanyak 100 responden serta menggunakan kuesioner sebagai instrumen dalam pengumpulan datanya. Sebelum kuesioner disebar untuk pengumpulan data, terlebiuh dulu dilakukan uji validitas dan reliabilitas. Adapun alat analisis yang digunakan adalah Analisis Korelasi dan Regresi linier berganda, serta koefisien determinasi. Hasil analisis yang diperoleh adalah sebagai berikut; hanya dimensi Bukti fisik yang berpengaruh terhadap Kepuasan pelanggan, sedangkan Reabilitas, Daya tanggap, Empati, dan Jaminan tidak berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan. Hal ini mengindikasikan bahwa pelanggan tetap merasa puas atau tidak puas walaupun perusahaan meningkatkan keempat variabel tersebut diatas, akan tetapi pelanggan akan merasa puas bila Bukti fisik ditingkatkan atau pelanggan merasa tidak puas bila variabel bukti fisik menurun terutama untuk fasilitas lapangan parkir yang mendapat rara-rata skore terendah dari responden Berdasarkan hasil analisis secara simultan dari kelima dimensi kualitas layanan Reabilitas, Daya tanggap, Empati, Jaminan dan Bukti fisik, kesemuanya berpengaruh sebesar 58,9% yang berarti 41,1% sisanya dipengaruhi oleh variabel yang tidak diteliti, seperti; Harga, Distribusi, Promosi, dan lain sebagainya.
References
Etta Mamang Sangaji, Sopiah, 2013, Perilaku Konsumen, Andi Ofset Yogyakarta
Ghozali Imam, 2013, Analisis Multivariate Dengan Program SPSS 21, Penerbit Universitas Diponegoro Semaran
Kotler, Philip 2009, Kevin Lane Keller. 2009 Manajemen Pemasaran.Alih Bahasa Benyamin Bob Sabran Edisi 13, jilid 2., Erlangga, Jakarta
Kotler, Philip. 2012.Manajemen Pemasaran Anallisis, Perencanaan, dan Pengendalian Edisi 5 Alih bahasa Jaka Wasana Erlangga Jaqkarta
Sugiono, 2013, Metode Penelitian Bisnis, , Alfabeta, Bandung
Tjiptono Fandy, 2011, Strategi Pemasaran, Edisi 2 Andi Offset, Yogyakarta


Ekombis Sains: Jurnal Ekonomi, Keuangan dan Bisnis is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

 









 SRI KRISWANDARI
 SRI KRISWANDARI