Pengaruh Pelayanan Dan Inovasi Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Geprek Bensu Lampung
Abstract
Perkembangan jenis makanan dengan bahan dasar ayam semakin meningkat, hal ini ditandai dengan banyaknya variasi produk yang muncul dari inovasi para pengusaha untuk memberikan berbagai pilihan ayam goreng dengan berbagai pilihan sambal dengan beberapa tingkatan (level). Trend masyarakat yang menyukai citarasa pedas sehingga pemasar berusaha memberikan keinginan masyarakat. Objektif dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh pelayanan dan inovasi produk (varian produk) terhadap kepuasan konsumen. Penelitian ini menggunakan teknik survey dalam pengumpulan data sebanyak 225 sampel. Analisis data dengan melakukan uji validitas dan reliabilitas untuk uji instrument, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, uji koefisien determinan, uji F, dan uji t. hasil penelitian pengaruh pelayanan dan inovasi produk berparuh secara simultan terhadap kepuasan konsumen Geprek Bensu Lampung. Berdasarkan hasil uji determinasi diketahui sebesar 50% variabel pelayanan dan inovasi produk berpengaruh terhadap kepuasan konsumen Geprek Bensu Lampung.
Keywords
Service, Innovation, Satisfaction
References
BPS, 2020, Jumlah Rumah Makan/Restoran Menurut Kecamatan di Kota Bandar Lampung, 2019, Bandar Lampung dalam angka. https://bandarlampungkota.bps.go.id/statictable/2020/05/21/309/jumlah-rumah-makan-restoran-menurut-kecamatan-di-kota-bandar-lampung-2019.html
Fadhli, Khotim dkk, 2021, Pengaruh Pelayanan Dan Inovasi Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Cv. Afco Group Jombang, Jurnal Inovasi Penelitian, Vol 2 No 3: Agustus 2021 https://stp-mataram.e-journal.id/JIP/article/view/735.
Fillayata,Vista Efanny, Mukaram, 2020, Pengaruh Inovasi Produk terhadap Kepuasan Konsumen(Studi pada Road Café Steak & Pasta Bandung), Prosiding The 11th Industrial Research Workshop and National Seminar https://jurnal.polban.ac.id/proceeding/article/view/2150/1693.
Kasmir, (2017). Teori dan praktik layanan pelanggan. Jakarta: Penerbit Rajawali Pers.
Fandy Tjiptono, (2015). Strategi Pemasaran edisi keempat. Yogyakarta: Redaktur Andi.
Limanseto, Haryo, 2022, Meski Masih Hadapi Tantangan Pandemi, Realisasi Investasi pada Industri Makanan Minuman Terus Berlanjut, siaran pers, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta. https://ekon.go.id/publikasi/detail/4515/meski-masih-hadapi-tantangan-pandemi-realisasi-investasi-pada-industri-makanan-minuman-terus-berlanjut
Makmur, Rohana Thahier, (2015). Inovasi dan kreativitas manusia dalam administrasi dan manajemen. Bandung: Penerbit Refika Aditama.
Philip Kotler dan Armstrong, (2014). Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Sugiyono, (2016). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabet.
Ela Zakiya Muslichati, Pengaruh Kualitas Layanan dan Inovasi Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen Rumah Sakit Buah Hati di Kabupaten Kudus, Universitas Negeri Semarang: 2015. Diperoleh darihttp://lib.unnes.ac.id/22077/1/7311411062-s.pdf
Rahman, Siskawati, 2019, Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Inovasi Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Pt. Pln (Persero) Area Manado, Jurnal EMBA Vol.7 No.1 Januari 2019, Hal. 301 – 310 https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/download/22363/22886
Sanusi,Fauzi dkk, 2017, Analisis Pengaruh Inovasi Produk, Inovasi Layanan Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Nasabah, Jurnal Riset Bisnis Dan Manajemen Tirtayasa (Jrbmt), Vol. 1 (2):hh.167-178(Nopember 2017) ISSN (Online)2599-0837, https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JRBM/article/download/3152/2395
Daryanto dan Ismanto Setyobudi. 2014. Konsumen dan Pelayanan Prima, cetakan pertama, Penerbit : Gava Media, Yogyakarta
Felita Sasongko dan Hartono Subagio, S.E.,M.M. (2013). Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Restoran Ayam Penyet Ria. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra Vol.1,No, 2, Hlm 1-7
Siskawati Rahman, Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Inovasi Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada PT. PLN (PERSERO) Area Manado, Universitas Sam Ratulangi Manado: 2019. Diperoleh dari https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/download/22363/22886
Wichaksono, Arief. 2019. Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Dan Harga Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Konsumen Di Geprek Bensu Rawamangun. (STEI) Jakarta. Diperoleh dari http://repository.stei.ac.id/6466/
Yuliarmi, N & Riyasa, P. 2007. Analisis Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Pelanggan Terhadap Pelayanan PDAM Kota Denpasar. Buletin Studi Ekonomi, Vol. 12 No. 1, pp. 9 – 28.
Christono, A. B. (2019). H2 Kepuasan Pelanggan ( Y ) Harga ( X2 ). 8(1), 1–17.
Helmita, & Koriyangga. (2020). ANALISIS KEPUASAN PELANGGAN RESTORAN BUKIT RANDU DI BANDAR LAMPUNG. XII(I), 20–28.
Ima Frima Fatimah. (2021). Strategi Inovasi Kurikulum. EduTeach : Jurnal Edukasi Dan Teknologi Pembelajaran, 2(1), 16–30. https://doi.org/10.37859/eduteach.v2i1.2412
Nimawati, N., & Zaqiah, Q. Y. (2020). Proses Inovasi Kurikulum: Difusi dan Diseminasi Inovasi, Proses Keputusan Inovasi. MISYKAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah Dan Tarbiyah, 5(2), 81. https://doi.org/10.33511/misykat.v5n2.81-98
Syahfitri, M. N., & Kusnanto, D. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan Loyal. Al-Kharaj : Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 4(2), 216–237. https://doi.org/10.47467/alkharaj.v4i1.567
DOI: https://doi.org/10.24967/ekombis.v8i1.2131
Article Metrics
Abstract view : 2741 times
PDF (Bahasa Indonesia) : 1755 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Susi Indriyani, Desi Derina Yusda, Desi Derina Yusda, Helmita Helmita, Helmita Helmita

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Abstract
Perkembangan jenis makanan dengan bahan dasar ayam semakin meningkat, hal ini ditandai dengan banyaknya variasi produk yang muncul dari inovasi para pengusaha untuk memberikan berbagai pilihan ayam goreng dengan berbagai pilihan sambal dengan beberapa tingkatan (level). Trend masyarakat yang menyukai citarasa pedas sehingga pemasar berusaha memberikan keinginan masyarakat. Objektif dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh pelayanan dan inovasi produk (varian produk) terhadap kepuasan konsumen. Penelitian ini menggunakan teknik survey dalam pengumpulan data sebanyak 225 sampel. Analisis data dengan melakukan uji validitas dan reliabilitas untuk uji instrument, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, uji koefisien determinan, uji F, dan uji t. hasil penelitian pengaruh pelayanan dan inovasi produk berparuh secara simultan terhadap kepuasan konsumen Geprek Bensu Lampung. Berdasarkan hasil uji determinasi diketahui sebesar 50% variabel pelayanan dan inovasi produk berpengaruh terhadap kepuasan konsumen Geprek Bensu Lampung.
Keywords
References
BPS, 2020, Jumlah Rumah Makan/Restoran Menurut Kecamatan di Kota Bandar Lampung, 2019, Bandar Lampung dalam angka. https://bandarlampungkota.bps.go.id/statictable/2020/05/21/309/jumlah-rumah-makan-restoran-menurut-kecamatan-di-kota-bandar-lampung-2019.html
Fadhli, Khotim dkk, 2021, Pengaruh Pelayanan Dan Inovasi Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Cv. Afco Group Jombang, Jurnal Inovasi Penelitian, Vol 2 No 3: Agustus 2021 https://stp-mataram.e-journal.id/JIP/article/view/735.
Fillayata,Vista Efanny, Mukaram, 2020, Pengaruh Inovasi Produk terhadap Kepuasan Konsumen(Studi pada Road Café Steak & Pasta Bandung), Prosiding The 11th Industrial Research Workshop and National Seminar https://jurnal.polban.ac.id/proceeding/article/view/2150/1693.
Kasmir, (2017). Teori dan praktik layanan pelanggan. Jakarta: Penerbit Rajawali Pers.
Fandy Tjiptono, (2015). Strategi Pemasaran edisi keempat. Yogyakarta: Redaktur Andi.
Limanseto, Haryo, 2022, Meski Masih Hadapi Tantangan Pandemi, Realisasi Investasi pada Industri Makanan Minuman Terus Berlanjut, siaran pers, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta. https://ekon.go.id/publikasi/detail/4515/meski-masih-hadapi-tantangan-pandemi-realisasi-investasi-pada-industri-makanan-minuman-terus-berlanjut
Makmur, Rohana Thahier, (2015). Inovasi dan kreativitas manusia dalam administrasi dan manajemen. Bandung: Penerbit Refika Aditama.
Philip Kotler dan Armstrong, (2014). Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Sugiyono, (2016). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabet.
Ela Zakiya Muslichati, Pengaruh Kualitas Layanan dan Inovasi Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen Rumah Sakit Buah Hati di Kabupaten Kudus, Universitas Negeri Semarang: 2015. Diperoleh darihttp://lib.unnes.ac.id/22077/1/7311411062-s.pdf
Rahman, Siskawati, 2019, Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Inovasi Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Pt. Pln (Persero) Area Manado, Jurnal EMBA Vol.7 No.1 Januari 2019, Hal. 301 – 310 https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/download/22363/22886
Sanusi,Fauzi dkk, 2017, Analisis Pengaruh Inovasi Produk, Inovasi Layanan Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Nasabah, Jurnal Riset Bisnis Dan Manajemen Tirtayasa (Jrbmt), Vol. 1 (2):hh.167-178(Nopember 2017) ISSN (Online)2599-0837, https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JRBM/article/download/3152/2395
Daryanto dan Ismanto Setyobudi. 2014. Konsumen dan Pelayanan Prima, cetakan pertama, Penerbit : Gava Media, Yogyakarta
Felita Sasongko dan Hartono Subagio, S.E.,M.M. (2013). Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Restoran Ayam Penyet Ria. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra Vol.1,No, 2, Hlm 1-7
Siskawati Rahman, Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Inovasi Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada PT. PLN (PERSERO) Area Manado, Universitas Sam Ratulangi Manado: 2019. Diperoleh dari https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/download/22363/22886
Wichaksono, Arief. 2019. Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Dan Harga Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Konsumen Di Geprek Bensu Rawamangun. (STEI) Jakarta. Diperoleh dari http://repository.stei.ac.id/6466/
Yuliarmi, N & Riyasa, P. 2007. Analisis Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Pelanggan Terhadap Pelayanan PDAM Kota Denpasar. Buletin Studi Ekonomi, Vol. 12 No. 1, pp. 9 – 28.
Christono, A. B. (2019). H2 Kepuasan Pelanggan ( Y ) Harga ( X2 ). 8(1), 1–17.
Helmita, & Koriyangga. (2020). ANALISIS KEPUASAN PELANGGAN RESTORAN BUKIT RANDU DI BANDAR LAMPUNG. XII(I), 20–28.
Ima Frima Fatimah. (2021). Strategi Inovasi Kurikulum. EduTeach : Jurnal Edukasi Dan Teknologi Pembelajaran, 2(1), 16–30. https://doi.org/10.37859/eduteach.v2i1.2412
Nimawati, N., & Zaqiah, Q. Y. (2020). Proses Inovasi Kurikulum: Difusi dan Diseminasi Inovasi, Proses Keputusan Inovasi. MISYKAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah Dan Tarbiyah, 5(2), 81. https://doi.org/10.33511/misykat.v5n2.81-98
Syahfitri, M. N., & Kusnanto, D. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan Loyal. Al-Kharaj : Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 4(2), 216–237. https://doi.org/10.47467/alkharaj.v4i1.567
Ekombis Sains: Jurnal Ekonomi, Keuangan dan Bisnis is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License