Pengaruh Promosi, Harga Tiket Terhadap Minat Beli Penumpang Kapal Kelud PT.Pelni

Putri Larasati Sibuea, Yulianti Keke, Agus Setiawan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari variabel-variabel bebas, yaitu promosi dan harga terhadap minat beli penumpang kapal kelud tahun 2020. Penelitian ini berjenis kuantitatif. Populasi dari penelitian ini merupakan penumpang kapal Kelud pada PT. PELNI tahun 2020 periode libur natal dan sampel yang diambil sebanyak 100 orang responden dengan teknik pengambilan sampel menggunakan metode sampling accidental. Data diolah secara kuantitatif dengan pengujian instrument menggunakan uji validasi dan uji reabilitas. Teknik analisa data menggunakan Analisis regresi linear berganda, Uji – T, Uji – F dan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel promosi dan harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli penumpang dengan tingkat determinansi sebesar 71.5% dimana 28.5% dipengaruhi oleh faktor lainnya.

Keywords


promosi, harga, minat beli penumpang

References


Al rasyid, H., & Tri Indah, A. (2015). Pengaruh Inovasi Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha di Kota Tangerang Selatan. Perspektif, 16(1), 39–49. https://doi.org/2550-1178

Armstrong, G. (2017). Marketing An Introduction (C. O’Donnell (ed.); sixth cana). Library and Archives Canada Cataloguing.

Ayu Puspita A, D. (2013). Pengaruh Gaya Hidup, Fitur, dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Blackberry Curve 9300. Jurnal Ilmu Manajemen (JIM), 1(1).

Ernestivita, G. (2016). Analisis Pengaruh Place, Promotion, Dan People Terhadap Keputusan Konsumen Melakukan Pembelian Produk Pasar Modal Dengan Menggunakan Jasa Equity Brokerage Di Pt Sucorinvers Central Gani Cabang Kediri. Jurnal Nusantara Aplikasi Manajemen Bisnis, 1(2), 10–20. https://doi.org/10.29407/nusamba.v1i2.455

Fernando, M. F., & Aksari, N. M. A. (2017). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi, Dan Distribusi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Sanitary Ware Toto Di Kota Denpasar. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 7(1), 441. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2018.v7.i01.p17

Follet, M. P. (2013). Manajemen dan Sistem Informasi (Siagian (ed.)). Kencana Prenada Media Group.

Fure, H. (2014). Lokasi, Keberagaman Produk, Harga, Dan Kualitas Pelayanan Pengaruhnya Terhadap Minat Beli Pada Pasar Tradisional Bersehati Calaca. Journal of Clinical Oncology, 32(27), 3083. https://doi.org/10.1200/JCO.2014.56.8501

Gesi, B., Laan, R., & Lamaya, F. (2019). Manajemen Dan Eksekutif. Peninggalan Sejarah Sebagai Sumber Belajar Sejarah Dalam Penanaman Nilai-Nila Kebangsaan Pendahuluan Banyuwangi Merupakan Wilayah Yang Memiliki Beberapa Daerah Yang Berpotensi Memiliki Situs Peninggalan Sejarah Yang Sampai Saat Ini Masih Ada Namun Kondisi, 3(1), 41–57.

Hasibuan, M. S. P. (2015). Manajemen Dasar, Pengertian dan Masalah. PT Bumi Aksara.

Korowa, E., Sumayku, S., & Asaloei, S. (2018). Pengaruh Kelengkapan Produk dan Harga terhadap Pembelian Ulang Konsumen. Jurnal Administrasi Bisnis, 6(3), 27–34.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2012). Manajemen Pemasaran (Kedua bela). Erlangga.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management Global Edition (Vol. 15E). https://doi.org/10.1080/08911760903022556

Nasar. H. (2013). Dasar-Dasar Manajemen. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Nst, M. F. R., & Yasin, H. (2014). Pengaruh Promosi Dan Harga Terhadap Minat Beli Perumahan Obama Pt. Nailah Adi Kurnia Sei Mencirim Medan. Jurnal Manajemen & Bisnis, 14(02), 135–143.

Sanjaya, S. (2015). Pengaruh Promosi Dan Merek Terhadap Keputusan Pembelian Pada Pt. Sinar Sosro Medan. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 16(02), 108–122.

Saputra, H. (2017). Pengaruh Harga Dan Promosi Terhadap Minat Konsumen (Studi Pada Pt. Samudranesia Tour And Travel Pekanbaru). 4(1).

Saragih, H. (2015). Analisis Strategi Penetapan Harga Dan Pengaruhnya Terhadap Volume Penjualan Pada Pt. Nutricia Indonsesia Sejahtera Medan. Jurnal Ilmiah Methonomi, 1(2), 197048.

Satria, A. A. (2017). Pengaruh Harga, Promosi, Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Perusahaan A-36. Jurnal Lentera Bisnis, 6(1), 85. Https://Doi.Org/10.34127/Jrlab.V6i1.169

Shinta, A. (2011). Manajemen pemasaran (pertama). Universitas Brawijaya Press (UB Press).

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Alfabeta.

Tambunan, E. (2019). Pengaruh Promosi Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Mahasiswa Farmasi Pada Kosmetik Wardah Di Universitas Sari Mutiara Indonesia Medan. Jurnal Ilmiah â€INTEGRITASâ€, 1(1), 41–57.

Wirayanthy, N., & Santoso, S. (2019). Pengaruh Harga, Citra Merek Dan Kualitas Terhadap Minat Beli Produk Private Label. Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Dewantara, 24(3), 103–127.

Yoebrilianti, A. (2018). Pengaruh Promosi Penjualan Terhadap Minat Beli Produk Fashion dengan Gaya Hidup Sebagai Variable Moderator (Survei Konsumen pada Jejaring Sosial). Jurnal Manajemen, 8, 20–41.




DOI: https://doi.org/10.24967/ekombis.v7i2.1658

Article Metrics

Abstract view : 1529 times
PDF (Bahasa Indonesia) : 631 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Putri Larasati Sibuea, Yulianti Keke, Agus Setiawan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Ekombis Sains: Jurnal Ekonomi, Keuangan dan Bisnis is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License