PENGARUH BIAYA PRODUKSI, BIAYA PROMOSI, DAN VOLUME PENJUALAN TERHADAP LABA BERSIH PERUSAHANAAN MANUFAKTUR SUBSEKTOR OTOMOTIF BESERTA KOMPONENNYA DAN SUBSEKTOR FARMASI YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA
Abstract
Setiap perusahaan memiliki tujuan yang sama yaitu mencapai keuntungan setinggi mungkin melalui kenaikan jumlah laba yang diperoleh. Adanya faktor-faktor yang dapat mempengaruhi fluktuasi laba seprti biaya dan volume penjualan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh biaya produksi, biaya promosi dan volume penjualan terhadap laba bersih. Populasi pada penelitian ini adalah perusahaan manufaktur subsektor otomotif beserta komponennya dan perusahaan farmasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dengan jumlah sebanyak 23 perusahaan, namun hanya 14 perusahaan manufaktur subsektor otomotif beserta komponennya dan subsektor farmasi yang memenuhi kriteria untuk digunakan sebagai sampel pada penelitian ini. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu uji asumsi klasik dan analisis regresi linier berganda melalui pengolahan data SPSS 26.
Hasil yang didapat dari penelitian ini adalah secara simultan biaya produksi, biaya promosi, dan volume penjualan berpengaruh terhadap laba bersih perusahaan manufaktur subsektor otomotif beserta komponennya dan subsektor farmasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Secara parsial, biaya produksi dan volume penjualan berpengaruh terhadap laba bersih perusahaan sedangkan biaya promosi tidak berpengaruh terhadap laba bersih perusahaan manufaktur subsektor otomotif beserta komponennya dan subsektor farmasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2017-2019.
Keywords
Biaya Produksi, Biaya Promosi, Volume Penjualan, Laba Bersih
DOI: https://doi.org/10.24967/ekombis.v7i1.1476
Article Metrics
Abstract view : 2122 times
PDF : 925 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Diana Marlyna

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Abstract
Setiap perusahaan memiliki tujuan yang sama yaitu mencapai keuntungan setinggi mungkin melalui kenaikan jumlah laba yang diperoleh. Adanya faktor-faktor yang dapat mempengaruhi fluktuasi laba seprti biaya dan volume penjualan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh biaya produksi, biaya promosi dan volume penjualan terhadap laba bersih. Populasi pada penelitian ini adalah perusahaan manufaktur subsektor otomotif beserta komponennya dan perusahaan farmasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dengan jumlah sebanyak 23 perusahaan, namun hanya 14 perusahaan manufaktur subsektor otomotif beserta komponennya dan subsektor farmasi yang memenuhi kriteria untuk digunakan sebagai sampel pada penelitian ini. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu uji asumsi klasik dan analisis regresi linier berganda melalui pengolahan data SPSS 26.
Hasil yang didapat dari penelitian ini adalah secara simultan biaya produksi, biaya promosi, dan volume penjualan berpengaruh terhadap laba bersih perusahaan manufaktur subsektor otomotif beserta komponennya dan subsektor farmasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Secara parsial, biaya produksi dan volume penjualan berpengaruh terhadap laba bersih perusahaan sedangkan biaya promosi tidak berpengaruh terhadap laba bersih perusahaan manufaktur subsektor otomotif beserta komponennya dan subsektor farmasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2017-2019.
Keywords
Biaya Produksi, Biaya Promosi, Volume Penjualan, Laba Bersih
Ekombis Sains: Jurnal Ekonomi, Keuangan dan Bisnis is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License