HUBUNGAN KEPUASAN KERJA DENGAN PRESTASI KARYAWAN PADA TOKO BUKU FAJAR AGUNG DI BANDAR LAMPUNG
Abstract
Kepuasan kerja mempunyai peran sangat penting, karyawan merasakan kepuasan dalam bekerjanya, maka dia akan berupaya semaksimal mungkin untuk menyelesaikan tugasnya dengan prestasi yang baik. Prestasi kerja adalah suatu kondisi dimana seorang karyawan dapat melaksanakan tugas dan tanggungjawab sesuai dengan apa yang diinginkan oleh perusahaan.
Objek penelitian ini adalah Toko Buku Fajar Agung berlokasi di Jalan Raden Intan No. 61 di Bandar Lampung merupakan perusahaan perdagangan buku dan peralatan perkantoran. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui hubungan kepuasan kerja dengan prestasi karyawan pada Toko Buku Fajar Agung di Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan seluruh karyawan (populasi) pada Toko Buku Fajar Agung di Bandar Lampung berjumlah 42 orang sebagai responden. Penelitian ini menggunakan metode analisis kualitatif dan analisis kuantitatif.
Hasil analisis kualitatif menunjukkan bahwa hubungan kepuasan kerja dengan prestasi karyawan pada Toko Buku Fajar Agung di Bandar Lampung tergolong baik/tinggi. Hasil analisis kuantitatif menunjukkan bahwa nilai r hitung product moment adalah0,952 dan nilai r tabel N = 42 dan taraf signifikan 5% adalah 0,304 dan taraf signifikan 1% adalah 0,389. Maka r hitung 0,952 r tabel ; 0,304 dan 0,389. Korelasi r hitung 0,952 tergolong baik/ tinggi. Hasil koefisien determinasinya 90,60%, mengandung arti bahwa faktor kepuasan kerja karyawan mempunyai hubungan yang kuat dengan prestasi karyawan pada Toko Buku Fajar Agung di Bandar Lampung, sisanya sebesar 9,40% berhubungan dengan faktor lain. Uji t test student nya 27,29 nilai t tabel, N = 42. Tingkat kepercayaan 95% ( = 5%) adalah 1,684, maka hasil t hitung 27,29 t tabel1,684. Mengandung arti bahwa ada hubungan kepuasan kerja dengan prestasi karyawan pada Toko Buku Fajar Agung di Bandar Lampung.
keywords ; kepuasan kerja dan prestasi karyawan.
References
Arikunto Suharsimi, 2011. Manajemen Penelitian. Penerbit Ghalia. Jakarta.
Chruden, 2010. Manajemen Sumber Daya Manusia. Penerbit Erlangga. Jakarta.
Handoko Hani T., 2010. Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia. BPFE- UGM. Yokyakarta.
Hasibuan SP Malayu , 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bumi Aksara. Jakarta.
Mangkunegara Prabu Anwar, 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia. Rosda. Bandung.
_____________, 2010, Manajemen Sumber Daya Manusia. Bumi Aksara. Jakarta.
Manullang M., 2011. Manejemen Sumber Daya Manusia. Graha ilmu. Yokyakarta..
Robbins, 2011. Perilaku dan Manajemen Organisasi. Erlangga. Jakarta.
PS. Djarwanto, 2010. Statistik Non Parametrik. BPFE.UGM. Yokyakarta
DOI: https://doi.org/10.24967/ekombis.v1i2.135
Article Metrics
Abstract view : 1371 times
PDF : 120 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 Maria Elina

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Abstract
Kepuasan kerja mempunyai peran sangat penting, karyawan merasakan kepuasan dalam bekerjanya, maka dia akan berupaya semaksimal mungkin untuk menyelesaikan tugasnya dengan prestasi yang baik. Prestasi kerja adalah suatu kondisi dimana seorang karyawan dapat melaksanakan tugas dan tanggungjawab sesuai dengan apa yang diinginkan oleh perusahaan.
Objek penelitian ini adalah Toko Buku Fajar Agung berlokasi di Jalan Raden Intan No. 61 di Bandar Lampung merupakan perusahaan perdagangan buku dan peralatan perkantoran. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui hubungan kepuasan kerja dengan prestasi karyawan pada Toko Buku Fajar Agung di Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan seluruh karyawan (populasi) pada Toko Buku Fajar Agung di Bandar Lampung berjumlah 42 orang sebagai responden. Penelitian ini menggunakan metode analisis kualitatif dan analisis kuantitatif.
Hasil analisis kualitatif menunjukkan bahwa hubungan kepuasan kerja dengan prestasi karyawan pada Toko Buku Fajar Agung di Bandar Lampung tergolong baik/tinggi. Hasil analisis kuantitatif menunjukkan bahwa nilai r hitung product moment adalah0,952 dan nilai r tabel N = 42 dan taraf signifikan 5% adalah 0,304 dan taraf signifikan 1% adalah 0,389. Maka r hitung 0,952 r tabel ; 0,304 dan 0,389. Korelasi r hitung 0,952 tergolong baik/ tinggi. Hasil koefisien determinasinya 90,60%, mengandung arti bahwa faktor kepuasan kerja karyawan mempunyai hubungan yang kuat dengan prestasi karyawan pada Toko Buku Fajar Agung di Bandar Lampung, sisanya sebesar 9,40% berhubungan dengan faktor lain. Uji t test student nya 27,29 nilai t tabel, N = 42. Tingkat kepercayaan 95% ( = 5%) adalah 1,684, maka hasil t hitung 27,29 t tabel1,684. Mengandung arti bahwa ada hubungan kepuasan kerja dengan prestasi karyawan pada Toko Buku Fajar Agung di Bandar Lampung.
keywords ; kepuasan kerja dan prestasi karyawan.
References
Arikunto Suharsimi, 2011. Manajemen Penelitian. Penerbit Ghalia. Jakarta.
Chruden, 2010. Manajemen Sumber Daya Manusia. Penerbit Erlangga. Jakarta.
Handoko Hani T., 2010. Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia. BPFE- UGM. Yokyakarta.
Hasibuan SP Malayu , 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bumi Aksara. Jakarta.
Mangkunegara Prabu Anwar, 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia. Rosda. Bandung.
_____________, 2010, Manajemen Sumber Daya Manusia. Bumi Aksara. Jakarta.
Manullang M., 2011. Manejemen Sumber Daya Manusia. Graha ilmu. Yokyakarta..
Robbins, 2011. Perilaku dan Manajemen Organisasi. Erlangga. Jakarta.
PS. Djarwanto, 2010. Statistik Non Parametrik. BPFE.UGM. Yokyakarta
Ekombis Sains: Jurnal Ekonomi, Keuangan dan Bisnis is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License