ANALISIS PERBEDAAN TINGKAT KEPUASAN ANTARA BERBELANJA SECARA LANGSUNG LANGSUNG (OFF-LINE SHOPPING) DENGAN BEREBLANJA ON-LINE: STUDI KASUS STIE LAMPUNG TIMUR
Abstract
Salah satu fenomena di dunia maya saat ini adalah fenomena on-line shopping, dimana On-line Shopping atau belanja on-line adalah suatu proses pembelian barang melalui internet, dengan semakin diminatinya on-line shopping, ini menyebabkan toko on-line juga semakin berkembang dan semakin interaktif. Saat ini dapat dilihat banyak sekali bermunculan fasilitas untuk melakukan belanja secara on-line, berbeda dengan belanja on-line, belanja off-line adalah suatu cara belanja seperti pada umumnya yang dilakukan banyak orang yaitu dengan cara membeli langsung produk tersebut ke penjualnya. Dimana, belanja off-line mengharuskan kita datang langsung ke penjual hal tersebut bagi seorang yang sibuk dan tidak mempunyai banyak waktu enggan belanja on-line.
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui Apakah ada Perbedaan Kepuasan Berbelanja Secara Langsung (Off-line) Dengan Berbelanja On-line (Studi: Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Lampung Timur), adapun, teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah kuesioner, dan dokumentasi. Sedangkan populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa STIE yang berjumlah 50 orang yang diambil secara acak dengan menggunakan metode purposive sampling.
Berdasarkan analisis yang telah penulis lakukan diperoleh adanya Perbedaan Kepuasan Berbelanja Secara Langsung (Off-line) Dengan Berbelanja On-line ( Studi: Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi ( STIE ) Lampung Timur ). Hal ini disebakan oleh beberapa faktor dalam menentukan keputusan pembelian seperti: harga, waktu, pemilihan produk tanpa batas, variasi produk, tingkat kepentingan, dan ketersediaan barang di pasaran.
Kata kunci: Kepuasan konsumen, Off-line shopping, On-line shopping
References
Arikunto. 2002. Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktek. Rineka. Jakarta.
Consuegra. 2007. An Integrated Model of Price, Satisfaction and Loyalty: An Empirical Analysis In The Service Sector. Emerald Group Publishing Limited. Journal of Product and Brand Management, Volume 16, Number 7, 200 pp. 459-468(10).
Ghozali. 2005. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Edisi Ketiga. BP-Universitas Diponegoro, Semarang
Irawan. 2003. Manajemen Pemasaran. Bandung.
Kotler, Philip. 2011. Manajemen Pemasaran (Terjemahan). Jakarta: PT. Prehallindo,
Mowen. 2002. Perilaku Konsumen, Erlangga. Jakarta
Molan, dkk. 2009. Manajemen Pemasaran. PT. Indeks. Jakarta.
Nurmalasari. 2011. Hasil Analisis Pengukuran Kepuasan Rumah Sakit Gigi dan Mulut Universitas Airlangga Surabaya. Tugas Kelompok Mata Kuliah Ekonomi Kesehatan Universitas Airlangga. Surabaya
Priyatno. 2010. Paham Analisa Statistik Data dengan SPSS. Cetakan Pertama. Bina Aksara. Yogyakarta
Swastha, dan Handoko.2003. Manajemen Pemasaran, Analisa dan Perilaku. PT. Grasindo Persada. Jakarta
Simamora. 2002. Panduan Riset Perilaku Konsumen. PT.Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.
Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D). Alfabeta. Bandung
Sugiyono. 2002. Metode Penelitian Administrasi. Alfabeta. Bandung.
Tjiptono, 2004, Pemasaran Jasa. Bayumedia Publising, Malang.
Tjiptono. 2010. Manajemen Jasa. Andi Offset. Yogyakarta
(http://en.wikipedia.org/wiki/On-line_shopping
DOI: https://doi.org/10.24967/ekombis.v1i1.111
Article Metrics
Abstract view : 1381 times
PDF (Bahasa Indonesia) : 88 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 Eka Pariyanti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Abstract
Salah satu fenomena di dunia maya saat ini adalah fenomena on-line shopping, dimana On-line Shopping atau belanja on-line adalah suatu proses pembelian barang melalui internet, dengan semakin diminatinya on-line shopping, ini menyebabkan toko on-line juga semakin berkembang dan semakin interaktif. Saat ini dapat dilihat banyak sekali bermunculan fasilitas untuk melakukan belanja secara on-line, berbeda dengan belanja on-line, belanja off-line adalah suatu cara belanja seperti pada umumnya yang dilakukan banyak orang yaitu dengan cara membeli langsung produk tersebut ke penjualnya. Dimana, belanja off-line mengharuskan kita datang langsung ke penjual hal tersebut bagi seorang yang sibuk dan tidak mempunyai banyak waktu enggan belanja on-line.
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui Apakah ada Perbedaan Kepuasan Berbelanja Secara Langsung (Off-line) Dengan Berbelanja On-line (Studi: Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Lampung Timur), adapun, teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah kuesioner, dan dokumentasi. Sedangkan populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa STIE yang berjumlah 50 orang yang diambil secara acak dengan menggunakan metode purposive sampling.
Berdasarkan analisis yang telah penulis lakukan diperoleh adanya Perbedaan Kepuasan Berbelanja Secara Langsung (Off-line) Dengan Berbelanja On-line ( Studi: Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi ( STIE ) Lampung Timur ). Hal ini disebakan oleh beberapa faktor dalam menentukan keputusan pembelian seperti: harga, waktu, pemilihan produk tanpa batas, variasi produk, tingkat kepentingan, dan ketersediaan barang di pasaran.
Kata kunci: Kepuasan konsumen, Off-line shopping, On-line shopping
References
Arikunto. 2002. Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktek. Rineka. Jakarta.
Consuegra. 2007. An Integrated Model of Price, Satisfaction and Loyalty: An Empirical Analysis In The Service Sector. Emerald Group Publishing Limited. Journal of Product and Brand Management, Volume 16, Number 7, 200 pp. 459-468(10).
Ghozali. 2005. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Edisi Ketiga. BP-Universitas Diponegoro, Semarang
Irawan. 2003. Manajemen Pemasaran. Bandung.
Kotler, Philip. 2011. Manajemen Pemasaran (Terjemahan). Jakarta: PT. Prehallindo,
Mowen. 2002. Perilaku Konsumen, Erlangga. Jakarta
Molan, dkk. 2009. Manajemen Pemasaran. PT. Indeks. Jakarta.
Nurmalasari. 2011. Hasil Analisis Pengukuran Kepuasan Rumah Sakit Gigi dan Mulut Universitas Airlangga Surabaya. Tugas Kelompok Mata Kuliah Ekonomi Kesehatan Universitas Airlangga. Surabaya
Priyatno. 2010. Paham Analisa Statistik Data dengan SPSS. Cetakan Pertama. Bina Aksara. Yogyakarta
Swastha, dan Handoko.2003. Manajemen Pemasaran, Analisa dan Perilaku. PT. Grasindo Persada. Jakarta
Simamora. 2002. Panduan Riset Perilaku Konsumen. PT.Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.
Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D). Alfabeta. Bandung
Sugiyono. 2002. Metode Penelitian Administrasi. Alfabeta. Bandung.
Tjiptono, 2004, Pemasaran Jasa. Bayumedia Publising, Malang.
Tjiptono. 2010. Manajemen Jasa. Andi Offset. Yogyakarta
(http://en.wikipedia.org/wiki/On-line_shopping
Ekombis Sains: Jurnal Ekonomi, Keuangan dan Bisnis is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License