IMPLEMENTASI “CONTROL CHART†UNTUK MENINGKATKAN MUTU LAYANAN PUBLIK DIBIDANG INTERNET PADA PT. TELKOMSEL

Dennis Saputra PWK, Alim Setiawan Slamet

Abstract


Salah satu kebutuhan masyarakat di era moden saat ini adalah internet yang dapat digunakan untuk mendukung berbagai aktifitas masyarakat.  PT. Telkomsel sebagai perusahaan pemerintah dituntut untuk menyediakan layanan prima dibidang internet bagi masyarakat. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan implementasi control chart dalam rangka meningkatkan manajemen mutu layanan internet bagi publik serta implikasi dan strateginya bagi layanan internet bagi publik.  Hasil kajian menunjukan bahwa layanan publik dibidang internet yang disediakan oleh PT. Telkomsel sudah cukup baik yang dapat dilihat dari control chart.  Implikasi dari kondisi tersebut menjadikan standar pemenuhan layanan publik oleh PT. Telkomsel telah sesuai dengan ketentuan.  Dalam upaya mempertahankan kondisi tersebut maka diperlukan upaya peningkatan sarana dan prasarana, sumber daya manusia, dan peningkatan mutu layanan oleh perusahaan sehingga mampu memberikan pelayanan prima bagi masyarakat dibidang internet. 

 


Keywords


Control Chart; Internet; Layanan Publik

Full Text:

PDF

References


[APJII]. Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia. 2019. Buletin Edisi 40. Mei 2019. Jakarta (ID): APJII Publish.

Arianto HT. 2003. Pemprograman Aplikasi Platform Terbuka Berbasis Xml Web Services. Semarang (ID): Universitas Diponegoro.

Arifianti R. 2013. Analisis Kualitas Produk Sepatu Tomkins. Jurnal Dinamika Manajemen. 4(1): 46-58.

Dahlgaard JJ, Kristensen K, Khanji GK. 1998. Fundamentals of Total Quality Management. Taylor and Francis Group, UK.

Elmas MSH. 2017. Pengendalian Kualitas dengan Menggunakan Metode Statistical Quality Control (sqc) untuk Meminimumkan produk gagal pada toko roti barokah bakery. Jurnal Penelitian Imu Ekonomi. 7(1): 15-22.

Heryana A dan Wardiana W. 2008. Aplikasi pelayanan pengguna (customer services) berbasis web untuk perangkat lunak lipirism@. Prosiding Seminar Nasional Teknoin. D17-D20.

Kotler P, Keller, Lane K. 2010. Manajemen Pemasaran. Jilid 1 Edisi Ketiga Belas. Jakarta (ID): Erlangga.

Muafi, Nilnawati. 2014. Budaya mutu dan implementasi iso 2008: 9001 serta dampaknya terhadap komitmen organisasional. Jurnal Dinamika Manajemen. 5(1): 33-47.

Novianto I. 2003. Perilaku Penggunaan Internet di Kalangan Mahasiswa. Depok (ID): Universitas Pancasila Negeri.

Ratningsih. 2019. Pengendalian kualitas produksi sabun cream palem dengan menggunakan metode statistical quality control pada pt.catur wangsa indah. Jurnal Manajemen, Keuangan dan Komputer. 3(1): 78-88.

Siagian, S.P. 1992). Organisasi Kepemimpinan & Perilaku Administrasi. Jakarta, Rineka Cipta

Simanjuntak MRA, Suawa SS. 2014. Analisis Sistem Manajemen Mutu

dan Pengaruhnya dalam Meningkatkan Kinerja Operasional

Bangunan Gedung Tinggi Perkantoran di Jakarta Pusat. Jurnal Ilmiah Media Enginering. 4(2): 92-102.

Sumargono. 2013. Sejarah Perkembangan Internet dan Kebutuhan Informasi Era Online dalam Dunia Pendidikan. Jombang (ID): Universitas Pesantren Tinggi Darul.

Tumbel CM, Tumbel AJ, Palandeng. 2016. Penerapan Sistem Manajemen Mutu dalam Meningkatkan Kinerja Operasional Koperasi Simpan Pinjam (Studi pada Koperasi Glaistygil Manado). Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi.

(3): 14-26.




DOI: https://doi.org/10.24967/jshs.v5i01.1132

Article Metrics

Abstract view : 1927 times
PDF : 819 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Creative Commons License
Jurnal Sosial dan Humanis Sains is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License