“Dimensi Visual dan Psikologis dalam Ritel: Analisis Price Discount dan In-Store Display pada Impulse Buying”

Agus Sugiyanto, Faye Maya Dewi, Toni Suhara

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mempelajari bagaimana pengurangan harga dan penampilan di toko berdampak pada keputusan impulse buying yang dibuat oleh pelanggan Matahari Department Store di Mal Ciputra Tangerang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survey, data dikumpulkan melalui kuesioner kepada sejumlah responden yang berbelanja di Matahari. Pengaruh kedua variabel independen terhadap impulse pembelian secara parsial dan simultan dinilai melalui analisis data regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa potongan harga meningkatkan impulse pembelian secara signifikan, karena konsumen terdorong untuk membeli produk ketika merasa mendapatkan keuntungan harga. Selain itu, terbukti bahwa penampilan di toko memiliki efek positif yang signifikan, di mana penataan produk, signage, dan tampilan visual yang menarik mampu memicu pembelian spontan. Secara simultan, kedua faktor ini memperkuat keputusan impulse buying konsumen. Implikasi praktis penelitian ini adalah pentingnya manajemen Matahari mengombinasikan strategi diskon harga dengan tampilan toko yang berinovatif untuk memperkuat daya tarik pelanggan, memperkuat daya saing, dan mendorong penjualan. Kebaruan (novelty) dari penelitian ini terletak pada fokus pengujian simultan price discount dan in-store display di konteks ritel fesyen besar di Kabupaten Tangerang, yang belum banyak diteliti secara spesifik.

Keywords


In-Store Display; Impulse Buying; Matahari Department Store; Price Discount; Ritel Ritel, Matahari Department Store.

References


Abdullah, Rachma, dan R. (2020). Pengaruh Price Discount, Bonus Pack, dan In-store Display Terhadap Keputusan Impulse Buying (Studi KAsus Pembeli Aksesoris Handphone AA Cell di Jalan Jombang Kota Malang). E-Jurnal Riset Manajemen.

Arikunto, Suharsimi. (2014). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta

Aswin, A., Rafiq, M., Pratama, Y. A., & Septiana, R. (2022). Perilaku Online Impulse Buying pada Marketplace Shopee. Prosiding Seminar Nasional Darmajaya, 1, 81–90.

Azwari, A., & Lina, L. F. (2020). Pengaruh Price Discount dan Kualitas Produk pada Impulse Buying di Situs Belanja Online Shopee. Jurnal Technobiz, 3(2), 37–41. https://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/technobiz/article/view/1098

Berman, B., & Evans, J. R. (2018). Retail Management: A Strategic Approach (13th ed.). New York: Pearson Education.

Finance.detik.com. (2024). matahari-tutup-dua-gerai-di-tangerang-ada-cuci-gudang @ finance.detik.com. 30 Juli 2024. https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-7419422/matahari-tutup-dua-gerai-di-tangerang-ada-cuci-gudang

Fithriyani, S. A., Ratnaningtyas, A., & Prihandini, G. R. (2022). Perilaku Impulsive Buying Pada Mahasiswi Pengguna E-Commerce Shopee Ditinjau Dari Kontrol Diri. JCA Psikologi, 3(1), 66–72. https://jca.esaunggul.ac.id/index.php/jpsy/article/view/189/188

Ghozali, Imam. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 21 Update PLS Regresi. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Heridiansyah, J., & Susetyarsi, T. (2022). Pengaruh Store Environment, Price Discount, Sales Promotion dan In store Display dan Store Atmosphere terhadap keputusan keputusan Impulse buying pada PT. Matahari Departement Store Kota Semarang di Era New Normal. Jurnal Stie Semarang, 14(3), 15–26.

IDN Times Banten. (2022, Desember 23). Jelang Natal dan Tahun Baru, Matahari Mal Ciputra Gelar Super Sale Hingga 70%. IDN Times. Diakses dari https://banten.idntimes.com

Ismail, H. A., Trimiati, E. ., & Prihati, Y. . (2020). Membangun model konseptual faktor sinergitas perilaku konsumen dalam konteks pembelian impulsive secara online. Al Tijarah, 6(3), 10. https://doi.org/10.21111/tijarah.v6i3.5603

Ittaqullah, N., Madjid, R., & Suleman, N. R. (2020). The effects of mobile marketing, discount, and lifestyle on consumers’ impulse buying behavior in online marketplace. International Journal of Scientific and Technology Research, 9(3), 1569–1577.

Jiptono, F. (2015). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi Offse

Kompas. (2023, 8 Mei). “Matahari Department Store Genjot Penjualan lewat Program Diskon dan Display Produk.” Kompas.com. Diakses dari https://www.kompas.com

Kompas.id. (2024). soal-kabar-penutupan-gerai-matahari-departemen-store-optimalisasi-bisnis @ www.kompas.id. 2 Juli 2024. https://www.kompas.id/artikel/soal-kabar-penutupan-gerai-matahari-departemen-store-optimalisasi-bisnis

Kusumandaru, A. V. (2017). Pengaruh Price Discount, Bonus Pack, Dan Instore Display Terhadap Impulse Buying Matahari. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen , 6(9), 1–19. https://jurnalmahasiswa.stiesia.ac.id/index.php/jirm/article/view/1070

Levy, M., & Weitz, B. A. (2014). Retailing Management (8th ed.). New York: McGraw-Hill

Mardiyana. (2022). Pengaruh Kualitas Sistem Informasi Akademik (SIAKAD) Terhadap Kepuasan Mahasiswa di Prodi MPI FTIK UINSI Samarinda. Repository UINSI Samarinda.

Mardiyana, Sutanto, A., & Hidayat, A. C. (2019). Pengaruh Kepuasan Kerja dan Komitmen Organisasi terhadap Kinerja Karyawan Bank Pembiayaan Rakyat Syariah Daerah Istimewa Yogyakarta. JSMBI (Jurnal Sains Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 9(2), 100–113. http://jurnal.unmuhjember.ac.id/index.php/SMBI/article/view/2818

Mensah, J., Oppong, P. K., & Addae, M. (2022). Effect of Packaging on Perceived Quality and Brand Loyalty: The Mediating Role of Brand Association in Over-the-Counter Market. Open Journal of Business and Management, 10(01), 297–313.

https://doi.org/10.4236/ojbm.2022.101018

Mevia, N. I. A., & Marlien, R. . (2022). Apakah In-Store Display Produk Private Label dapat meningkatkan Impulse Buying? SEIKO : Journal of Management & Business, 4(3), 523–538. https://doi.org/10.37531/sejaman.v4i3.2718

Mukaromah, M., Zulva, T. N. I., Malida, O. N., & Oktafia, Y. (2021). ‘Analisis psikopatologi kecenderungan impulsive buying pada salah satu mahasiswa Universitas Negeri Semarang (psychopathological analysis of the tendency of impulsive buying to one of Universitas Negeri Semarang students)’. Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI), 3(1), 31.

Muliansyah, D. (2020). The Type of Hierarchical Leadership in Strated And Sustained Management in organization. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 18(1).

https://jurnal.ubd.ac.id/index.php/ds

Nighel, S., & Sharif, O. O. (2022). Pengaruh Flash Sale terhadap Pembelian Impulsif E-Commerce Shopee di Jawa Barat. E-Proceeding of Management, 9(3), 1335-`1344.

Nisaputra, R. (2023). Ekonomi Tak Pasti, 67% Masyarakat Malah Antusias Belanja Online. 20 Februari 2023. https://doi.org/https://infobanknews.com/ekonomi-tak-pasti-67 masyarakat-malah-antusias-sambut-promosi-belanja-online/

Nur Aziz, & Dewanto, I. J. (2022). Model Penilaiann Kinerja Karyawan dengan Personal Balanced Scorecard. MAMEN: Jurnal Manajemen, 1(2), 168–177.

https://doi.org/10.55123/mamen.v1i2.218

Nurwahidah dan Ita Purnama. (2021). Pengaruh in Store Display Terhadap Keputusan Pembelian ( Studi Pada Bolly Bakery ) Pengaruh in Store Display Terhadap Keputusan Pembelian ( Studi Pada Bolly Bakery ). Journal Scientific Of Mandalika (JSM) e-ISSN 2745-5955p-ISSN2809-0543,2(8),370–376. https://doi.org/10.36312/10.36312/vol2iss8pp370-376

Oktaviana, S. A., AY, B., & Marwati, F. S. (2021). Analisis Price Discount, In Store Display dan Store Atmoshphere terhadap Keputusan Impulse Buying pada Gramedia Solo Square di Era New Normal. Jurnal Dimensi, 10(2), 269–279.

https://doi.org/10.33373/dms.v10i2.2919

Pradana, A. A., & Wahyuningdyah, R. Y. (2019). Analisis Pengaruh Potongan Harga, Paket Bonus, Pajangan dalam Toko dan Suasana Toko Terhadap Perilaku Pembelian Impulsif Pada Pelanggan Minimarket Indomaret Hybrid di Kota Semarang. Jemap, 2(1), 47. https://doi.org/10.24167/jemap.v2i1.2099

Rahma, S., M. Yusuf, dan A. F. Astuti. 2024. Pengaruh Korean Wave, Kesadaran Halal, Dan Harga Terhadap Daya Beli Korean Food Di Kota Jambi. eCo-Buss 6 (3): 1300–1314

Risma, S., Sukmawati, C., & Si, M. (2023). Pengaruh Price Discount Terhadap Impulse Buying Pada Aplikasi Shopee Indonesia (Studi Pada Pengguna Aplikasi Shopee Masyarakat Gampong Beurandang, Syamtalira Bayu, Aceh Utara). NEGOTIUM: Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 6(1), 14–39.

Rizal, D. H. B. (2015). Pengaruh Personal Selling, Display Product dan store Atmosphere terhadap Impulse Buying. Manajemen Bisnis, 5(2), 220.

https://doi.org/https://doi.org/10.22219/jmb.v5i2.5352

Salsabila, & Andriana, A. N. (2024). Pengaruh Price Discount Dan Bonus Pack Terhadap Impulse Buying Dengan Positive Emotion Sebagai Variabel Mediasi Pada Konsumen Ritel Guardian Samarinda Central Plaza. Management Studies and Entrepreneurship Journal, 5(1), 2882–2895. http://journal.yrpipku.com/index.php/msej

Schiffman, L. G., & Kanuk, L. L. (2014). Consumer Behavior (10th ed.). Pearson Prentice Hall.

Selviani, A., Duharman, D., & Sanjaya, A. H. (2024). Pengaruh Potongan Harga Terhadap Keputusan Konsumen Di Indomaret Simpang Lima Kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JURKAMI), 9(1), 43–52. https://doi.org/10.31932/jpe.v9i1.3238

Stremersch, S., & Gerard J. Tellis. (2010). "Strategic Bundling Of Products And Prices: a New Synthesis For Marketing". Journal Marketing, Vol.66, No.2: 55-72

Suara.com. (2024). manajemen-matahari-bongkar-penyebab-tutup-dua-gerai-di-tangerang @ www.suara.com. 3 Juli 2024. https://www.suara.com/bisnis/2024/07/03/080106/manajemen-matahari-bongkar-penyebab-tutup-dua-gerai-di-tangerang

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.

Swastha, B., & Irawan. (2017). Manajemen Pemasaran Modern (Edisi 2). Yogyakarta: Liberty.

TangerangNews.com. (2024, 24 Maret). Ada Masha and the Bear hingga Diskon Belanja Sampai 70% di Mal Ciputra Tangerang. TangerangNews.com. https://www.tangerangnews.com/hiburan/read/48702/Ada-Masha-and-The-Bear-hingga-Diskon-Belanja-Sampai-70-di-Mal-Ciputra-Tangerang?utm_source=chatgpt.com

Tempo.co. (2024, 31 Maret). Menjelang Lebaran 2024, Sejumlah Mal Gelar Midnight Sale: Diskon hingga 80 Persen. Tempo.co. Diakses dari https://www.tempo.co/ekonomi/menjelang-lebaran-2024-sejumlah-mal-gelar-midnight-sale-diskon-hingga-80-persen--72214

Tjemara, N. R., & Nurlinda. (2025). Pengaruh Shopping Lifestyle, Fashion Involvement dan Discount Price terhadap Impulse Buying. Lokawati: Jurnal Penelitian Manajemen Dan Inovasi Riset, 3(1), 345–365.

Tumanggor, S., Hadi, P., & Sembiring, R. (2022). Pembelian impulsif pada e-commerce shopee (studi pada konsumen shopee di Jakarta Selatan). Journal of Business and Banking, 11(2), 251. https://doi.org/10.14414/jbb.v11i2.2733

Warnerin, G., & Dwijayanti, R. (2020). Pengaruh Diskon Dan in-Store Display Terhadap Impulse Buying Konsumen Matahari Department Store Gress Mall Gresik. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 8(2), 896–903. www.sentrarak.com

Wikipedia. (2025). Visual merchandising. Diakses dari en.wikipedia.org https://en.wikipedia.org/wiki/Visual_merchandising?utm_source.com

Wulansari, Miraza, Z., & Suyar, A. S. (2022). Pengaruh Store Environment, Price Discount, Dan Bonus Pack Terhadap Impulse Buying (Pembelian Impulsif) yang Dimoderasi Oleh Positive Emotion Pada Konsumen The Body Shop di Sun Plaza Medan. Jurnal Akuntansi, Manajemen Dan Ilmui Ekonomi, 2(1), 236–247.

Yonita, V., & Aprilyanti, R. (2022). Analisis Penerapan Prinsip–prinsip Good Corporate Governance Pada Usaha Kecil dan Menengah (Studi Pada UKM Restoran/Rumah Makan/Kafe di Daerah Cikupa Tangerang). ECo-Fin, 4(1), 1–9.

https://doi.org/10.32877/ef.v4i1.454

Zharifah, N., I. Sukoco, dan P. W. Tresna. 2025. Pengaruh Viral Marketing dan Fear of Missing Out terhadap Keputusan Pembelian Produk Bandung Cheesecuit 6 (3): 1731–1746.




DOI: https://doi.org/10.24967/jims.v11i2.4442

Article Metrics

Abstract view : 38 times
PDF (Bahasa Indonesia) : 23 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Jurnal Ilmu Manajemen Saburai (JIMS) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License