Strategi Pembelajaran Heuristik K-R dan Motivasi Belajar: Dampak Terhadap Kemampuan Representasi Matematika
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) Dampak strategi pembelajaran Heuristik K-R terhadap kemampuan representasi matematis; 2) Dampak motivasi belajar terhadap kemampuan representasi matematis; dan 3) Interaksi antara strategi pembelajaran Heuristik K-R dengan motivasi belajar terhadap kemampuan representasi matematis. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis quasy experiment design. Populasi penelitian yaitu seluruh peserta didik kelas VII SMP Ma'arif 8 Sendang Agung. Teknik pengambilan sampel menggunakan Cluster Random Sampling, yang terpilih menjadi sampel adalah peserta didik kelas VII B sebagai kelas eksperimen dan VII C sebagai kelas kontrol, masing-masing kelas terdiri dari 30 peserta didik. Pengumpulan data menggunakan tes dan angket. Pengujian hipotesis menggunakan uji Two-Way Anova. Diperoleh hasil yaitu H_0A ditolak, H_0B ditolak, dan H_0C diterima. Disimpulkan bahwa 1) Terdapat dampak strategi pembelajaran heuristik K-R terhadap kemampuan representasi matematis; 2) Terdapat dampak motivasi belajar terhadap kemampuan representasi matematis; dan 3) Tidak terdapat interaksi antara strategi pembelajaran Heuristik K-R dengan motivasi belajar terhadap kemampuan representasi matematis peserta didik.
Keywords
Kemampuan Representasi Matematis; Strategi Pembelajaran Heuristik K-R; Motivasi Belajar
References
Alkaabi, S. A. R. (2017). Researching Student Motivation. Contemporary Issues In Education Research – Third Quarter, 10(3), 193.
Anwar, M. K. (2017). Pembelajaran Mendalam untuk Membentuk Karakter Siswa sebagai Pembelajar. Tadris: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Keguruan, 02(2), 97–104. https://doi.org/10.24042/tadris.v2i2.1559
Handayani, H. (2015). Pengaruh Pembelajaran Kontekstual Terhadap kemampuan Pemahaman Representasi Matematis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 1(1), 143.
Mardiyah, M. dan. (2017). Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Berdasarkan Kecerdasan Multiple Intellegences. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 187–196.
Marliani, N. (2015). Peningkatan Kemampuan Berfikir Kreatif Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP). Jurnal Formatif, 5(1).
Muhammad, N. (2017). Pengaruh Metode Discovery Learning untuk Meningkatkan Representasi Matematis dan Percaya Diri Siswa. Jurnal Pendidika UNIGA, 9(1), 10–11.
Putra, F. G. (2015). Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Berbantuan Software Cabri 3d di Tinjau dari Kemampuan Koneksi Matematis Siswa. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 143–153.
putra, F. G., Mujib, & Wulandari, P. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Investigasi Kelompok Berbantuan Perangkat Lunak Maple Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 101.
Ruliani, I. D., Nizaruddin, & Murtianto, Y. H. (2018). Profile Analysis of Mathematical Problem Solving Abilities with Krulik & Rudnick Stages Judging from Medium Visual Representation. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 7(1), 22–29.
Ula, I. R., & Fadila, A. (2018). Pengembangan E-Modul Berbasis Learning Content Development System Pokok Bahasan Pola Bilangan SMP. Desimal: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 201–207.
Widodo, A. N. A., & Aristiyo, D. N. (2019). Kemampuan Representasi Matematis Mahasiswa dalam Menyelesaikan Masalah Statistika Berdasarkan Langkah Krulik dan Rudnick. JES-MAT, 5(2), 99–112.
DOI: https://doi.org/10.24967/esp.v2i01.1374
Article Metrics
Abstract view : 1158 times
PDF (Bahasa Indonesia) : 677 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) Dampak strategi pembelajaran Heuristik K-R terhadap kemampuan representasi matematis; 2) Dampak motivasi belajar terhadap kemampuan representasi matematis; dan 3) Interaksi antara strategi pembelajaran Heuristik K-R dengan motivasi belajar terhadap kemampuan representasi matematis. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis quasy experiment design. Populasi penelitian yaitu seluruh peserta didik kelas VII SMP Ma'arif 8 Sendang Agung. Teknik pengambilan sampel menggunakan Cluster Random Sampling, yang terpilih menjadi sampel adalah peserta didik kelas VII B sebagai kelas eksperimen dan VII C sebagai kelas kontrol, masing-masing kelas terdiri dari 30 peserta didik. Pengumpulan data menggunakan tes dan angket. Pengujian hipotesis menggunakan uji Two-Way Anova. Diperoleh hasil yaitu H_0A ditolak, H_0B ditolak, dan H_0C diterima. Disimpulkan bahwa 1) Terdapat dampak strategi pembelajaran heuristik K-R terhadap kemampuan representasi matematis; 2) Terdapat dampak motivasi belajar terhadap kemampuan representasi matematis; dan 3) Tidak terdapat interaksi antara strategi pembelajaran Heuristik K-R dengan motivasi belajar terhadap kemampuan representasi matematis peserta didik.
Keywords
References
Alkaabi, S. A. R. (2017). Researching Student Motivation. Contemporary Issues In Education Research – Third Quarter, 10(3), 193.
Anwar, M. K. (2017). Pembelajaran Mendalam untuk Membentuk Karakter Siswa sebagai Pembelajar. Tadris: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Keguruan, 02(2), 97–104. https://doi.org/10.24042/tadris.v2i2.1559
Handayani, H. (2015). Pengaruh Pembelajaran Kontekstual Terhadap kemampuan Pemahaman Representasi Matematis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 1(1), 143.
Mardiyah, M. dan. (2017). Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Berdasarkan Kecerdasan Multiple Intellegences. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 187–196.
Marliani, N. (2015). Peningkatan Kemampuan Berfikir Kreatif Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP). Jurnal Formatif, 5(1).
Muhammad, N. (2017). Pengaruh Metode Discovery Learning untuk Meningkatkan Representasi Matematis dan Percaya Diri Siswa. Jurnal Pendidika UNIGA, 9(1), 10–11.
Putra, F. G. (2015). Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Berbantuan Software Cabri 3d di Tinjau dari Kemampuan Koneksi Matematis Siswa. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 143–153.
putra, F. G., Mujib, & Wulandari, P. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Investigasi Kelompok Berbantuan Perangkat Lunak Maple Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 101.
Ruliani, I. D., Nizaruddin, & Murtianto, Y. H. (2018). Profile Analysis of Mathematical Problem Solving Abilities with Krulik & Rudnick Stages Judging from Medium Visual Representation. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 7(1), 22–29.
Ula, I. R., & Fadila, A. (2018). Pengembangan E-Modul Berbasis Learning Content Development System Pokok Bahasan Pola Bilangan SMP. Desimal: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 201–207.
Widodo, A. N. A., & Aristiyo, D. N. (2019). Kemampuan Representasi Matematis Mahasiswa dalam Menyelesaikan Masalah Statistika Berdasarkan Langkah Krulik dan Rudnick. JES-MAT, 5(2), 99–112.

Ensiklopedia: Jurnal Pendidikan dan Inovasi Pembelajaran Saburai is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
