EVALUASI KELAYAKAN BIAYA OPERASIONAL KENDARAAN (BOK) MODA TRANSPORTASI TRAVEL LEGAL DAN ILEGAL DI BANDAR LAMPUNG

Farida Juwita

Abstract


Pencapaian dalam suatu keinginan transportasi yang aman, nyaman, ekonomis dan lancar, maka perlu diperhatikan kondisi dari jasa angkutan umum travel yang ada dan beroperasi. Terutama pelayanannya yang dianggap sangat menggangu terhadap pemakai jasa angkutan umum travel seperti halnya di Indonesia ini, dan khusunya jasa travel legal maupun travel ilegal trayek Bandar Lampung – Bakauheni. Untuk itu sangatlah tepat jika kita mengkaji kelayakan biaya oprasional kendaraan (BOK) pada penyedia jasa travel legal dan ilegal yang ada di Bandar Lampung , sehingga perlu sekali kita mengevaluasi kembali tarif angkutan jasa travel yang   yang telah ditetapkan oleh penyedia jasa travel itu sendiri, bila dibandingkan dengan biaya operasi kendaraan yang harus dikeluarkan oleh pengelola penyedia jasa travel dengan mengambil langkah perhitungan kembali. Disini rumus/cara dalam menghitung besarnya tarif angkutan per keberangkatan. Cara inilah yang dipergunakan untuk menghitung besarnya tarif/biaya jasa travel legal maupun ilegal dan biaya operasional kendaraan  yang harus dikeluarkan  oleh penyedia jasa. Hasil yang didapat dari perhitungan analisa Biaya Operasional Kendaraan (BOK)   berbeda dengan tarif/biaya yang ditetapkan oleh jasa trevel saat ini . Tarif yang berlaku pada saat ini sebesar Rp. 50.000,00,- /pnp/keberangkatan untuk Jasa Travel Legal Maupun Ilegal Di Bandar Lampung Dengan Trayek Bandar Lampung – Bakauhheni  dan hasil yang diperoleh berdasarkan perhitungan Biaya Operasional

Keywords


Jasa; Kelayakan; Operasional; Transportasi

References


Abbas, Salim, H,A. 1993. Manajemen Transportasi. Rajawali Pers. Jakarta.

Eko, S., Ridho, R.M., Ismiyati., Wahyudi, K. 2014. Analisis Perbandingan Biaya Operasional Kendaraan (Bok)Jalan Lingkar Ambarawa Dan Jalan Eksisting. Fakultas Teknik– Universitas Diponegoro.

Handi, N., Ratna, P. 2015. Analisis Tarif Berdasarkan Biaya Operasional Kendaraan (Bok) Dan Willingness To Pay (Wtp) Pada Bus Akap Kelas Executive ( Studi Kasus : Bus Rosalia Indah Jurusan Solo - Jabodetabek ). Semarang. Fakultas Teknik– Universitas Diponegoro.

John, H.F., Yunita, A.m., Nicky, T.I. 2016. Kajian Tarif Angkutan Umum Berdasarkan Biaya Operasional Kendaraan (BOK), Ability To Pay (ATP) dan Willingness To Pay (WTP). Fakultas Teknik Jurusan Sipil Universitas nusa Cendana. Kupang Nusa Tenggara Timur.

Jotin, C. Kyisty dan B. Kent Lall, 2003. Dasar - Dasar Rekayasa Transportasi, Jilid 1. Erlangga. Jakarta.

Morlok, Edwar. K, 1988. Pengantar Teknik dan Perencanaan Transportasi. Erlangga. Jakarta.

Tanti, K.S. 2005. Kajian Dampak Perubahan Biaya Operasional Kendaraan (Bok) Akibat Pengalihan Arus Lalu LintasDari Ruas Jalan Cadas Pangeran Ke Jalur Alternatif. Penerbit Balai Teknik Lalu Lintas & Lingkungan Jalan - Kementrian Pekerjaan Umum.

Taty Y, 2009. Analisis Tarif Angkutan Umum Berdasarkan Biaya Operasional Kendaraan, Ability To Pay dan Willingness To Pay. Fakultas Teknik, Universitas Sebelas Maret Surakarta.




DOI: https://doi.org/10.24967/teksis.v4i2.642

Article Metrics

Abstract view : 1559 times
PDF (Bahasa Indonesia) : 812 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Teknika Sains: Jurnal Ilmu Teknik is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License