Evaluasi Tebal Perkerasan Lentur Menggunakan Metode Manual Desain Perkerasan (MDP) 2024

Cahya Sujatmiko, Farida Juwita, Lia Sepdianti

Abstract


Jalan adalah bagian dari infrastruktur transportasi yang digunakan untuk perpindahan orang dan barang. Jalan yang baik memungkinkan mobilitas barang menjadi lebih mudah dan efisien, yang berkontribusi pada stabilitas ekonomi. Jalan ruas Kalicinta–Dorowati di Kabupaten Lampung Utara menghubungkan Desa Kalicinta di Kecamatan Kotabumi Utara dengan Dusun Dorowati, yang merupakan bagian dari Desa Penagan Ratu di Kecamatan Abung Timur, Kabupaten Lampung Utara. Data dari Dinas Sumber Daya Air Bina Marga dan Bina Konstruksi (SDABMBK) Lampung Utara menunjukkan bahwa jalan Kalicinta di Kabupaten Lampung Utara merupakan jalan utama menuju pabrik tapioka PT. Teguh Wibawa Bhakti Persada (TWBP), yang juga memiliki pabrik tapioka lain, seperti PT. Sinar Laut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui jumlah kendaraan yang melintasi lokasi penelitian, nilai CBR segmen, dan nilai CESA4 dan CESA5. Tujuan lainnya adalah untuk mengetahui struktur lapis perkerasan di Jalan Kalicinta–Dorowati. Untuk mendesain perkerasan konstruksi, penelitian ini menggunakan Metode Desain Perkerasan Jalan Manual 2024. Tebal lapisan lentur aspal dengan lapis pondasi agregat (aspal pen 60/70 dan PG 70) dihasilkan dari perhitungan Manual Desain Perkerasan. Hasil perencanaan menunjukkan bahwa input data lalu lintas harian rata-rata (LHRT) dengan 240 kendaraan per hari, dominan truk 2 sumbu sedang, input pertumbuhan lalu lintas 3,5 persen, umur rencana pelayanan 20 tahun, dan faktor distribusi arah (DD) 0,5.

Keywords


Perkerasan Lentur; MDP 2024; Ruas Jalan Kalicinta – Dorowati

References


H. C. Hardiyatmo, Pemeliharaan Jalan Raya : Perkerasan – Drainase - Longsoran. Yogyakarta: Gajah Mada University Press, 2007.

D. Y. Salsabila, J. E. Yani, J. P. Wulandari, and N. F. Saputra, “Analisis Dampak Kondisi Jalan Buruk terhadap Kegiatan Ekonomi dan Sosial di Desa Padang Kuas Kec. Sukaraja, Kab. Seluma, Kota Bengkulu,†MENYALA J. Pengabdi. Masy., vol. 1, no. 2, pp. 433–437, 2024.

M. F. Pradana, “Mencari Penyebab Kerusakan Jalan Dengan Pendekatan Statistik,†Jur. Tek. Sipil Univ. Sultan Ageng Tirtayasa, 2019.

W. A. M. WAM, “Identifikasi Waste Proyek Konstruksi Jalan dengan Menggunakan Metode Lean Project Management,†J. Tek. Ind., vol. 5, no. 2, 2019.

M. Misdawati, L. B. Said, and H. St Maryam, “Analisis Penurunan Umur Rencana Jalan Akibat Volume Kendaraan dan Kelebihan Muatan Pada Ruas Jalan Jend. Ahmad Yani Kota Parepare,†J. Flyover, vol. 1, no. 2, pp. 38–47, 2021.

U. Budiana, “Analisis Perkerasan Lentur Dengan Metode MDPJ 2024 Pada Peningkatan Lajur Ruas Tol Palikanci,†J. Dunia Rekayasa Sipil, Des. dan Infrastruktur, vol. 1, no. 1, pp. 13–17, 2024.

M. A. Muzaqi, “Analisis Perencanaan Tebal Perkerasan Jalan Provinsi Berdasarkan Manual Desain Perkerasan (MDP) 2017 (Studi Kasus: Jalan Airan Raya, Way Hui, Lampung),†Universitas Lampung, 2023.

E. Syafutra, I. Sukmana, and F. Murdapa, “Perencanaan Lapis Perkerasan Lentur dengan Metode Analisa Komponen pada Jalan Provinsi Ruas Jalan Kota Gajah-Seputih Surabaya Kabupaten Lampung Tengah,†in Seminar Nasional Insinyur Profesional (SNIP), 2022, vol. 2.

N. Pratama and E. E. Putri, “Analisa Komparatif Perencanaan Perkerasan Lentur Jalan Kabupaten Antara Manual Desain Perkerasan Jalan (MDP) 2024 Dan Metode Analisa Komponen,†J. Syntax Lit., vol. 10, no. 3, 2025.

D. Purwadi, “Evaluasi Tebal Perkerasan Jalan Provinsi Berdasarkan Manual Desain Perkerasan (MDP) 2017 (Studi Kasus: Jl. Laksamana RE Martadinata Bandar Lampung, Lampung),†Universitas Lampung, 2022.

A. Suraji, “Disain Perkerasan Jalan Lentur Berdasarkan MDP 2024,†youtube.com, 2024. https://www.youtube.com/watch?v=bA4ja8pwHNU.




DOI: https://doi.org/10.24967/teksis.v10i1.4183

Article Metrics

Abstract view : 268 times
PDF (Bahasa Indonesia) : 356 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Teknika Sains: Jurnal Ilmu Teknik is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License