Pengguna Pedestrian Jalan (Trotoar) Dalam Pergerakan di Ruas Jalan Ryacudu Bandar Lampung

Fery Hendi Jaya, Diana Nur Afni, Yudi Afirta

Abstract


Kawasan Pembangunan Trotoar untuk jalur pendestrian pada ruas jalan Ryacudu merupakan pusat akses utama menuju pintu Tol Itera Lampung. Konsep pembangunan jalur pedestrian pada kawasan Ruas Jalan Ryacudu memiliki kecenderungan tidak dapat berjalan sesuai dengan perencanaan. Trotoar yang disediakan sesuai peraturan tapi tidak sepenuhnya digunakan untuk jalur pedestrian walau fasilitas ini baru saja dibangun oleh pemerintah. Permasalahan yang muncul diantaranya adalah tidak lagi sesuai dengan tujuan awal dan kemanfaatannya sebagai jalur pedestrian, diantaranya banyaknya parkir liar, alih pungsi lahan, pedagang dadakan (PKL) dan faktor lainnya. Dari latar belakang tersebut maka perlu dilakukan studi preferensi terhadap karakteristik dan tujuan dari pengguna trotoar atau pejalan kaki di ruas jalan ini. Dari hasil penelitian didapat 43 persen pengguna trotoar berusia 36-45 tahun, Jenis Kelamin Responden didominasi 65 persen Laki-laki dan sisanya (35 persen) adalah Perempuan. 48 persen pendidikan Responden merupakan serjana setingkat atau di atasnya. 44 persen pekerjaan responden merupakan PNS/TNI/POLRI, 44 persen Pendapatan/Gaji berkisar pada Rp3.000.000-5.000.000. 33 persen responden bertujuan rekreasi, nongkrong, dan kuliner. Lama Penggunaan trotoar responden sebesar 30 persen kurang dari 10 menit, Frekuensi Kunjungan Responden sebesar 41 persen melakukan perjalanan jarang sekali, dikarenakan volume kendaraan yang tinggi di ruas ini. Sedangkan jika dilihat indikator satu persatu variabel maka yang berpengaruh signifikan hanya indikator sosial, ekonomi dan kesehatan.

Keywords


Jalur Pedestrian; Ruas Jalan; Trotoar

References


Agusman, Ofin, W., Daru, L., & Wally, S. (2021). Studi Kenyamanan Pejalan Kaki Di Trotoar. Jurnal Teknik Sipil : Rancang Bangun, 20-25.

Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta: Jakarta.

Bertarina, Mahendra, O., Lestari, F., & Safitr, D. (2022). Analisis Pengaruh Hambatan Samping (Studi Kasus: Jalan Raya Zainal Abidin Pagar Alam di Bawah Flyover Kedaton Kota Bandar Lampung). Jurnal Teknik Sipil Institut Teknologi Padang, 30-36.

Danoe, I. (Maret 2006). Pengaruh Elemen- Elemen Pelengkap Jalur Pedestrian Terhadap Kenyamanan Pejalan Kaki (Studi Kasus: Penggal Jalan Pandanaran, Dimulai dari Jalan Randusari Hingga Kawasan Tugu Muda. Jurnal Ilmiah Perancangan Kota dan Permukiman, Volume 5 Nomor 1.

Direktur Jenderal Bina Marga No.76/ KPTS/Db/1999. ( tanggal 20 Desember 1999).

Gujarati, D. N. (2007). Dasar-Dasar Ekonometrika. Kabupaten Bulungan: Erlangga.

Gunawan, W. M. (1988). Standart Perancangan Geometrik Jalan Perkotaan. Direktorat Jendral Bina Marga-Departemen Pekerjaan Umum.

Indraswara, M. (2006). Kajian Perilaku Pejalan Kaki Terhadap Pemanfaatan Jembatan Penyeberangan. Enclosure Jurnal, Vol 5 No.2.

Khosasi, A. M., Kusumaningtyas, D. M., Halsted, T., & Sasongko, G. (2018). Studi Kasus Dampak Pembangunan Trotoar terhadap Pedagang Kaki Lima. Jurnal Studi Pembangunan Interdisiplin, 150-162.

Pattipawaej, O. C., Tallar, R. Y., Pranata, Y. A., Wiyono, D. R., Kristianto, A., & Sutandi, M. C. (2023). Program Kemitraan Masyarakat untuk Meningkatkan Ketercapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan Melalui Perbaikan Trotoar di Universitas Kristen Maranatha. Journal of Community Service, 304-315.

Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 34 Tahun 2006 tentang Jalan. (2006). Jakarta.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2013). Metodelogi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitati dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tata Cara Perencanaan Geometrik Jalan Antar Kota, Ditjen Bina Marga, UU 22 tahun 2009. (n.d.).

Tisnaningtyas, E. Y. (2002). Fungsi Jalur Pedestrian Di Kawasan Simpang Lima Semarang Pada Malam Hari Ditinjau Dari Aspek Kenyamanan Dan Visibilitas Penggunanya. Doctoral dissertation, Program Pendidikan Pasca sarjana Universitas Diponegoro.

Trisna Wahyuni Yunus, S. M. (2021). Analisis Kinerja Ruas Jalan Akibat Pembangunan Saluran dan Trotoar Pada Kawasan Jalan Nusantara dan Jalan Sulawesi. Journal Flyover (JFO), 33-40.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. (n.d.).

Uniaty, Q. (1992). Model jalur Pedestrian : Kajian Perseptual Terhadap Fenomena danm Karakteristik Jalur Pedestrian Sebagai Bagian Dari Ruang Arsitektur Kota. In Thesis. Bandung: ITB.




DOI: https://doi.org/10.24967/teksis.v9i1.3095

Article Metrics

Abstract view : 85 times
PDF (Bahasa Indonesia) : 81 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Teknika Sains: Jurnal Ilmu Teknik is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License