Analisis Pengaruh Manajemen Konstruksi dalam Penanganan Keterlambatan pada Proyek Konstruksi

Ilyas Sadad, Galih Arbi Sangidana

Abstract


Pembangunan jalan merupakan bagian penting dalam pembangunan karena merupakan penghubung dalam pembangunan perekonomian. Menurut jenisnya, jalan merupakan suatu proyek konstruksi yang direncanakan dan dirancang untuk memberikan kemudahan bagi pemilik dan penggunanya. Banyak faktor yang harus diperhatikan dalam pelaksanaan pembangunan jalan dan tindakan yang dilakukan oleh manajemen konstruksi untuk menghindari keterlambatan yang dapat merugikan banyak pihak. Dari definisinya, manajemen konstruksi adalah proses perencanaan, pengorganisasian, pengawasan dan pengendalian seluruh aspek yang terlibat dalam membangun suatu proyek konstruksi. Sasaran utama manajemen konstruksi adalah mengelola fungsi-fungsi manajemen secara efektif dan efisien sehingga memperoleh hasil yang optimal sesuai dengan kesepakatan dengan pemilik proyek. Teknik pengambilan sampel yang dipilih adalah wawancara/kuesioner dan observasi lapangan. Dalam penelitian ini diperlukan sampel sebanyak 30 responden yang berasal dari kontaktor dan konsultan. Kuesioner diambil dari observasi di lapangan mulai dari faktor biaya, cuaca, material, pekerja, dan lain sebagainya. Analisis manajemen konstruksi dalam penanganan keterlambatan menggunakan Microsoft Excel dan SPSS.

Keywords


Analisis; Keterlambatan; Penyebab; Penanganan

References


A. Darmali and M. Waty, “Analisis peranan konsultan manajemen konstruksi dalam mencegah keterlambatan waktu konstruksi,†JMTS J. Mitra Tek. Sipil, vol. 5, no. 1, pp. 141–153, 2022.

L. A. Megawati and Lirawati, “Analisis Faktor Keterlambatan Proyek Konstruksi Bangunan Gedung,†J. Tek., vol. 21, no. 2, pp. 27–34, 2020.

H. Hassan, J. B. Mangare, and P. A. K. Pratasis, “Konstruksi Dan Alternatif Penyelesaiannya ( Studi Kasus : Di Manado Town Square Iii ),†J. Sipil Statik, vol. 4, no. 11, pp. 657–664, 2016.

I. N. Sutarja, N. M. Jaya, and A. P. Sukoyo, “Proyek Hotel Di Kabupaten Badung Dan Kota Denpasar Unsur-unsur Proyek Konstruksi,†J. Spektran, vol. 8, no. 2, pp. 160–168, 2020.

A. S. Ariyanto, K. A. P. Kamila, Supriyadi, M. B. Utomo, and W. L. Mahmudi, “Pengaruh Keterlambatan Material Terhadap Risiko Proyek Pembangunan Gedung Parkir,†Bangun Rekaprima, vol. 05, no. 2, pp. 51–58, 2019.

D. A. N. Waktu, D. I. Dinas, P. Umum, K. Manado, and D. Willar, “Analisis Faktor Keterlambatan Penyelesaian Proyek Konstruksi Gedung Terhadap Mutu, Biaya Dan Waktu Di Dinas Pekerjaan Umum Kota Manado,†J. Ilm. Media Eng., vol. 5, no. 2, pp. 401–405, 2015.

Y. I. Puspitasari, J. B. Mangare, and P. A. K. Pratasis, “ANALISIS FAKTOR-FAKTOR Keterlambatan Pada Proyek Perumahan Casa De Viola Dan Alternatif Penyelesaiannya,†J. Sipil Statik, vol. 8, no. 2, pp. 141–146, 2020.

G. A. Wardana, T. Iskandar, and D. Kartika, “Student Journal GELAGAR Vol. 5 No.1 2023 1 Program Studi Teknik Sipil,†Student J. GELAGAR, vol. 5, no. 1, pp. 1–12, 2023.

F. N. Kharina and K. A. Sambowo, “Analisis Keterlambatan Proyek Serta Dampaknya Terhadap Biaya Dan Waktu Pelaksanaan Proyek (Studi Kasus : Proyek Pembangunan Cinere Terrace Suites Apartemen & Citywalk, Jakarta),†J.Infras, vol. 5, no. 1, pp. 13–19.




DOI: https://doi.org/10.24967/teksis.v9i1.3050

Article Metrics

Abstract view : 217 times
PDF (Bahasa Indonesia) : 129 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Teknika Sains: Jurnal Ilmu Teknik is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License