PERANAN PEGAWAI DALAM MEMBERIKAN PELAYANAN PADA ANGGOTA KPN TIGA SEHAT DINAS KOPERASI PERINDUSTRAIN DAN PERDAGANGAN PROVINSI LAMPUNG
Abstract
Administrasi Pelayanan kepada anggota KPN Tiga Sehat Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan Propinsi Lampung merupakan bentuk pelayana kepada anggota koperasi yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan anggota secara langsung baik dalam bentuk barang atau jasa. Untuk meningkatkan manajemen penyaluran bantuan kepada anggota dilakukan dengan : a) Meningkatkan pelatihan, b) Meningkatkan peran UPTD Balai Pendidikan dan Latihan Koperasi, c) Meningkatkan kemitraan koperasi dengan lembaga terkait. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yaitu suatu metode penelitian yang menguraikan pemecahan masalah berdasarkan suatu kejadian yang menggambarkan keadaan yang terjadi kemudian diadakan interprestasi berdasarkan fakta yang ditemukan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan maka dapat disimpulkan bahwa administrasi pelayanan kepada anggota masih terdapat hambatan – hambatan walaupun masih relatif dapat
terkendali. Dan manajemen penyaluran bantuan kepada anggota koperasi masih perlu ditingkatkan hal ini mengingat manajemen pelayanan pada anggota masih kurang merata artinya masih adanya sikap kekerabatan.
Â
Keywords
Pelayanan;Koperasi;Tiga Sehat
References
Arikunto Suharsimin, 1993., Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek,: Jakarta
Handayaningrat Soewarno, 1989., Pengantar Ilmu Administrasi dan Manajemen, Haji Masagung : Jakarta.
Hasibuan Melayu, 1987., Manajemen Dasar, Pengertian dan Masalah, Gunung Agung : Jakarta.
Moekijat, 1985., Manajemen Kepegawaian, Alumni : Bandung
Moenir, 1992, Peran Staf dalam Manajemen, CV. Haji Mas Agung : Jakarta
Siagian Sondang, 1983., Fasilitas Administrasi, Gunung Agung : Jakarta.
Suwarto, 1985., Dasar-dasar Organisasi dan Manajemen, Gunung Agung : Jakarta
Syani Abdul, 1987., Manajemen Organisasi, Bina Aksara : Jakarta
Tjokroamidjojo Bintoro., 1986, Diktat Totality Administration, Bina Aksara : Jakarta
The Liang Gie, 1992., Kamus Administrasi Negara, Bina Aksara : Jakarta
Dinas Koperindag, 2001-2005, Rencana Strategis (Renstra), Dinas Koperindag : Propinsi Lampung,
Dinas Koperindag, 2001, Akta Pendirian KPN Tiga Sehat Tahun 1968., Dinas Koperindag : Propinsi Lampung.
DOI: https://doi.org/10.24967/fisip.v2i1.652
Article Metrics
Abstract view : 1007 times
PDF : 423 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 JISIP

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.
Abstract
Administrasi Pelayanan kepada anggota KPN Tiga Sehat Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan Propinsi Lampung merupakan bentuk pelayana kepada anggota koperasi yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan anggota secara langsung baik dalam bentuk barang atau jasa. Untuk meningkatkan manajemen penyaluran bantuan kepada anggota dilakukan dengan : a) Meningkatkan pelatihan, b) Meningkatkan peran UPTD Balai Pendidikan dan Latihan Koperasi, c) Meningkatkan kemitraan koperasi dengan lembaga terkait. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yaitu suatu metode penelitian yang menguraikan pemecahan masalah berdasarkan suatu kejadian yang menggambarkan keadaan yang terjadi kemudian diadakan interprestasi berdasarkan fakta yang ditemukan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan maka dapat disimpulkan bahwa administrasi pelayanan kepada anggota masih terdapat hambatan – hambatan walaupun masih relatif dapat
terkendali. Dan manajemen penyaluran bantuan kepada anggota koperasi masih perlu ditingkatkan hal ini mengingat manajemen pelayanan pada anggota masih kurang merata artinya masih adanya sikap kekerabatan.
Â
Keywords
References
Arikunto Suharsimin, 1993., Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek,: Jakarta
Handayaningrat Soewarno, 1989., Pengantar Ilmu Administrasi dan Manajemen, Haji Masagung : Jakarta.
Hasibuan Melayu, 1987., Manajemen Dasar, Pengertian dan Masalah, Gunung Agung : Jakarta.
Moekijat, 1985., Manajemen Kepegawaian, Alumni : Bandung
Moenir, 1992, Peran Staf dalam Manajemen, CV. Haji Mas Agung : Jakarta
Siagian Sondang, 1983., Fasilitas Administrasi, Gunung Agung : Jakarta.
Suwarto, 1985., Dasar-dasar Organisasi dan Manajemen, Gunung Agung : Jakarta
Syani Abdul, 1987., Manajemen Organisasi, Bina Aksara : Jakarta
Tjokroamidjojo Bintoro., 1986, Diktat Totality Administration, Bina Aksara : Jakarta
The Liang Gie, 1992., Kamus Administrasi Negara, Bina Aksara : Jakarta
Dinas Koperindag, 2001-2005, Rencana Strategis (Renstra), Dinas Koperindag : Propinsi Lampung,
Dinas Koperindag, 2001, Akta Pendirian KPN Tiga Sehat Tahun 1968., Dinas Koperindag : Propinsi Lampung.
Â