PENGARUH ORIENTASI BELANJA, KEPERCAYAAN ONLINE, DAN PENGALAMAN PEMBELIAN TERHADAP MINAT BELI SECARA ONLINE (STUDI KASUS PADA TOKO ONLINE TOKOPEDIA)
Abstract
Dalam Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui: (1).Pengaruh orientasi belanja terhadap minat beli  secara online. (2).Pengaruh  kepercayaan  online  terhadap  minat  membeli  secara  online.  (3).Pengaruh  pengalaman  pembelian terhadap      minat      membeli      secara      online.      (4).Pengaruh orientasi belanja,      kepercayaan online, dan pengalaman pembelian  terhadap  minat beli  secara online.  Jenis penelitian  yang  digunakan  dalam  riset  ini adalah survei.  Populasi  pada penelitian  ini  adalah seluruh  mahasiswa  yang  berada  di  kota  Medan  yang pernah berbelanja di situs Tokopedia. Metode purposive sampling yang dugunakan dalam pengambilan sampel sebanyak 365 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data yang digunakan untuk menjawab hipotesis adalah regresi berganda. Hasil  penelitian  ini menunjukkan  bahwa:  (1).Terdapat  pengaruh’positif variabel  orientasi belanja  terhadap minat beli secara online. Berdasarkan hasil uji parsial diperoleh t hitung sebesar 3,973 dan koefisien regresi 0,106 dengan signifikansi sebesar 0,000. (2) Terdapat pengaruh positif variabel kepercayaan online terhadap minat beli secara online. Berdasarkan hasil uji parsial diperoleh t hitung sebesar  2,949 dan koefisien regresi 0,152 dengan signifikansi sebesar 0,003. (3) Terdapat pengaruh positif variabel pengalaman pembelian terhadap minat beli secara online. Berdasarkan hasil uji parsial  diperoleh t hitung  sebesar  2,848  koefisien  regresi  0,133  dengan  signifikansi  sebesar  0,005. (4) Orientasi belanja, kepercayaan online, dan pengalaman pembelian berpengaruh positif terhadap minat beli secara online.  Hal  ini  dibuktikan dengan hasil pengujian diperoleh  nilai F hitung  sebesar  13,115  dengan  signifikansi (0,000 kurang dari 0,05).
Keywords
Orientasi Belanja; Kepercayaan Online; Pengalaman Pembelian; Minat Beli
References
Azizah, N., dan Dewi, C.K. (2016). Pengaruh Shopping Orientation, Online Trust dan Prior Online Purchase Experience terhadap Online Purchase Intenton (Studi Pada Online Shop Hijabi House). Jurnal Ekonomi. Volume 20 No. 2
Baskara, Hariyadi. (2014). Analisis Pengaruh’Kepercayaan, Keamanan, Kualitas Pelayanan Dan’Persepsi Akan Resiko Terhadap’Keputusan Pembelian Melalui Situs Jejaring Sosial (Social’Networking Websites).
Durianto, D., dan Liana, C. (2004). Analisis efektivitas iklan’televisi softener soft & fresh di Jakarta dan sekitarnya dengan menggunakan consumer’decision model. Jurnal Ekonomi Perusahaan.Vol.11 (no.1).
Ferdinand, Augusty. (2002). Structural Equalition Modeling dalam Penelitian Manajemen. BP.Undip, Semarang.
Ghozali, Imam. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 16. Semarang: Badan Penerbit’Universitas Diponegoro.
Jogiyanto. (2007). Sistem Informasi Keperilakuan. Edisi Revisi. Yogyakarta: Andi Offset.
Kotler, Philip dan’Gary Armstrong. (2008). Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 12 Jilid 1. Jakarta: Erlangga.
Kotler, Philip dan Gary Armstrong. (2008). Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 12 Jilid 2. Jakarta: Erlangga.
Kusuma, D.F., dan Septarini, B.G. (2013). Pengaruh Orientasi Belanja Terhadap Intensi Pembelian Produk’Pakaian Secara Online Pada Pengguna Online Shop. Vol 02. Jurnal Psikologi dan Organisasi. Surabaya: Universitas Airlangga.
Ling, Kwek Choon et.al. (2010). The Effects of Shopping Orientations, Online’Trust and Prior Online Purchase Experience toward Customers’ Online Purchase Intention. Vol 3. International Business Research. Malaysia.
Mathwick, C., Malhotra, N. and Rigdom, E. (2001). Experiential value: Conceptualization, measurement and application in the catalog and Internet shopping environment, Journal of Retailing, 77(1), 39-56.
Pamungkas, Y.F.C. (2014). Pengaruh Orientasi Pembelian, Kepercayaan, Dan Pengalaman Pembelian Online Terhadap Minat’Beli Online. 71
Pavlou, P. A., dan Gefen, D., (2002). Building Effective Online Marketplaces with Institution-based’Trust. Proceedings of Twenty-Third International’Conference on’Information Systems, pp. 667-675.
Samuel, Hatane. (2006). Dampak’Respon Emosi’Terhadap Kecenderungan Perilaku Pembelian Impulsif Konsumen’Online dengan Sumberdaya yang Dikeluarkan dan’Orientasi’Belanja’Sebagai Variabel Mediasi. Vol 8. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan. Surabaya: Universitas Kristen Petra
Seock, Yoo-Kyoung. (2003). Analysis of Clothing Website for’Young Consumer Retention Based on A Model of’Consumer
Relationship’Management via’Internet. Unpublished dissertation. Faculty of the Virginia Polytechnic Istitude and’State University.
Simamora, Bilson. (2008). Panduan Riset Perilaku Konsumen. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Sophia. (2014). Pengaruh Orientasi’Belanja, Kepercayaan Online, dan Pengalaman Pembelian Sebelumnya terhadap Minat’Beli Pelanggan Secara Online’pada Mahasiswa/i Fakultas
Ekonomi Universitas Syiah Kuala.
Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Bisnis.
Bandung: CV. Alfabeta.
Sugiyono, (2009). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung : Alfabeta.
Suryani, Tatik. (2013). Perilaku Konsumen di Era Internet. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Utama, L., dan Yuniarwati. (2014). Pengaruh Merek, Kepercayaan Dan Pengalaman Terhadap Minat Konsumen Dalam Melakukan Transaksi Secara Online. Jurnal Ekonomi/Volume XXI, No. 03, November 2016: 420-435.
Weber, K. and Roehl, W. (1999) “Profiling people searching for and purchasing travel products on the world wide webâ€, Journal of Travel Research, 37(3): 291-
Internet: Akik. (2015) Hati-Hati Berbelanja Barang Kw/Palsu tapi Mengatakan Asli/Natural. Diakses dari https://komunitas.Tokopedia.com pada tanggal 18 Mei 2018, pukul19.30 WIB. Avianto, R. (2015) Pengalaman Ketipu Belanja Online di Tokopedia.com. diakses dari http://www.aviantorichad.com pada tanggal 20 Juni 20187, pukul 19.00
WIB.
Nuryadi, A. (2016) Top 10 Toko Online Indonesia Paling Sering Dikunjungi. Diakses dari http://chip.co.id/news/ pada tanggal 20 Juni 2018, pukul 20.00
WIB.
Rusli, H. (2015) Kebijakan Tokopedia.com Berpihak Kepada Pelapak Penipu. Diakses dari https://lapor.net pada tanggal 20 Juni 2018, pukul 20.00 WIB.
https://slemankab.bps.go.id/linkTabelStatis/
view/id/7 diakses pada tanggal 14 Mei
, pukul 19.00 WIB
DOI: https://doi.org/10.24967/ekombis.v5i2.748
Article Metrics
Abstract view : 4092 times
PDF (Bahasa Indonesia) : 2004 times
Refbacks
Copyright (c) 2020 Austin Alexander Parhusip, Nurul Izzah Lubis

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Abstract
Dalam Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui: (1).Pengaruh orientasi belanja terhadap minat beli  secara online. (2).Pengaruh  kepercayaan  online  terhadap  minat  membeli  secara  online.  (3).Pengaruh  pengalaman  pembelian terhadap      minat      membeli      secara      online.      (4).Pengaruh orientasi belanja,      kepercayaan online, dan pengalaman pembelian  terhadap  minat beli  secara online.  Jenis penelitian  yang  digunakan  dalam  riset  ini adalah survei.  Populasi  pada penelitian  ini  adalah seluruh  mahasiswa  yang  berada  di  kota  Medan  yang pernah berbelanja di situs Tokopedia. Metode purposive sampling yang dugunakan dalam pengambilan sampel sebanyak 365 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data yang digunakan untuk menjawab hipotesis adalah regresi berganda. Hasil  penelitian  ini menunjukkan  bahwa:  (1).Terdapat  pengaruh’positif variabel  orientasi belanja  terhadap minat beli secara online. Berdasarkan hasil uji parsial diperoleh t hitung sebesar 3,973 dan koefisien regresi 0,106 dengan signifikansi sebesar 0,000. (2) Terdapat pengaruh positif variabel kepercayaan online terhadap minat beli secara online. Berdasarkan hasil uji parsial diperoleh t hitung sebesar  2,949 dan koefisien regresi 0,152 dengan signifikansi sebesar 0,003. (3) Terdapat pengaruh positif variabel pengalaman pembelian terhadap minat beli secara online. Berdasarkan hasil uji parsial  diperoleh t hitung  sebesar  2,848  koefisien  regresi  0,133  dengan  signifikansi  sebesar  0,005. (4) Orientasi belanja, kepercayaan online, dan pengalaman pembelian berpengaruh positif terhadap minat beli secara online.  Hal  ini  dibuktikan dengan hasil pengujian diperoleh  nilai F hitung  sebesar  13,115  dengan  signifikansi (0,000 kurang dari 0,05).
Keywords
References
Azizah, N., dan Dewi, C.K. (2016). Pengaruh Shopping Orientation, Online Trust dan Prior Online Purchase Experience terhadap Online Purchase Intenton (Studi Pada Online Shop Hijabi House). Jurnal Ekonomi. Volume 20 No. 2
Baskara, Hariyadi. (2014). Analisis Pengaruh’Kepercayaan, Keamanan, Kualitas Pelayanan Dan’Persepsi Akan Resiko Terhadap’Keputusan Pembelian Melalui Situs Jejaring Sosial (Social’Networking Websites).
Durianto, D., dan Liana, C. (2004). Analisis efektivitas iklan’televisi softener soft & fresh di Jakarta dan sekitarnya dengan menggunakan consumer’decision model. Jurnal Ekonomi Perusahaan.Vol.11 (no.1).
Ferdinand, Augusty. (2002). Structural Equalition Modeling dalam Penelitian Manajemen. BP.Undip, Semarang.
Ghozali, Imam. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 16. Semarang: Badan Penerbit’Universitas Diponegoro.
Jogiyanto. (2007). Sistem Informasi Keperilakuan. Edisi Revisi. Yogyakarta: Andi Offset.
Kotler, Philip dan’Gary Armstrong. (2008). Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 12 Jilid 1. Jakarta: Erlangga.
Kotler, Philip dan Gary Armstrong. (2008). Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 12 Jilid 2. Jakarta: Erlangga.
Kusuma, D.F., dan Septarini, B.G. (2013). Pengaruh Orientasi Belanja Terhadap Intensi Pembelian Produk’Pakaian Secara Online Pada Pengguna Online Shop. Vol 02. Jurnal Psikologi dan Organisasi. Surabaya: Universitas Airlangga.
Ling, Kwek Choon et.al. (2010). The Effects of Shopping Orientations, Online’Trust and Prior Online Purchase Experience toward Customers’ Online Purchase Intention. Vol 3. International Business Research. Malaysia.
Mathwick, C., Malhotra, N. and Rigdom, E. (2001). Experiential value: Conceptualization, measurement and application in the catalog and Internet shopping environment, Journal of Retailing, 77(1), 39-56.
Pamungkas, Y.F.C. (2014). Pengaruh Orientasi Pembelian, Kepercayaan, Dan Pengalaman Pembelian Online Terhadap Minat’Beli Online. 71
Pavlou, P. A., dan Gefen, D., (2002). Building Effective Online Marketplaces with Institution-based’Trust. Proceedings of Twenty-Third International’Conference on’Information Systems, pp. 667-675.
Samuel, Hatane. (2006). Dampak’Respon Emosi’Terhadap Kecenderungan Perilaku Pembelian Impulsif Konsumen’Online dengan Sumberdaya yang Dikeluarkan dan’Orientasi’Belanja’Sebagai Variabel Mediasi. Vol 8. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan. Surabaya: Universitas Kristen Petra
Seock, Yoo-Kyoung. (2003). Analysis of Clothing Website for’Young Consumer Retention Based on A Model of’Consumer
Relationship’Management via’Internet. Unpublished dissertation. Faculty of the Virginia Polytechnic Istitude and’State University.
Simamora, Bilson. (2008). Panduan Riset Perilaku Konsumen. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Sophia. (2014). Pengaruh Orientasi’Belanja, Kepercayaan Online, dan Pengalaman Pembelian Sebelumnya terhadap Minat’Beli Pelanggan Secara Online’pada Mahasiswa/i Fakultas
Ekonomi Universitas Syiah Kuala.
Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Bisnis.
Bandung: CV. Alfabeta.
Sugiyono, (2009). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung : Alfabeta.
Suryani, Tatik. (2013). Perilaku Konsumen di Era Internet. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Utama, L., dan Yuniarwati. (2014). Pengaruh Merek, Kepercayaan Dan Pengalaman Terhadap Minat Konsumen Dalam Melakukan Transaksi Secara Online. Jurnal Ekonomi/Volume XXI, No. 03, November 2016: 420-435.
Weber, K. and Roehl, W. (1999) “Profiling people searching for and purchasing travel products on the world wide webâ€, Journal of Travel Research, 37(3): 291-
Internet: Akik. (2015) Hati-Hati Berbelanja Barang Kw/Palsu tapi Mengatakan Asli/Natural. Diakses dari https://komunitas.Tokopedia.com pada tanggal 18 Mei 2018, pukul19.30 WIB. Avianto, R. (2015) Pengalaman Ketipu Belanja Online di Tokopedia.com. diakses dari http://www.aviantorichad.com pada tanggal 20 Juni 20187, pukul 19.00
WIB.
Nuryadi, A. (2016) Top 10 Toko Online Indonesia Paling Sering Dikunjungi. Diakses dari http://chip.co.id/news/ pada tanggal 20 Juni 2018, pukul 20.00
WIB.
Rusli, H. (2015) Kebijakan Tokopedia.com Berpihak Kepada Pelapak Penipu. Diakses dari https://lapor.net pada tanggal 20 Juni 2018, pukul 20.00 WIB.
https://slemankab.bps.go.id/linkTabelStatis/
view/id/7 diakses pada tanggal 14 Mei
, pukul 19.00 WIB
Ekombis Sains: Jurnal Ekonomi, Keuangan dan Bisnis is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License