DINAMIKA HARGA DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM MEMILIH MAXIM DI BANDAR LAMPUNG

Meilinda Safitri, Lika Shalia

Abstract


Penelitian ini menganalisis pengaruh harga dan kualitas pelayanan terhadap keputusan konsumen dalam memilih Maxim sebagai transportasi online. Objek penelitian adalah mahasiswa/i di Bandar Lampung. Pendekatan kuantitatif digunakan dengan metode analisis uji validitas, reliabilitas, regresi berganda, koefisien determinasi (R), serta uji t dan F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa harga (X1) berpengaruh sebesar 7,7% terhadap keputusan konsumen (Y), sedangkan kualitas pelayanan (X2) memiliki pengaruh lebih besar, yaitu 39,9%. Konsumen mengeluhkan ketidakstabilan harga yang sering berubah secara tiba-tiba, menyebabkan kebingungan dan kekecewaan. Selain itu, masalah dalam kualitas pelayanan, seperti sikap driver yang tidak profesional, juga menjadi faktor utama dalam penurunan kepuasan pelanggan. Temuan ini mengindikasikan bahwa meskipun harga menjadi pertimbangan, kualitas pelayanan lebih dominan dalam mempengaruhi keputusan konsumen. Oleh karena itu, Maxim perlu meningkatkan transparansi harga serta memperbaiki standar pelayanan guna meningkatkan kepercayaan dan loyalitas pelanggan.

Keywords


Harga, Kualitas Pelayanan, Keputusan Konsumen, Transportasi Online, Maxim

Full Text:

PDF

References


Ariyandi, R., Dahmiri, D., & Sari, N. (2020). Pengaruh kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan pelanggan jasa transportasi Gojek di Kota Jambi. Jurnal Dinamika …. https://mail.online-journal.unja.ac.id/jmbp/article/view/16869

Fauzi, W. (2021). … PROMOSI, KUALITAS PELAYANAN DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN DENGAN KEPUASAN KONSUMEN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING …. repository.upiyptk.ac.id. http://repository.upiyptk.ac.id/id/eprint/6973

Jumardin, J. (2023). Pengaruh Kualitas Layanan dan Harga terhadap Kepuasan Pelanggan Jasa Transportasi Ojek Online Maxim di Kota Makassar. repository.unifa.ac.id. https://repository.unifa.ac.id/id/eprint/1227/

Kapriani, K., Asmawiyah, A., Thaha, S., & ... (2021). Analisis Pengaruh Harga dan Kualitas Layanan terhadap Keputusan Konsumen Menggunakan Jasa Transportasi Online Maxim di Makassar. Al-Buhuts. https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/ab/article/view/2251

Kotler, P. (2018). Why broadened marketing has enriched marketing. AMS Review, 8(1–2), 20–22. https://doi.org/10.1007/s13162-018-0112-4

Kotler, P., Keller, K. L., & Ang, S. H. (2018). Marketing management: an Asian perspective. Pearson.

Lawu, S. H., Sitorus, R. M., & Andriani, R. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Keputusan Konsumen Memilih Grab Bike (Studi Kasus Wilayah Jakarta Barat). Jurnal Administrasi Bisnis, 1(2), 126–129. https://doi.org/10.31294/jab.v1i2.931

Mahasani, E. F., & Wahyuningsih, T. H. (2021). Pengaruh kualitas pelayanan dan harga terhadap keputusan penggunaan GoRide dan GrabBike di Yogyakarta. … Bisnis: Jurnal Ilmiah …. http://journal.stimykpn.ac.id/index.php/cb/article/view/234

Oliver, R. L. (1980). A Cognitive Model of the Antecedents and Consequences of Satisfaction Decisions. Journal of Marketing Research, 17(4), 460. https://doi.org/10.2307/3150499

Palanna, G., Lebang, N. I. B., Sambara, K., & ... (2024). Deskripsi Keberhasilan Kualitas Pelayanan Dan Tarif Terhadap Kepuasan Pelanggan Transportasi Maxim Bike Di Makassar. JEMSI (Jurnal …. https://journal.lembagakita.org/jemsi/article/view/1900

Pradnyana, I. B. P., & Suryanata, I. (2021). Pengaruh Harga, Promosi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Brand Image Grab Dengan Kepuasan Konsumen. ojs.unud.ac.id. https://ojs.unud.ac.id/index.php/manajemen/article/download/66828/38175

Ramlawati, R. (2021). Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Konsumen Transportasi Online di Kota Makassar). Jurnal Ekonomi Dan Ekonomi Syariah. http://repository.umi.ac.id/2234/1/845-Article%20Text-2966-1-10-20220615.pdf

Ray, L. A., & Siregar, O. M. (n.d.). Pengaruh Perceived Ease of Use, Brand Image, dan Harga terhadap Keputusan Pembelian. Pdfs.Semanticscholar.Org. https://pdfs.semanticscholar.org/295c/89f7df24d60fb69cb25271c742d95d6eef65.pdf

Salsabilla, N., & Pradana, W. D. (2024). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Jasa Transportasi Online Maxim di Yogyakarta. Journal of …. https://journal-stiayappimakassar.ac.id/index.php/Jimas/article/download/1449/1738

Saragih, D. P., Ulfah, M., & Okianna, O. (n.d.). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, HARGA DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN TRANSPORTASI OJEK ONLINE GRAB. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran …. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/71002

Sriastuti, D. A. N. (2024). DETERMINING FACTORS FOR ONLINE TRANSPORTATION MODE SELECTION TO TOURIST DESTINATIONS IN BALI, INDONESIA. Revista de Gestao Social e Ambiental, 18(8). https://doi.org/10.24857/rgsa.v18n8-008

Steven, S. (2020). … merek, persepsi harga, dan nilai pelanggan terhadap kepuasan pelanggan serta dampaknya pada WOM (Word Of Mouth)(Survey pada pelanggan ojek online maxim …. Jurnal Ekonomi Integra. https://journal.stieip.ac.id/index.php/iga/article/view/135/0

Wibowo, F. P. (2018). Pengaruh Harga, Kualitas Pelayanan, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Perusahaan PT. Gojek Indonesia. Efektif Jurnal Ekonomi Dan Bisnis.

Zeithaml, V. A., Parasuraman, A., & Berry, L. L. (1990). Delivering Quality Service: Balancing Customer Perceptions and Expectations. The Free Press.




DOI: https://doi.org/10.24967/ekombis.v9i2.3930

Article Metrics

Abstract view : 564 times
PDF : 261 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Meilinda Safitri, Lika Shalia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Ekombis Sains: Jurnal Ekonomi, Keuangan dan Bisnis is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License