ETIKA BISNIS ISLAM DAN KUALITAS PRODUK DALAM PENINGKATAN PENJUALAN PRODUK RUMAH TANGGA MELALUI APLIKASI E-COMMERCE

Amir Salim, Eva Susanti, Doly Nofiansyah

Abstract


Upaya melindungi kegiatan UMKM dari perilaku perdagangan yang tidak sehat, diperlukannya etika bisnis islam dan kualitas produk dalam melaksanakan penjualannya. Tujuan penelitian ini digunakan untuk mengetahui pengaruh etika bisnis Islam dan kualitas produk terhadap peningkatan penjualan UMKM dan Online Shop pada penjualan perabotan rumah tangga di daerah Musi Banyuasin tepatnya di kecamatan sungai lilin. Adapun Metode penelitian yang digunakan ialah metode kuantitatif yang digunakan untuk meneliti pada populasi atau sampel tertentu, teknik pengambilan sampel pada umumnya dilakukan secara random, pengumpulan data menggunakan instrumen penelitian, analisis data dengan bantuan software SPSS 26. Hasil penelitian ini Menunjukkan bahwa dari 80 sampel yang terbagi menjadi 2 yaitu 40 sampel pelanggan offline dan 40 sampel pelanggan online memberikan pengaruh pada penerapan Etika Bisnis Islam memberikan pengaruh dengan bukti uji t sig = 0,009 < α (0,05) dan memberikan pengaruh pada kualitas produk dengan bukti uji t sig = 0,007 < α (0,05) terhadap peningkatan penjualan. Maka dapat dinyatakan bahwa Etika Bisnis Islam dan Kualitas Produk berpengaruh secara signifikan terhadap Peningkatan Penjualan UMKM dan Onlineshop perabotan rumah tangga


Keywords


Etika Bisnis Islam, Kualitas Produk, Peningkatan Penjualan.

Full Text:

PDF

References


Aziz. A. (2013). Etika Bisnis Perspektif Islam: Implementasi Etika Islami untuk Dunia Usaha. Alfabeta. KusheriyadI. (2020). Pengertian Sumber Data. Erlangga. Mijil, Wahyu. (2016). Penerapan Etika Bisnis Islam dan Dampaknya Terhadap Kemajuan Bisnis Industri Rumah Tangga. Ournal of Islamic Economics Larib, 2(1). Misissaifi, M. , & S. J. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Menggunakan Fintech Syariah. . IQTISHADUNA: Jurnal Ilmiah Ekonomi Kita, 10(1), 109–124. Nerdin & Ratnawati, A. (2015). Tingkat Customer Loyality Berbasis Islamic Buisness Ethic Dan Brand Image. Jurnal CBAM, 2(1). Rosalin. (2021). Pengertian Penelitian Kuantitatif. Saleh. Y.M. & Miah.S. (2020). Konsep dan Strategi Pemasaran. CV. Sah Media. Yani Suryani, dkk. (2020). Panduan Penyusunan Laporan Keuangan UMKM. CV. Yayasan Kita Menulis.




DOI: https://doi.org/10.24967/ekombis.v9i2.3816

Article Metrics

Abstract view : 761 times
PDF : 226 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Amir Salim, Eva Susani, Doly Nofiansyah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Ekombis Sains: Jurnal Ekonomi, Keuangan dan Bisnis is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License