Strategi pemasaran berbasis kearifan lokal terhadap pengembangan desa wisata Pahawang di Pesawaran Lampung

Anas Khair Prikurnia, Rudi Kurniawan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi strategi pemasaran yang memanfaatkan kearifan lokal dalam pengembangan Desa Wisata Pahawang, Kabupaten Pesawaran, Lampung. Pariwisata merupakan sektor vital untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, namun banyak destinasi wisata termasuk Pahawang, belum dikelola secara optimal untuk memberikan manfaat ekonomi maksimal bagi komunitas lokal. Meskipun Desa Wisata Pahawang memiliki potensi besar, rendahnya perencanaan dan manajemen pariwisata menjadi tantangan utama. Penelitian ini mengadopsi metode explanatory survey dengan menggunakan kuesioner untuk mengumpulkan data dari pengunjung serta pelaku usaha lokal di Pahawang. Data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) untuk menilai efektivitas strategi pemasaran yang mengintegrasikan aspek kearifan lokal seperti budaya, tradisi, dan kerajinan. Dengan menonjolkan elemen-elemen kearifan lokal dalam strategi pemasaran, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan daya tarik dan visibilitas desa wisata, yang pada akhirnya diharapkan dapat meningkatkan jumlah kunjungan dan dampak ekonomi bagi masyarakat setempat. Luaran dari penelitian ini diharapkan memberikan kontribusi signifikan terhadap pengembangan pengetahuan dan praktik di bidang pariwisata serta memberikan panduan praktis bagi pengembangan desa wisata berbasis kearifan lokal di masa depan.


Keywords


Strategi Pemasaran; Kearifan Lokal; Desa Wisata; Pahawang; PesawaranMarketing Strategy; Local Wisdom; Tourism Village

References


Amin, M. A. S., & Priansah, P. (2019). Marketing Communication Strategy To Improve Tourism Potential. Budapest International Research and Critics Institute (BIRCI-Journal) : Humanities and Social Sciences, 2(4), 160–166. https://doi.org/10.33258/birci.v2i4.575

Buhalis, D., & Law, R. (2008). Progress in information technology and tourism management: 20 years on and 10 years after the Internet—The state of eTourism research. Tourism Management, 29(4), 609-623. https://www.sciencedirect.com/science/article/abs/pii/S0261517708000162?via%3Dihub

Wang, Y., & Pizam, A. (2011). Tourism Destination Marketing and Management: Collaborative Strategies. CABI. https://www.cabidigitallibrary.org/doi/book/10.1079/9781845937621.0000

Kaunang, A. N. C. T., & Utama, I. G. B. R. (2022). Daya Tarik Pantai Balangan Jimbaran Bali Menurut Wisatawan. Journal of Innovation Research and Knowledge, 1(12)(June)

Rofik Jalal Rosyanafi dkk, (2023). UNVEILING THE ENIGMA OF LOCAL WISDOM-BASED TOURISM DEVELOPMENT IN SUROWITI VILLAGE, GRESIK REGENCY https://ejournal.nusantaraglobal.or.id/index.php/nusra/article/view/1640

Sutianto, S. A., Sidabutar, Y. F., & Sinaga, M. I. P. (2023). Development of Historical and Religious Tourism in Spatial Planning Towards the Utilization of Local Wisdom Potentials in Penyengat Island. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 8(2),395-411. https://doi.org/10.31851/jmksp.v8i2.8903

Gurung, D. B., & Seeland, K. (2021). Local Wisdom and Sustainable Tourism Development in Bhutan: Opportunities and Challenges. Sustainability, 13(1), 126. https://doi.org/10.3390/su13010126

Daud, R. F., & Novrimansyah, E. A. (2022). Strategi Komunikasi Pembangunan Berkelanjutan Berbasis Kearifan Lokal Pada Daerah Wisata Di Provinsi Lampung. Politik Indonesia Dan Global, 3(2). https://doi.org/10.24853/independen.x.x.xx-xx

Talytha, M. N., Chaerani, D., Perdana, T., Rusyaman, E., & Gusriani, N. (2020). Pemetaan usaha mikro kecil menengah (umkm) pada masa pandemi covid-19 menggunakan analisis media sosial dalam upaya peningkatan pendapatan. Jurnal Aplikasi Ipteks Untuk Masyarakat, 9(4), 275–282.

Mumtaz, A. T., & Karmilah, M. (2022). Digitalisasi Wisata di Desa Wisata. Jurnal Kajian Ruang, 1(1), 1. https://doi.org/10.30659/jkr.v1i1.19790

Wahyuni, L. T. S., Lasmawan, I. W., & Suastika, I. N. (2023). Strategi Digital Marketing Tempat Pariwisata dan Budaya Desa Cempaga Melalui Platform Digital. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Sains Dan Humaniora, 343–349. https://doi.org/10.23887/jppsh.v6i3.53530

Damayanti, A., & Rasyid, A. (2022). Marketing Communication Strategy of Pandayangan Tourism Ulumahuam Village in Labuhan Batu Selatan Regency in Improving Tourism Visit. Daengku: Journal of Humanities and Social Sciences Innovation, 2(4), 420–426. https://doi.org/10.35877/454ri.daengku1052

Darmasutri, R., Susilowati, T., & Martono, Y. (n.d.). Komunikasi Pemasaran Berbasis Kearifan Lokal dalam Rangka Pengembangan Pariwisata di Rote Ndao, NTT. 2016.

Chin W. Partial Least Squares for Is Researchers: an Overview and Presentation of Recent Advances Using the Pls Approach. In: Proceedings of the 21st International Conference on Information Systems, ICIS 2000. 2000. p. 741–2.

ZUHDI Z, SUHARJO B, SUMARNO H. Perbandingan Pendugaan Parameter Koefisien Struktural Model Melalui Sem Dan Pls-Sem. J Math Its Appl. 2016;15(2):11–22.




DOI: https://doi.org/10.24967/ekombis.v9i2.3350

Article Metrics

Abstract view : 1708 times
PDF (Bahasa Indonesia) : 431 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 ANAS KHAIR PRIKURNIA, Rudi Kurniawan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Ekombis Sains: Jurnal Ekonomi, Keuangan dan Bisnis is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License